iskrim
TS
iskrim
Bisnis Tukar Uang Meredup Menjelang Lebaran, Mau Sampai Kapan?
Setiap tahun, menjelang hari H Idul Fitri tiba biasanya masyarakat beramai-ramai menukarkan uang ratusan dan puluhannya menjadi lebih kecil di bank-bank dan jasa penukar uang di pinggir jalan. Namun di tahun ini 'sorry to say' sepertinya harus libur dulu, bener nggak ya?

[ HT# 593 ]



Penukaran uang menjadi lebih kecil dilakukan oleh masyarakat memang seperti kita ketahui secara tidak langsung sudah menjadi budaya, terlebih di tahun terakhir kemarin, antrian orang menukar uang sampai terlihat mengular di beberapa tempat. Saya sendiripun sebenarnya sampai malas antri karena kondisi saat itu lemas karena masih berpuasa. Tapi jadi semangat lagi ketika membayangkan beberapa keponakan tersenyum bahagia menerima angpau dari saya.


Meski 'mungkin' pihak bank sudah mengantisipasi reaksi masyarakat akan kebutuhan uang kecil, nampaknya hingga detik ini secara massal belum terlihat denyut nadi atau minat masyarakat untuk menukarkan uangnya karena pandemi Corona masih terjadi.

Dampaknya akibat serangan virus Corona ini memang berimbas ke berbagai aspek kehidupan masyarakat. Banyak usaha dan pekerjaan yang terseok-seok bahkan harus mem-phk ratusan karyawannya agar perusahaan tetap bisa bertahan hidup.

Pergerakan arus uang yang berjalan lambat akibat efek domino ini membuat daya beli dan arus kas masyarakat terganggu. Masyarakat sekarang jadi lebih berhati-hati membelanjakan dan mengeluarkan uangnya untuk hal yang tidak perlu. Lebih tepatnya sedang berhemat, menyimpan uangnya untuk cari aman di kondisi yang sedang tidak stabil ini.


faktualnews

Maka secara otomatis niat masyarakat yang ingin bagi-bagi angpau ke sanak saudara dan tetangga dengan uang kecil tahun ini nampaknya harus 'libur dulu'. "Gaji aja cuma terima separuh, bagaimana mau punya uang lebih", kata salah satu kawan saya yang bekerja di perusahaan, Jakarta Barat.

Tahun ini memang jadi berbeda, meski penukaran uang tetap ada namun jumlahnya mungkin tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, dan bisnis penukaran uang bagi mereka yang biasa menjajakan di pinggir-pinggir jalan tampaknya harus tersenyum 'kecut'. Hasil pengamatan saya beberapa hari ini di lapangan, di jalan protokol pun demikian, sepi hampir tidak ada transaksi sama sekali.

Jadi apakah kamu termasuk orang yang biasa menukar uang menjelang lebaran Idul Fitri, teman? Lalu bagaimana untuk tahun ini apakah akan tetap melakukannya, sampaikan opinimu disini ya, dengan senang hati ane akan menampungnya di kolom komentar. Terimakasih, salam dari iskrim, gaesss..




Sebuah opini
Img.header. tirto



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS



Diubah oleh iskrim 24-05-2020 07:05
djendral234wenzzForaLLnona212
nona212 dan 46 lainnya memberi reputasi
47
7.5K
150
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan