akunflo
TS
akunflo
7 Destinasi Keindahan Air Terjun Di Papua Yang Memesona


Pulau Papua memang terkenal dengan keindahan alamnya. Pulau ini memiliki dua provinsi, yaitu Papua Barat dan Papua. Papua Barat memiliki potensi pariwisata alam yang luar biasa. Para wisatawan yang suka berpetualang di alam dapat berkunjung ke beberapa objek wisata alam di provinsi ini, seperti hutan, danau, pemandian air panas, gua maupun air terjun.

Nah, dalam kesempatan kali ini ane akan memperkenalkan Agan/Sista berbagai macam Air Terjun yang memesona yang ada di pulau Papua ini.


Cekidot emoticon-Salam Kenal


1. Air Terjun Batanta



Air Terjun Batanta ini berada di Pulau Batanta, Kabupaten Raja Ampat. Perjalanan menuju air terjun ini yang ternyata tidak mudah, membuat air terjun ini pun sering disebut demgan harta karun tersembunyi di Raja Ampat. Agan/Sista harus melakukan trekking dari Kota Sorong, kemudian kita akan melakukan perjalanan menyebrangi lautan dengan menggunakan speed boat untuk sampai ke Pulau Batanta.

Dari Dermaga Pulau Batanta, Agan/Sista dapat menggunakan speed boat untuk menuju Desa Arefi yang berada di sisi lain Pulau Batanta. Sesampainya di sana, Agan/Sista masih harus melewati perjalanan dengan berjalan kaki, menyusuri aliran sungai yang mengalir dari aliran sungai hutan bakau yang berlokasi di pedalaman Pulau Batanta. Dalam perjalanan ini, Agan/Siata harus berhati-hati karena medan yang dilalui sangat licin karena memasuki hutan bakau yang berlumpur.

Sebelum mencapai lokasi Air Terjun Batanta, Agan/Sista akan melewati perbukitan yang cukup curam dan sebuah sungai yang airnya cukup jernih. Setelah sekitar 30 menit berjalan menyusuri sungai, Agan/Sista akan sampai juga di Air Terjun Batanta yang penuh pesona. Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter. Bunyi gemercik air dan hijaunya pepohonan di sekeliling air terjun tersebut akan membuat pengunjung merasa betah untuk menghabiskan waktu di sana

Hal yang membuat Air Terjun Batanta ini terlihat istimewa adalah ada sebuah gua kecil yang berada di balik air terjun. Gua tersebut dapat menampung sekitar 5-6 orang. Di dalam gua tersebut, para pengunjung dapat duduk-duduk sambil menikmati pemandangan di balik tirai Air Terjun Batanta. Jika beruntung, Agan/Sista juga dapat melihat pelangi yang sangat indah. Sebab lokasi ini sangat jarang terjadinya hujan, membuat tempat ini sering terjadinya pelangi akibat pembiasan dari panas matahari yang cukup terik. Inilah yang menjadi salah satu kepuasan Agan/Sista yang didapat dari tempat ini.



2. Air Terjun Tagor



Air Terjun Tagor terletak di Kampung Mambuni-buni, Distrik Kokas, kabupaten Fak-Fak. Tidak banyak orang yang mengetahui air terjun ini. Pada kawasan ini, kita akan disuguhkan keindahan air terjun dan pemandangan alam yang memberikan kesejukan alami.

Untuk dapat mencapai lokasi Air Terjun Tagor, harus melewati berbagai rintangan. Dari Fak-Fak kita harus pergi ke Kampung Mambuni-buni menggunakan taksi atau mikrolet yang memakan waktu 4 jam perjalanan.

Setibanya di Kampung Mambuni-buni, para pengunjung dapat menuju lokasi Air Terjun Tagor melalui jalan sungai yang ada di kampung tersebut dengan berjalan kaki. Perjalanan yang menghabiskan sekitar 6 jam ini cukup membuat kita terasa letih, namun rasa itu pun akan terbayarkan dengan keindahan air terjun dan keelokan panorama alam objek wisata tersebut.



3. Air Terjun Kiti-Kiti



Air Terjun Kiti-Kiti adalah salah satu destinasi tempat wisata yang ada di kawasan Fak-Fak Provinsi Papua Barat, Indonesia. Air Terjun ini memiliki nama yang sedikit unik dan memberikan sensasi wisata yang luar biasa. Jika biasanya air terjun akan mengalir ke sebuah kawah yang ada di bawahnya, berbeda dengan Air Terjun Kiti-Kiti yang mengalir langsung ke laut lepas. Di sini Agan/Sista dapat menikmati dua obyek wisata sekaligus, yaitu Obyek Wisata Pantai dan Air Terjun.

Di sekeliling lokasi wisata terhampar panorama pegunungan, hutan hujan tropis dan pantai dengan air yang jernih nan biru. Jika air pasang sedang surut maka akan terbentuk sebuah pantai di bawah air terjun tersebut. Dan sebaliknya, jika air sedang pasang maka air terjun itu terus mengalir tanpa ada batasan.

Selain memiliki panorama yang indah, Air Terjun Kiti-Kiti juga dikenal dengan surganya para pemancing ikan, karena di bawah laut terdapat berbagai terumbu karang yang indah dan beraneka macam ikan yang sangat elegan. Selain itu Agan/Sista juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berkemah, diving serta snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut.

Untuk mencapai Air Terjun Kiti-kiti, dari pelabuhan Fak-Fak kita memanfaatkan speed atau long boat kurang lebih 3 jam perjalanan.



4. Air Terjun Wafsarak




Air Terjun Wafsarak adalah sebuah air terjun yang memiliki diameter setinggi 10 meter. Air terjun ini dikenal oleh penduduk sekitar dengan nama Air Terjun Warsa. Keistmewaan dari tempat wisata ini adalah penduduk sekitar yang amat peduli dengan kebersihan lingkungan, sehingga tak heran jika air terjun ini memiliki air berwarna biru kehijauan yang bersih dan jernih. Dipadu dengan keindahan hijaunya pepohonan dan tebing-tebing berwarna coklat disekitar air terjun yang tenang, tempat ini dapat membuat wisatawan merasa nyaman.

Perjalanan yang harus ditempuh menuju Air Terjun Wafsarak adalah sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Biak.



5. Air Terjun Kayuni



Air Terjun Kayuni berada di Desa Kayuni, Kecamatan Kokas, Kabupaten Fak-Fak. Air terjun yang memesona ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter. Air Terjun ini mengalirkan air yang jernih dan dingin ke Sungai Kayuni. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan berjalan-jalan di sisi Sungai Kayuni.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun, Agan/Sista dapat menempuhnya dengan mengendarai kendaraan selama empat jam dari kota Fak-Fak. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menuju Desa Kayuni dengan perahu motor selama satu jam.



6. Air Terjun Maredred



Air Terjun Maredred yang memiliki ketinggian 60 meter ini terletak di Desa Pasir Putih, Distrik Fak-Fak Tengah, Kabupaten Fak-Fak.

Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki panorama yang sangat indah. Selain kaya akan tumbuhan dan hewan khas, objek wisata ini juga cocok untuk tempat melakukan kegiatan berenang atau bermain-main air.

Lokasi Air Terjun Maredred dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan motor perahu dari Kota Fak-Fak.



7. Air Terjun Cyclops



Air Terjun Cyclops yang terletak di kota Sentani, Kabupaten Jayapura. Kondisi alam kota Sentani yang berbukit-bukit dengan jajaran Pegunungan Cyclops memang menjadikan pemandangan yang indah di kota ini. Dengan keadaan alam yang bergunung dan berbukit, memang memungkinkan adanya aliran air terjun yang mengalir dari atas gunung maupun bukit-bukit ini. Salah satu di antaranya yaitu air terjun Cyclops yang diberi nama sesuai dengan nama gunung yang menjadi sumber mata air terjun tersebut.

Untuk mencapai lokasi dari Air Terjun Cyclops, jarak tempuh tidak begitu jauh dari pusat kota Jayapura. Agan/Sista hanya perlu menempuh jarak sekitar 25 kilometer dan menuju ke arah Bandara Sentani.



Itulah beberapa objek wisata air terjun di Pulau Papua yang dapat ane rangkum. Ane harap thread ini dapat bermanfaat, bisa menjadi referensi bagi Agan/Sista yang hendak melakukan traveling ke salah satu pulau di Indonesia bagian Timur ini.

Sekian dari ane.



Penulis : @akunflo
Referensi : Buku Pesona Wisata Papua Barat karya Nunung Yuli Etidan di sini
Sumber gambar : Google.
nona212aygilagilityujellyjello
ujellyjello dan 45 lainnya memberi reputasi
46
4.8K
121
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan