uni214Avatar border
TS
uni214
Inilah Faktor Tersebarnya Hoax secara Cepat di Masyarakat

sumber link

Pernahkah agan dan sista bertanya tanya, mengapa berita hoax memiliki kecepatan yang luar biasa untuk tersebar di masyarakat dibandingkan dengan berita valid?

Quote:


Berita hoax yang beredar di masyarakat sungguh sangat meresahkan dan mengkhawatirkan. Baru-baru ini bahkan terdapat berita hoax yang sangat menggemparkan, yaitu munculnya dukhon akibat adanya asteroid yang menabrak bumi pada tanggal 8 Mei 2020 atau 15 Ramadhan kemarin. Isu adanya dukhon bahkan sempat viral dan menjadi bahan pembicaraan di berbagai media. Selain isu dukhon, pada tahun 2012 juga pernah tersebar berita tentang kiamat, pada tanggal 12 Desember 2012. Berita tentang akan terjadinya kiamat pada tahun 2012 bahkan menjadi salah satu film yang menceritakan skenario kehancuran bumi.


sumber link

Jika agan dan sista mendapat berita, apakah yang agan dan sista lakukan pertama kali? apakah langsung mempercayai berita tersebut ataukah melakukan perbandingan literasi dan mencari sumber berita yang valid?

Tersebarnya berita hoax secara cepat, tidak dipungkiri karena perkembangan teknologi yang juga sangat cepat. Disamping hal itu. menurut ane, terdapat 2 faktor pendukung.

1. Kurangnya Minat Membaca dan Malas untuk Meneliti Sumber Berita

Spoiler for klikbait everywhere:


Beberapa media menggunakan trik licik dengan melakukan klikbait pada judul berita yang ditulis. Hal ini bertujuan untuk menarik rasa penasaran viewers kemudian membaca berita yang telah disajikan sedemikian rupa. Masalahnya, beberapa netizen hanya membaca judul berita saja lalu menyebarkannya tanpa membaca secara rinci isi berita yang sesungguhnya hingga dapat membuat kesalahpahaman. Banyak netizen yang bahkan merasa tidak perlu meneliti ulang kebenaran berita yang ditulis sehingga hoax akan sangat mudah tersebar. Ketahuilah perbedaan antara batok kelapa dan manusia adalah kemampuan untuk membaca, jadi jangan malas membaca ya agan dan sista

2. Pengguna Smartphone yang tidak Smart seperti phone-nya

Sebagai pengguna smartphone, harusnya kita dapat memaksimalkan fitur yang ada di smartphone yang kita miliki. Ketika mendapat berita yang diluar nalar dan disuguhi dengan ide-ide kontroversi yang membahas tentang konspirasi jangan langsung berasumsi! Apalagi melakukan cocoklogi, tapi gunakan fitur "Mesin pencari" untuk mengkonfirmasi kebenaran berita yang diterima. Jangan hanya karena berbau konspirasi lalu berita di percaya sepenuh hati. Contoh tindakan masyarakat yang berasumsi dengan liar terjadi di Inggris. Negara yang tergolong maju ini, masyarakatnya pun masih terkena hoax.

Spoiler for Hoax everywhere:


Sebagai masyarakat yang baik, mari kita hentikan penyebaran hoax, jangan sampai kita menjadi salah satu penyebar berita hoax ya gan dan sist. Saring sebelum sharing! Pernahkan agan dan sista juga ikut menyebarkan berita hoax? yuk ceritakan pengalamannya sebagai bentuk pembelajaran bagi agan dan sista yang lain agar tidak terjebak berita hoax.

Demikianlah Trit ini, Terimakasih sudah mampir, jangan lupa emoticon-Cendol Gan dan emoticon-Rate 5 Star



Salam
Yunike Selviana
Lampung, 18 Mei 2020
raliakbarrr
nona212
twins1184
twins1184 dan 61 lainnya memberi reputasi
60
4.2K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan