sandal.unyuAvatar border
TS
sandal.unyu
Maaf Jamaah, Arab Mau Batalkan Ibadah Haji Tahun Ini


Jakarta, CNBC Indonesia - Arab Saudi sedang mempertimbangkan untuk pembatalan ibadah Haji bagi umat muslim di seluruh dunia karena pandemi virus corona.
Mengutip CNBC, Minggu (14/6/2020) ibadah haji merupakan ibadah tahunan bagi umat muslim yang mampu, setidaknya sekali seumur hidup. Ibadah haji menjadi salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia, yang menarik setidaknya 2 juta orang setiap tahunnya ke Arab Saudi.

Merujuk pada penundaan acara besar lainnya seperti Olimpiade Tokyo 2020, Pejabat Arab Saudi menghadapi tekanan untuk membatalkan haji tahun ini. Hal ini dilakukan guna mengurangi penyebaran virus corona.

Para pejabat setempat mempertimbangkan skenario yang berbeda. "Keputusan akan dibuat dalam waktu satu minggu," kata Pejabat Senior dari Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi.

Ibadah Haji tahun ini seharusnya berlangsung mulai 29 Juli sampai 4 Agustus 2020. Namun hingga saat ini Arab Saudi belum mencabut larangan perjalanan internasional dinegara tersebut. Negara-negara lain telah menolak mengirimkan jemaah haji tahun ini.

Sebagaimana diketahui, Arab Saudi mengalami lonjakan kasus virus corona dan kematian akibat pandemi tersebut setelah melonggarkan sejumlah langkah-langkah. Dilaporkan lebih dari 119 ribu kasus kematian akibat Covid-19 dan 893 terkonfirmasi positif.

Adapun pembatalan ibadah haji bisa menyebabkan tekanan ekonomi. Apalagi, Arab Saudi belum pulih dari penurunan permintaan minyak yang juga disebabkan oleh pandemi global ini. Dengan melaksanakan ibadah haji, Arab Saudi setidaknya bisa mengantongi US$ 12 miliar atau setara dengan Rp 168 triliun(kurs Rp 14 ribu per US$).

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta pihak Arab Saudi untuk menunda kegiatan ibadah haji akibat pandemi Covid-19. Dilaporkan bahwa WHO dan Kerajaan Saudi sedang melakukan perundingan terkait usul ini.

Hal ini ditulis media Merhrnews sebagaimana dikutip CNBC Indonesia, Sabtu (13/6/2020). Dalam artikel tersebut, Kepala Perwakilan WHO untuk Timur Tengah, dr. Dalia Samhouri menuturkan bahwa WHO akan mencoba membujuk Saudi untuk penundaan ritual ibadah haji tahun ini.

WHO juga mengatakan, jika Saudi tetap membolehkan ibadah haji, maka negara harus benar-benar turun tangan mengawasi hal ini.



Link

Udah yeee. Jangan pada ribut lagi. . .

Diubah oleh sandal.unyu 14-06-2020 07:44
orgbekasi67
indramamoth
m4ntanqv
m4ntanqv dan 33 lainnya memberi reputasi
28
7.2K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan