Odleva
TS
Odleva
Motor Matic Rasa MotoGP, Lihat Aja Ada Ada Fitur Canggih Ini
Ada yang tahu teknologi winglet? Bagi yang suka nonton MotoGP pasti tahu apa itu wingle ini. Jika kamu melihat sisi kanan dan kiri fairing terdapat semacam spoiler kecil, itulah yang dinamakan winglet. 

Benda ini bukan hanya sekedar pajangan saja, tentu memiliki fungsi yang sangat krusial. Yang jelas keberadaan winglet dapat memperbaiki akselerasi suatu kendaraan dan memberikan traksi yang baik di kecepatan tertentu.


Sifat winglet ini seperti memberikan downforce atau tekanan kebawah tambahan bagi motor tersebut, Karena bentuknya yang aerodinamsi sehingga membuat turbulensi angin yang terbelah dikonversikan jadi tenaga yang berfungsi untuk menambahkan tekanan bagi motor tersebut.

Alhasil jika motor mendapat tekanan maka traksi roda terhadap aspal juga sangat besar, para pembalap akan diuntungkan ketika mereka melakukan akselerasi dikecepatan tinggi dan juga saat melibas tikungan.


Nah, teknologi tersebut juga ditanamkan di motor matic buatan Piaggio ini. Skutik roda tiga yang dinamai Piaggio MP3 ini terlihat menggunakan paten desain berteknologi winglet. Teknologi ini biasanya ditanamkan untuk mencegah yang namanya wheelie, tapi padahal jika kita bayangkan motor yang memiliki konfigurasi roda tiga seperti Piaggio MP3 ini memiliki distribusi yang berat dibagian didapan.

Teknologi winglet ini memiliki sistem independen, yang artinya konfigurasi kanan dan kirinya berbeda. Salah satu sisi winglet memiliki posisi liftforce sedangkan posisi yang sebaliknya memiliki berbentuk downforce.

Lalu kenapa Piaggio membekali teknologi ini di motornya? Jadi menurut penuturan pihaknya mereka sengaja membekali fitur tersebut untuk memudahkan pengendara dalam menikung. Winglet di sisi dalam tikungan akan dibuat menghasilkan Downforce sementara winglet di sisi luar akan dibuat menghasilkan LiftForce.


Sitem kerja winglet tersebut akan dibantu sensor IMU yang pintar, sehingga dapat memberikan distribusi yang baik saat pengendara Piaggio MP3 ini menikung.

Tapi apakah berguna? Mengingat motor yang dipasangi teknologi winglet ini kecepatannya tidak seberapa kenceng. Bahkan untuk menikung pun, pendistribusian berat Piaggio MP3 ini sudah lumayan berat untuk downforce.

Gimana menurut kalian, canggih bukan?

Referensi : iwanbanaran.com(17/5/2020).

wenzzForaLLnona212tien212700
tien212700 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
6.8K
61
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan