zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
[COC Reg. Jambi] Pesona Keragaman 11 Baju Adat Jambi

Sumber: instagram

Jambi, sebuah provinsi yang memiliki ibu kota dengan nama yang sama. Daerah yang terletak di pesisir timur pulau Sumatera ini memang unik.

Nama Jambi konon dari kata ‘Jambe’ yang dalam bahasa Jawa berarti ‘Pinang’. Kemungkinan nama ini diberikan karena banyak pepohonan pinang yang tumbuh disepanjang aliran sungai Batanghari dan sesuai dengan nama ratu yang kala itu memimpin daerah pinggiran sungai Batanghari yaitu Puteri Selaras Pinang Masak. Sehingga kerajaan tersebut disebut Kerajaan Melayu Jambe. Yang kemudian lambat laun masyarakat setempat menyebutnya “Jambi”.


Sebelum penamaan ‘Jambe’ pemberian Orang Kayo Hitam atau Raja Melayu Jambi, dahulu Jambi disebut Kampung Jam, yang lokasinya berdekatan dengan Kampung Teladan, yang sekarang letaknya diperkirakan di sekitar daerah Buluran Kenali. Dan dari kata Jam inilah akhirnya disebut “Jambi”.

Jambi memiliki adat dan budaya yang masih dipegang teguh oleh masyarakatnya. Salah satunya dalam hal pakaian adat. Walaupun Jambi dikenal dengan penduduk dari suku melayu, tetapi ragam pakaian adatnya tetap memiliki ciri khas dari wilayah lain di Sumatera yang didominasi suku melayu.

Apa saja ciri khas pakaian adat dari negeri sepucuk jambi sembilan lurah ini? Yuk, kita kupas di sini.

Lacak


Lacak

Lacak terbuat dari kain Beludru warna merah yang diberi kertas tebal di dalammnya agar menjadikannya keras sehingga bisa dikenakan. Biasanya dikenakan kaum pria pada beragam acara formal. Lacak ini berfungsi sebagai kain ikat kepala yang menjadi kebanggaan kaum pria.

Tekuluk


Tekuluk

Tekuluk atau kuluk adalah tutup kepala wanita masyarakat Melayu Kerinci. Orang Kerinci sebelum agama Islam masuk, sudah mengenakan tradisi penutup kepala. Tutup kepala  ini berfungsi sebagai pelindung kepala dari cuaca panas atau hujan. Tentunya kuluk ini juga menjadi ciri strata sosial si pemakai dalam masyarakat. Sekarang tekuluk lebih dikenal sebagai turban pada jenis hijab muslim.

Ada beberapa jenis kuluk yang dikenal dalam budaya Jambi. Diantaranya: Kuluk Mahkota, Kuluk Kerinci Mudik, Kuluk Sapik Udang, Kuluk Kuncup Melati, Kuluk Kipas Terlilit, Kuluk Kenduri Sko Lempur, Kuluk Pengajian, Kuluk Harian, Kuluk Berumbai Jatuh, dan Kuluk Ketelng Petang.

Baju Kurung Tanggung Bersulam Benang Emas


Sumber: instagram

Baju yang dikenakan oleh para kaum wanita di Jambi diberi nama dengan Baju Kurung Tanggung Bersulam Benang Emas. Baju ini pada umumnya mirip dengan baju adat melayu pada umumnya. Hanya berbeda sedikit. Bahan dari pakaian adat ini adalah kain Beludru, dengan dilengkapi selendang, ikat pinggang, dan tutup dada (Teratai Dada). Sering di jumpai aksesoris yang menutup dada dikenakan oleh wanita di Jambi. Secara kasat mata aksesoris tersebut hampir menyerupai kerah karena dipasang melingkari leher. Pada bagian bawahnya, pada umumnya dipasang selendang dan sarung songket yang berwarna merah berasal dari hasil tenunan benang sutra. Tak kalah penting untuk kaki dipakaikan sandal selop yang cantik dan anggun.


Selalu ada warna kuning emas. Ya, ini menjadi keunikan tersendiri karena di setiap busana tradisional daerah Jambi selalu ada warna kuning emas yang ikut menghiasi bagi pemakainya, khususnya busana yang dikenakan oleh wanita Jambi. Sebagai simbol kejayaan.

Keunikan lain pada pakaian adat Jambi ialah aksesorisnya yang selalu ramai. Adapun tujuan dari keberadaan aksesoris guna memperindah pakaian yang di pakai oleh pria maupun wanita ketika dilihat. Diantaranya; kalung, gelang, dan mahkota.

keragaman baju adat di tiap daerah provinsi Jambi melahirkan keunikan dengan keindahan masing-masing. Yuk, cek di sini!

1. Baju adat Sarolangun


Sumber: instagram

2. Baju adat Tanjung Jabung Timur


Sumber: instagram

3. Baju adat Kota Jambi


Sumber: instagram

4. Baju adat Tebo


Sumber: instagram

5. Baju adat Kota Sungai Penuh


Sumber: instagram

6. Baju adat Batang Hari


Sumber: instagram

7. Baju adat Tanjung Jabung Barat


Sumber: instagram

8. Baju adat Muaro Jambi


Sumber: instagram

9. Baju adat Kerinci


Sumber: instagram

10. Baju adat Bungo


Sumber: instagram

11. Baju adat Merangin


Sumber: instagram


Nah, ituloh ulasan mengenai keragaman baju adat Jambi yang unik nan elegan. Semoga bisa menambah wawasan Agan dan Sista tentang budaya di Provinsi Jambi.

Semoga bermanfaat .🙏

Sumber gambar dan referensi:

Wikipedia
Instagram Bujang Gadis Jambi
di sini
di sini
di sini
Diubah oleh zatilmutie 20-06-2020 13:41
miaaulia99
valenalvyoni254
derinurhandi
derinurhandi dan 21 lainnya memberi reputasi
22
10.6K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan