iskrimAvatar border
TS
iskrim
Polemik Tertipu 'Angin Palsu' Nitrogen Kendaraanmu? Baca Ini Biar Tambah Tahu, Gan
Hadirnya jasa isi angin kendaraan jenis Nitrogen menjadi alternatif baru bagi pengendara yang ingin agar usia ban dan faktor kenyamanan berkendara lebih baik.

[ HT# 609 ]



Melimpahnya jumlah kendaraan di Indonesia tentu jasa isi angin menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Namun di balik keuntungan menggunakan angin nitrogen kalau kita salah mengisi di tempat yang tidak tepat ujung-ujungnya malah mubazir karena manfaat yang ingin kita tidak kita dapatkan, kok bisa?

Ketidak tahuan masyarakat khususnya pengendara yang ingin mengisi angin bannya yang mungkin karena kempis dengan angin Nitrogen membuat oknum usaha angin nitrogen ini memperoleh keuntungan yang tidak semestinya.

Mengapa demikian, karena hasil dari pengamatan dan beberapa sumber yang saya lakukan ada oknum yang seolah-olah mengisi angin Nitrogen ke konsumennya, padahal yang di isikan hanyalah angin biasa atau kandungan Nitrogennya hanya sekian persen dari tekanan angin ban yang seharusnya di dapat.

Padahal menurut info yang saya dapat mencampur Nitrogen dengan angin biasa bisa membahayakan. Ketika ban berisi Nitrogen lalu di campur angin biasa akibatnya tekanan udara di ban mobil jadi tidak stabil dan suhu di ban justeru akan lebih cepat panas. Itulah mengapa jika di awal pengisian sudah Nitrogen saat menambah 'angin' harus dengan Nitrogen pula.

Nah, mengingat dampak yang merugikan dan membahayakan pengendara ada baiknya kita lebih cermat memilih lokasi pengisian angin Nitrogen ini. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana membedakan usaha pengisian angin Nitrogen yang benar-benar jujur alias tidak bodong menjual angin 'palsu'?


otodiy

Cara mengenalinya ternyata cukup mudah karena usaha pengisian angin ini secara fisik bisa kita lihat secara langsung.

Cukup dengan cara:
1. Wajib turun dari kendaraan
2. Mengecek kelayakan usahanya
3. TIDAK ADA/ tetap memiliki mesin pendorong namun yang terintegrasi, bukan mesin KOMPRESSOR yang abal2

Nah, dari ke tiga point di atas hal yang paling harus di perhatikan adalah poin ke tiga, menurut sumber yang saya dapatkan usaha pengisian angin Nitrogen yang jujur adalah mereka yang hanya menyediakan tabung Nitrogen atau tetap dengan mesin kompressor tapi sistemnya terintegrasi (biasanya kompressor memiliki bentuk khusus dan sewarna dengan alat lainnya).

Tetap waspada karena jasa angin 'palsu' ini justeru banyak berada di area tertentu, ciri lainnya ada penjual jasa ini 'menyembunyikan, kompressor agar tidak terlihat langsung konsumennya, dan saat mengisi pelaku harus menyalakan mesin kompressornya secara manual seperti pengisian angin biasa.


Namun ada satu artikel yang cukup menarik perlu saya sampaikan disini bahwa salah satu pengusaha pengisian angin Nitrogen ini memberikan alasan mengapa mesin kompressor tetap di butuhkan. Menurutnya kompressor tetap di butuhkan untuk memberikan dorongan lebih sebesar 3PK dan kemudian mesin generator akan melakukan proses filterisasi dan disaring dengan sistem CMS (Carbon Molecular Sieve) baru kemudian angin Nitrogen dialirkan ke ban. Lebih detailnya bisa baca disini: tkp


green-nitrogen

Karena penasaran saya coba menuju ke tkp dan kebetulan ban depan kendaraan saya saat itu lagi butuh tambahan angin Nitrogen. Di suatu kesempatan saya tanyakan ke mas yang jaga; "Memang mengisi Nitrogen tetap harus di bantu mesin kompressor, ya mas?", tanya saya. Kemudian di jawab oleh masnya begini; "Iya, mas sebab kalau nggak di bantu kompressor daya dorongnya kurang.." jawabnya singkat.



Fakta Dilapangan Isi Nitrogen Tanpa Mesin Kompressor



Bagi yang mau hemat quota silahkan cek di durasi 09:08


Hm, secara logika dan nalar fungsi kompressor ini memang untuk mendorong angin ke ban. Namun menurut sumber terpercaya jika mengisi angin Nitrogen sebenarnya tidak perlu ada tambahan kompressor lagi karena angin Nitrogen sendiri sudah memiliki tekanan yang tinggi, otomatis sanggup untuk mengisi angin dengan sendirinya.

Jadi mulai sekarang jika kamu ingin mengisi angin jenis Nitrogen sebaiknya perhatikan dulu apakah jasa tersebut memenuhi ke tiga syarat diatas, salah satunya HANYA melengkapi kompressor 'abal-abal'yang biasa kita temui di pinggir jalan, bukan kompressor yang terintregasi sistemnya.

Jika informasi in bermanfaat silahkan di bagikan ke keluarga dan kenalanmu agar informasi berguna ini tidak berhenti sampai disini.



Sebuah opini
Sumur. medcom, kompas, sidikvanparminchannel
Img.header.
sunsationall



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


Diubah oleh iskrim 18-06-2020 07:32
ach.titan
dandlion32
kyukyunana
kyukyunana dan 44 lainnya memberi reputasi
45
13.3K
184
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan