GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Hati – hati, Penggunaan Tear Off Pada Helm Harian Ternyata Bahaya Gan!

Belakangan ini helm bukan hanya sebagai alat pelindung diri ketika berkendara, tetapi sekarang sudah menjadi tren bahkan menunjang penampilan pengendaranya. Nah, berbagai aksesori helm banyak dijajakan oleh pedagang untuk mendongkrak tampilannya, salah satunya adalah tear off. Tear off pada helm sejatinya digunakan oleh pebalap untuk melindungi visor dari debu dan kerikil. Tujuannya untuk mencegah visor lecet atau kotor yang bisa mengganggu visibilitas pebalap.


Berbeda dengan pebalap, pengendara biasa menggunakan piranti ini pada helm harian. Mereka menggunakan ini karena ingin terlihat lebih gaya. Padahal jika dilihat lebih detil lagi, penggunaan tear off untuk helm harian sangat tidak direkomendasikan. Pada siang hari, dampak penggunaan tear off mungkin gak terlalu berasa, tapi kalau pas malam hari, biasanya akan menyebabkan pandangan ke depan bias.

Bias ini dikarenakan adanya lecet pada permukaan depan visor. Pemasangan atau kualitas tear off yang buruk akan membuat banyak debu dan kotoran mengendap di sela-sela antara visor dan tear off. Satu hal lagi yang salah dari penggunaan tear off, pemilik helm gak pernah mengganti tear off. Mereka hanya membersihkan tear off jika kotor.

Ketika digunakan untuk balap profesional, pemasangan tear roff biasanya terdiri dari 5 lapis. Jadi, ketika tear off paling depan kotor pebalap tinggal melepas dan otomatis pandangan kembali bagus. Visibilitas yang minim ketika berkendara bisa memicu terjadinya kecelakaan. Apalagi jika kualitas dan warna tear off tidak sesuai standar penggunaan.

Oleh karena itu, banyak yang menyarankan untuk hindari penggunaan tear off yang gak sesuai dengan kondisi penggunaannya. Jika helm digunakan untuk harian, lebih baik tetap biarkan helm dalam kondisi standar.


davecchio
fergusonredarmy
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.9K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan