XinHua.NewsAvatar border
TS
XinHua.News
Masyarakat Tionghoa di Kota Cirebon Berharap Ada Museum Khusus Tionghoa
Masyarakat keturunan Tionghoa yang ada di Kota Cirebon berharap akan adanya museum Tionghoa di Kota Cirebon. Karena hal tersebut bisa memberikan edukasi bagi generasi penerus. Namun sayangnya, hal tersebut masih hanya angan-angan.
BACA JUGA


Budayawan Tionghoa asal Cirebon, Jeremy Huang mengungkapkan, keberadaan museum ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengenang kembali awal mula perjalanan warga Tionghoa yang datang dari Tiongkok, hingga bisa mendarat di tanah Cirebon. Seperti kedatangan Laksmana Cheng Ho dan Putri Ong Tien ratusan tahun lalu.
"Museum ini nantinya bisa dijadikan sebagai edukasi bagi anak cucu kita," jelasnya kepada TIMES Indonesia, Senin (1/6/2020).
Jeremy menjelaskan, dirinya pun menyayangkan jika Cirebon yang dikenal kaya akan budaya seperti Tionghoa, namun sampai saat ini masih belum memiliki museum etnis Tionghoa. Saat ini, museum Tionghoa hanya ada di Bandung dan Tangerang.
"Museum Tionghoa saat ini hanya ada di Tangerang dan Kota Bandung. Sedangkan Cirebon yang terlebih dulu lahir malah belum ada," tuturnya.
Jeremy menceritakan, museum sejarah Tionghoa Indonesia di Bandung mengisahkan perjalanan masyarakat etnis Tionghoa di Nusantara, beserta tokoh-tokoh yang berjasa. Contohnya seperti profil tentang atlet nasional kelahiran Cirebon, Cuncun, yang merupakan atlet bulutangkis juara ganda All England.
Selain itu, lanjutnya, di Kota Bandung juga berdiri Museum Sejarah Tionghoa Indonesia milik Yayasan Dana Sosial Priangan, yang ketua umumnya Tjutju Widjaja. Di museum itu juga berisi kisah kedatangan etnis Tionghoa di nusantara dan warga Tionghoa lain yang berjasa bagi bangsa dan negara ini.
Karena itu, Jeremy pun berharap di Kota Cirebon juga bisa direalisasikan adanya museum Tionghoa, karena Kota Cirebon sangat kaya akan budaya, terutama budaya Tionghoa.
"Kita usulkan agar museum Tionghoa di Cirebon itu ada kearifan lokalnya. Selain berisi tradisi budaya etnis Tionghoa, juga beragam budaya Cirebon lainnya," ungkapnya. (*)
[hr]
[url]https://www.timesindonesia.co.id/read/news/274901/masyarakat-tionghoa-di-kota-cirebon-berharap-ada-museum-khusus-tionghoa [/url]

berharap gan
gigbuupz
gigbuupz memberi reputasi
1
707
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan