danymarta.Avatar border
TS
danymarta.
[COC Reg. Jambi] Nasi Gemuk Yang Tak Bikin Gemuk Instan

Sudah kita ketahui, Indonesia kaya akan makanan khas daerah masing – masing. Di setiap daerah pasti mempunyai kuliner atau makanan khasnya. Dan bahkan sudah tak asing lagi ditelinga kita, kalau nama yang berbeda untuk makanan yang sama. Hal ini juga tak lepas dari salah satu kota di Pulau Sumatra ini, kota yang menjadi ibu kota Provinsi Jambi ini juga memiliki salah satu makanan khasnya, yaitu Nasi Gemuk. Namanya unik ya? emoticon-Big Grin

Kalau sekilas kita lihat dari namanya saja, pasti banyak yang bepikir kalau makanan ini bisa bikin gemuk bagi siapapun yang memakannya. Tapi faktanya, nasi ini hanya bikin kenyang tapi tak bisa membuat kita gemuk dalam satu waktu. Makanan ini ternyata hanya penamaannya saja, sama halnya dengan Nasi Gurih atau Nasi Uduk. Entah siapa yang menciptakan nama untuk makanan ini, tapi memang dari waktu ke waktu khususnya di Daerah Jambi dikenal oleh masyarakatnya dengan nama Nasi Gemuk.


Nasi Gemuk adalah makanan untuk menu sarapan, sama halnya dengan Nasi Uduk atau kalau orang jawa biasanya kebanyakan memakan Nasi Pecel untuk menu sarapannya. Kalau dilihat dari pembuatannya, sangat mirip dengan Nasi Uduk tapi hal tersebut berbeda dari cara penyajiannya. Kalau nasi uduk biasanya menggunakan emping mlinjo, maka lain halnya dengan Nasi Gemuk yang ada di Jambi yang di sajikan dengan kerupuk. Nasi Gemuk ini ternyata juga sudah lumayan tua loh, populer di kalangan masyarakat Jambi mulai tahun 1970.


Hal itulah yang menjadikan pembeda antara Nasi Uduk dari jawa dengan Nasi Uduk yang dari jambi atau Nasi Gemuk ini, dan tentu saja dari segi rasa juga sangat berbeda antara keduanya meskipun sebenernya keduanya memakai bumbu dasar yang sama.

Beberapa penjual Nasi Gemuk juga sering menambahkan varian agar makanan ini semakin bervariasi. Ada yang menambahkan kari ayam atau sapi, kacang tanah dan ikan teri goreng pada Nasi Gemuk. Tak ketinggalan juga siraman kuah kari akan menambah kenikmatan bagi mereka yang memakannya.


Oh iya, mencari Nasi Gemuk ini tidaklah sulit di Jambi, karna selain termasuk kuliner favorit, harganya pun ramah di kantong. GanSis bisa menemukan makanan ini di pasar ataupun di kedai kopi sekalipun. Harganya biasanya mulai dari harga Rp 15.000, murah bukan?

÷÷÷÷÷÷÷÷


Referensi : link
Gambar : link
Laruku07
mr.zen204...
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan