widokoAvatar border
TS
widoko
Bangga! Ternyata Pisang Terbesar di Dunia Ada di Indonesia, Begini penampakannya
Saat puasa di bulan Ramadhan seperti saat ini, kolak menjadi salah satu hidangan yang banyak digemari oleh khalayak untuk berbuka. Salah satu kolak yang banyak digunakan adalah kolak pisang.


Musa Ingens (Sumber: nusantaranews.co)


Ngomong-ngomong soal pisang, ternyata Indonesia layak berbangga. Pasalnya ternyata kita mempunyai spesies pisang yang termasuk terbesar di dunia. Pisang itu adalah pisang Papua atau disebut juga Musa Ingens.


Musa Ingens (Sumber: tribunjogja.com)


Tumbuhan ini pertama kali ditemukan tahun 1954. Setelah itu kembali ditemukan tahun 1989 oleh Jeff Daniels di Kabupaten Fakfak (detik.com, 21/5).


Pisang Raksasa (Sumber: 9gag.com)


Sejak saat itu, pisang ini membuat heboh dunia karena ukurannya yang raksasa. Pisang biasa umumnya hanya bisa tumbuh antara 1 meter sampai dengan 5 meter. Namun Musa Ingens ini bisa mencapai lima kali lipat dari pisang biasa. Tinggi pohon bisa mencapai sekitar 25 sampai dengan 30 meter. Diameter batangnya bisa mencapai 2 meter.

Bukan hanya batangnya yang raksasa, tetapi daun dan buahnya juga memiliki ukuran yang luar biasa besar. Panjang pelepah daun bisa mencapai 5 meter. Jika daun pisang biasa hanya sekitar setengah meter, lebar daun Pisang Papua ini bisa mencapai satu meter. 

Besar buahnya bisa mencapai panjang 18 sampai dengan 20 centi meter. Diameter antara 3 sampai dengan 4 centi meter.  Setandan pisang ini bisa seberat sekarung padi sekitar 60 kilogram. Satu buah pisang raksasa ini bisa dimakan 5 sampai dengan 8 orang. 

Musa Ingens merupakan tanaman endemik Papua. Ditemukan di Pegunungan Arfak. Tanaman ini tumbuh di daerah pegunungan dan dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 sampai dengan 2.000 dari permukaan laut (tribunjogja.com, 5/11/2018).

Lalu mengapa pisang ini tidak cepat menyebar ke seluruh Indonesia?

Ternyata tumbuhan raksasa Musa Ingens ini tergolong sulit dibudidayakan. Perkembangbiakannya dengan bertunas. Namun perkembangbiakannya melalui tunas pada bonggol jarang ditemui sehingga sulit berkembang biak.

Selain tunas pada bonggol tumbuhan ini juga bisa berkembang biak melalui biji. Namun pembudidayaan melalui biji juga memerlukan waktu yang cukup lama. Agar biji menjadi kecambah perlu waktu sekitar satu tahun. Setelah menjadi kecambah tunas akan tumbuh pelan-pelan menjadi pisang dewasa.

Setelah Raflesia Arnoldi yang merupakan bunga terbesar di dunia, ternyata kita juga mempunyai pisang terbesar di dunia. Kekayaan alam tanah air kita memang luar biasa, mari kita jaga...I] 






Referensi:

1. https://food.detik.com/info-kuliner/...apua/6/#news 

2. Tribunjogja.com, 5/11/2018
Diubah oleh widoko 21-05-2020 05:49
abdurrahman19
saeful07
nona212
nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.5K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan