masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
7 Mitos Mistis yang Berkembang di Masyarakat dari Masa ke Masa! Apakah Anda Percaya?

Mitos atau fakta?
Beberapa kepercayaan masyarakat yang berkaitan dengan mitos dan mistis ini banyak dipercaya!


Mitos adalah sesuatu cerita yang lahir dari masa lalu dan diceritakan secara turun temurun, serta dipercayai oleh masyarakat sebagai suatu kebenaran meskipun tidak ada bukti dan fakta yang menjelaskan akan kebenaran kepercayaan tersebut.

Banyak sekali beredar mitos-mitos di dunia ini, termasuk di Negara kita yaitu Indonesia. Masyarakat Indonesia adalah salah satu dari ribuan masyarakat di dunia, yang sangat mengagung-agungkan dan mempercayai mitos.
Bahkan ada beberapa mitos di Indonesia sengaja dibuat untuk menciptakan sesuatu efek dan perasaan takut bagi pelanggar mitos yang telah lama dipercayai di masyarakat.

Berbicara mengenai mitos, tentu Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan hal ini, dan pastinya pernah mendengar atau mengalaminya sendiri, entah itu di lingkungan masyarakat atau di dalam keluarga GanSis, karena mitos tidak hanya berkembang di ruang lingkup luas namun di ruang lingkup sempit keluarga juga sering kali menjadi tempat berkembangnya mitos.

Di bawah ini beberapa mitos yang berkembang di masyarakat dan mempunyai bau-bau mistis serta dipercayai secara turun temurun!



1. Dilarang Foto Bertiga


Mitos larangan foto 3 orang dalam satu frame, tentu Agan dan Sista sudah sangat sering mendengar tentang mitos yang satu ini.
Konon katanya menurut kepercayaan orang-orang dulu, jika berfoto tiga orang dalam satu frame maka salah satu dari orang yang ada di dalam foto tidak akan pernah bertemu kembali dengan kedua temannya. Entah akan dipisahkan oleh keadaan atau kematian yang pasti kepercayaan ini sudah dipercaya lama dan sering terjadi!



2. Buang Air Panas ke Toilet atau Tanah



Larangan buang air panas ke tanah atau toilet ini bukan merupakan mitos, namun kebenarannya tidak dapat dilihat secara langsung.
Konon menurut beberapa pendapat ulama dan syaikhul islam memang membuang air panas di toilet tidak boleh dilakukan, karena dapat melukai jin dan membuat mereka dendam kepada manusi yang melakukan hal tersebut.

Jin ini akan masuk dan merasuki manusia yang telah sembarangan membuang air panas ke toilet, dan mereka akan menghasut atau merusak organ tubuh manusia dengan menyumbat pembuluh darah dengan buhul-buhulnya.
Sedangkan membuang air panas ke tanah itu akan membuat tanaman atau benih yang tertanam mati!



3. Larangan Bawa Bantal ke Luar Rumah


Bawa bantal ke luar rumah, mungkin hal ini bisa dikatakan sangat sepele untuk menjadi mitos dan dilarang dilakukan.
Namun, aktifitas membawa membawa bantal ini telah menjadi mitos yang beredar secara turun temurun dan dipercayai masyarakat. Menurut orang zama dulu jika anak-anak membawa bantal ke luar rumah, maka akan diculik oleh wewe gombel.
Nampaknya mitos ini memang sengaja dibuat untuk menakut-nakuti anak-anak agar tidak keluar rumah sendirian.



4. Dilarang Makan di Depan Pintu


Mitos larangan makan di depan pintu, itu juga menjadi kepercayaan turun temurun yang dipercayai di masyarakat Indonesia.
Para orang tua zaman dulu melarang anak-anak bujang dan gadisnya untuk makan dengan duduk di depan pintu. Menurut kepercayaan mereka hal itu akan menghalangi datangnya jodoh!
Apakah GanSis pernah mendengar nasihat ini?
Jika iya berarti Agan dan Sista dibohongi, karena sebenarnya tidak boleh makan di depan pintu bukan menghalangi jodoh, melainkan menghalangi orang mau lewat.



5. Dilarang Memberi Hadiah Baju ke Pacar


Memberi hadiah kepada pacar atau pasangan ternyata juga mempunyai mitosnya tersendiri. Mitos ini berkaitan erat dengan kepercayaan langgeng dan tidaknya suatu hubungan!
Bagi mereka yang berpacaran atau menjalin hubungan dilarang memberikan hadiah berupa baju atau kaos, karena akan mengakibatkan cinta yang mereka jalin luntur seperti lunturnya warna kain pada baju baru. Wahhh kok ngeri ya



6. Dilarang Duduk di Atas Bantal


Bisul biasanya terjadi karena alergi atau karena kulit sensitif. Namun nampaknya berbeda dengan bisul mitos, sebab ada sebuah kepercayaan atau mitos ya g beredari di Indonesia dan Malaysia bahwa duduk di atas bantal bisa menyebabkan bisulan. Karena inilah duduk di atas bantal dilarang dan menjadi mitos yang terus dipercayai!



7. Dilarang Menyisir Rambut Malam Hari


Menyisir rambut malam hari di depan cermin itu sama halnya mencari masalah dengan makhluk halus.
Berdasarkan mitos, konon katanya jika menyisir rambut di malam hari dan duduk di depan cermin akan mengundang makhluk halus untuk hadir tersenyum menampakan wujudnya di belakang orang yang sedang menyisir rambut.


Wah, banyak juga ya GanSis mitos yang beredar dan dipercayai masyarakat.
Sebenarnya masih lebih banyak lagi mitos-mitos unik, aneh dan seram yang lain dan pastinya membuat kita bertanya-tanya apakah itu benar atau tidak.

Apakah Agan dan Sista di sini ada yang mempercayai mitos?
Coba mitos mana yang GanSis percayai dan masih takut untuk melanggarnya?
Silakan ceritakan dengan berkomentar di bawah ya!

Oke, terima kasih sudah singgah dan sampai jumpa di thread ane yang lain.




Penulis: @masnukho
Sumber gambar: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9


emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
madjoeki
orgbekasi67
nona212
nona212 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.1K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan