si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Kisah Sukses Lorena Dan Karina,Bus Malam Legendaris Era 70-an Yang Masih Eksis
Hallo agan sista semua,apa kabarnya hari ini ?.Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya,kesempatan kali ini ane akan membahas sejarah bus legendaris di Indoneisa.Kali ini kita akan membahas Lorena dan Karina,bus ini sudah eksis sejak era 1970-an.Berbarengan dengan bus legend lain seperti Continental,KD,Sinar Jaya,Apollo,Pahala Kencana dll.


Selain Sinar Jaya dan KD,Lorena Karina termasuk salah satu bus legendaris yang sukses bertahan sampai sekarang.Melayani berbagai trayek dipulau Sumatera,Jawa,Madura,dan Bali.Menjadikannya salah satu PO bus terbesar di Indonesia saat ini,mari kita simak sejarah singkat bus yang identik dengan warna hijau ini.




Sumber



SEJARAH


Pada tahun 1970 bus Lorena awalnya didirikan oleh Bapak G.T. Soerbakti,dan mulai menjalankan bisnis jasa transportasi jarak menengah dengan 2 unit bus Mercedes Benz.Awal mula berdiri Lorena hanya mengandalkan 2 unit bus Mercedes Benz yang melayani rute jarak menengah, yaitu Bogor - Jakarta PP.Kemudian pada tahun 1984,trayek jarak jauh (AKAP) mulai dibuka yaitu Jakarta - Surabaya PP.Dilanjutkan dengan kota lain di Pulau Jawa,Madura,Bali dan Sumatera.


FYI gan sist Bapak Soerbakti dulu adalah perwira TNI AD,saat merintis usaha bersama istrinya,Ibu Karyani K. Sembiring.Beliau masih menjabat Kapten Zeni dikesatuan TNI AD,Lorena sendiri berada dibawah naungan PT Eka Sari Lorena.




Sumber


FYI lagi nih gan sist,nama Lorena sendiri diambil dari nama anak pertama beliau, yang bernama Eka Sari Lorena Soerbakti.Lorena memiliki arti arah atau jalan yang baik.Nama itu ternyata benar-benar membawa keberuntungan,dimana bus yang diberi nama Lorena berhasil diterima dan mendapatkan kepercayaan masyarakat.


Bisnis keluarga ini terus berkembang,hingga pada tahun 1989 Lorena mengembangkan usahanya dengan mendirikan PT. Ryanta Mitra Karina Atau yang biasa disebut "KARINA", juga bergerak di bidang jasa angkutan umum bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) yang melayani trayek Jakarta, Surabaya, Malang, Madura dan Denpasar.Pada perkembangannya,Karina menjadi teman setia Lorena menjelajah Sumatera-Jawa-Bali emoticon-Big Grin




Sumber


S3: SABAR,SOPAN dan SENYUM.Adalah motto yang terkenal dari perusahaan ini gan sist,dimana mereka mengutamakan kepuasan dan pelayanan,serta kenyamanan para pelanggan setianya.Untuk PO bus yang berdiri di tahun 1970,Lorena Karina termasuk sukses gan sist.Karena mereka telah melayani lebih dari 60 trayek ke berbagai kota di Indonesia,padahal banyak PO legend lain diera 70-an yang hanya tinggal namanya saja.


Sekarang Lorena sudah berada digenerasi kedua,dijalankan oleh kedua anak Bapak Soerbakti.Yaitu Ibu Eka Sari Lorena Soerbakti dan Bapak Dwi Ryanta Soerbakti gan sist.Sekarang PO bus ini sudah memiliki lebih dari 500 unit bus yang melayani trayek di empat pulau di Indonesia.Meliputi pulau Jawa,Sumatera,Madura dan Bali.



Ibu Eka Sari Lorena Soerbakti,generasi kedua.

Sumber





Adik Ibu Eka,Bapak Dwi Ryanta Soerbakti

Sumber





Inovasi Yang Dilakukan


Sukses dibidang bus AKAP,Lorena coba berkembang dengan ikut menjadi operator transportasi bus kota,yaitu Trans Jakarta.Pada tahun 2007 Lorena memenangkan tender busway dari Pemprov DKI,mengalahkan 30 pesaing lainnya gan sist.Mereka mengisi koridor V dan VII.Untuk koridor V,menggunakan 13 unit bus gandeng bermerk Komodo.Sedangkan untuk koridor VII,Lorena menggunakan 34 unit single bus Hino.


Tanggal 1 Juni 2008,Lorena Group meluncurkan program baru berupa GREEN CARD LORENA-KARINA.Adakah disini yang punya kartu ini ? (emoticon-Big Grin).Green Card ini adalah program yang memberikan kemudahan kepada anggota Green Card itu sendiri,saat melakukan perjalanan dengan bus LORENA-KARINA.


Quote:



Selain itu atas berbagai terobosannya dibidang transportasi bus AKAP.Lorena Karina juga sukses mendapat berbagai penghargaan dibidang jasa transportasi gan sist,salah satunya adalah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 yang diraih tahun 2003,dimana Lorena merupakan perusahaan transportasi darat pertama yang memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000 ini.FYI gan sist Sistem ISO 9001:2000 adalah standart untuk menerapkan mutu dan pelayanan terbaik dalam sebuah perusahaan,sehingga bisa memberi pelayanan terbaik pada konsumennya.



Armada Dan Karoseri Yang Digunakan


Sudah bahas sejarah dan prestasinya,kita bahas armada busnya gan sist.Rata-rata armada Lorena Karina adalah Mercedes Benz,sejak awal berdiri sampai sekarang. Mereka setia menggunakan produk asa Jerman ini,mulai dari Mercy LP911,OF 1113,OH1525,OH1626,sampai OC500RF 2542 (bus tingkat).


Walaupun bermarkas di Kota Hujan dan Ibu Kota,nyatanya mereka mempercayakan armada busnya kepada Mercy.Tidak seperti po bus dipulau Jawa yang lain,dimana mulai banyak menggunakan bus Hino.Lorena Karina masih setia dengan Mercedes Benznya,Mercy sendiri sudah terbukti awet dan bandel mesinnya.Mungkin ini yang menjadi pertimbangan mereka setia dengan Mercedes Benz.Selain itu corak livery putih dengan strip hijau tetap dipertahankan,dan menjadi ciri khas Lorena dari dulu gan sist.


Untuk masalah body bus,Lorena Karina mempercayakannya pada beberapa karoseri di Indonesia.Diantaranya adalah karoseri Adiputro dan New Armada,paling banyak armada bus mereka menggunakan body dari dua karoseri ini.Tapi sepengetahuan ane,paling banyak dari Adiputro ya body busnya emoticon-Big Grin




Mercy OH1626,Jetbus non HD Adiputro

Sumber




Body Evonex by New Armada emoticon-Big Grin

Sumber



Quote:




Pemilik Unit Double Decker Terbanyak


Saat ini Lorena Karina memiliki sekitar 20 unit bus tingkat gan sist,kabarnya mereka mau menambah unit lagi untuk bus tingkatnya.Bus tingkat mereka menggunakan Mercedes Benz OC500RF 2542,dengan balutan body Jetbus 2+ dari Adiputro.


Untuk tarifnya sendiri berkisar Rp 450 ribu untuk bus tingkatnya,melayani rute Jakarta-Surabaya-Malang,Jakarta-Jember,serta rute Jakarta-Madura.Bisa jadi referensi buat gan sist nanti ya,buat pergi ke Jakarta atau Surabaya.Fasilitas yang ditawarkan sendiri juga cukup mewah dimana setiap kursi penumpang menggunakan bahan dari kulit dan diesediakan layar televisi mini disetiap bangkunya.Berisi berbagai musik dan film,agar kita tidak bosan selama perjalanan.





Jkt-Malang,Lorena




Jkt-Madura,Karina.

Sumber



Bus tingkat ini juga dilengkapi sandaran kaki (leg rest), AC, toilet,water dispenser dan ruangan merokok selama di perjalanan.Menjadikan perjalanan menuju Ibu Kota semakin nyaman dan aman gan sist.Sukses Lorena Karina tak lepas dari usahanya yang terus mempertahankan pelayanan dan kenyamanan pada penumpang,hingga bertahan sampai sekarang.


Sementara kompetitor lain diera 1970-an sudah banyak yang tinggal nama saja,berinovasi dan terus memberi armada dan pelayanan yang prima adalah kunci sukses sebuah PO bus untuk terus bertahan menghadapi persaingan.







Interior Double Decknya gan sist emoticon-Big Grin

Sumber



Gimana gan sist ?,tertarik untuk mencoba perjalanan dengan Lorena Karina nanti setelah new normal diberlakuakan ?.Jangan lupa tulis komentar kalian dikolom komentar ya,best komen akan ane taruh pejwan,dan setiap komentar akan ane kasih cendol dawet dan juga bata bagi yang membutuhkan.Budayakan komen,jangan jadi Silent Reader !.Enjoy Kaskus! emoticon-Angkat Beer



Sumber: opini dan pengalaman pribadi
Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image dan blog abismania community
Diubah oleh si.matamalaikat 29-05-2020 07:39
ariebetadinejembloengjavanona212
nona212 dan 63 lainnya memberi reputasi
64
12.4K
304
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan