iqbalawalAvatar border
TS
iqbalawal
Situasi-Situasi Nggak Enak yang Bakal Terjadi Kalau “Nggak Enakan”

Umumnya, sifat nggak enakan berawal dari strategi menghindari konflik. Namun, hal itu bisa juga berasal dari didikan sopan santun yang bertransformasi menjadi rasa takut mengecewakan orang lain secara berlebihan.

Sebenarnya, nggak ada yang salah loh dengan sifat nggak enakan ini, Gan-Sist. Dalam budaya Jawa juga dikenal istilah “pekewuh” yang artinya canggung, rikuh, malu, segan, dan takut. Mirip banget dengan nggak enakan. Dan di taraf yang wajar nggak enakan dan pekewuh malah merupakan hal baik untuk menghargai perasaan, menjaga situasi yang kondusif, menghindari gesekan, hingga membuat orang lain senang.

Namun pada taraf yang berlebihan, sifat ini emang bisa berbahaya buat hidupmu. Ini dia beberapa kondisi yang mungkin akan Gan-Sist hadapi kalau nggak enakan.

Dimanfaatin Terus-menerus

Nggak semua orang di dunia ini sesuai harapan Gan-Sist. Ada yang baik, ada juga yang dikasih hati masih minta jantung. Ada yang bak malaikat, tidak sedikit juga yang baik. Nah, kalau orang seperti ini ketemu orang yang nggak enakan, mereka kemungkinan besar bakal memanfaat mereka untuk kepentingannya. Melihat Gan-Sist yang “baik”, “nggak pernah bilang nggak”, atau dalam bahasa Inggris helpful, mereka pasti meneror dengan banyak permintaan, rengekan, bahkan pujian-pujian palsu.

Spoiler for Hati-Hati Kebaikan Palsu!:


Kepentingan Terganggu 

Kita harus mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Oke, itu benar tapi dalam konteks bernegara. Namun dalam konteks hubungan sosial seperti pertemanan, ya, Gan-Sist juga harus mikirin kepentingan pribadi dong. Misalnya, Gan-Sist sudah ada jadwal seminar atau ketemu gebetan besok, eh tiba-tiba ada seorang teman yang minta ditemenin belanja ke mall pada waktu yang sama. 


Karena mungkin Gan-Sist orangnya nggak enakan, kemudia mengiyakan aja. Ilmu dan cinta melayang, pikiran pun gamang. Padahal saat itu Gan-Sist “cuma” perlu bilang nggak bisa karena bla bla bla. Percaya deh temen Gan-Sist itu bakal ngertiin juga kok. Kalau masih nggak ngerti, lempar bata aja hahaha. 

Bikin Dompet Kempis

Ini yang paling bahaya. Kenapa, karena kalau Gan-Sist nggak enakan, Gan-Sist pun pasti nggak akan bisa nolak kalau ada teman dan kenalan yang pinjam duit, iya kan? Mending kalau mereka inget punya utang dan bayar, kalau nggak gimana? Ya, dompet otomatis kempis. Mau nagih nggak enak, nggak nagih, Gan-Sist butuh banget buat berbagai keperluan. Kalau sudah begini, nangis darah juga udah nggak guna.


Tipsnya, Gan-Sist harus lebih tega. Ya, kalau tetap mau menolong, minta kepastian atau jaminan ke mereka kapan mau bayar. Kalau memang nggak mau memberi pinjaman, tinggal bilang aja, kalau Gan-Sist juga sangat membutuhkan uang tersebut. Kecuali, kalau Gan-Sist punya dana lebih dan tidak mengharapkan uang balik, itu lain soal. Horang kaya mah bebas, hehe

Ngilangin nggak enakan memang tidak semudah membalikkan tangan. Namun dengan usaha yang sungguh-sungguh, Gan-Sist pasti bisa kok melakukannya. Daripada susah sendiri, yekan? Berikut tips mengurasi rasa nggak enakan yang dilansir dari beberapa sumber di antaranya IDN TIMES. 

Quote:

Inget, ya, berkata “tidak” atau menolak permintaan orang lain itu bukan berarti Gan-Sist jahat. Katakan aja yang sebenarnya, jangan mengorbankan diri demi orang lain, sementara diri Gan-Sist susah dan menderita. 


Sekian dari ane, semoga bermanfaat. Kalau ada yang punya tips dan pandangan lain, silakan lho ya. Nuhun. 


Sumber bacaan:
https://www.idntimes.com/life/inspir...ng-lain-c1c2 

https://www.hipwee.com/motivasi/berh...ilang-tidak/ 

https://www.idntimes.com/life/inspir...nakan-c1c2/1 

Sumber gambar: 1, 2, 3, 4
Diubah oleh iqbalawal 16-06-2020 08:24
indramamoth
nyonyo2
ach.titan
ach.titan dan 41 lainnya memberi reputasi
42
6.4K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan