danymarta.Avatar border
TS
danymarta.
Berpesta di Waktu Sahur


I 🖤 BWI


Hai..Hai..Hai Gaes

emoticon-Hai


Di masa jaman kecil dulu, masih teringat akan kegiatan patrol yang dilakukan bersama teman - teman sebaya. Dengan menggunakan kentongan yang terbuat dari bambu dan alat - alat seadanya asalkan berbunyi dan bisa membuat orang lain untuk bangun di waktu sahur. Rasanya sudah tidak asing lagi terdengar di wilayah pedesaan.



Tradisi seperti ini sudah hampir hilang di telan jaman dan sudah sangat sedikit yang menggunakan dengan cara patrol dengan alat tradisional tersebut.

Seiring berkembangnya jaman tersebut, kini dalam hal menggugah orang untuk sahur lebih banyak menggunakan musik dari Audio Sound Sistem dan di muat di atas pick up atau truk.



Dentuman keras suara speaker audio dari atas kendaraan mengelilingi desa - desa atau di ruas jalan utama serasa Cumiakkan telinga sambil sesekali mengucapkan kata - kata sahur.. sahur.. sahur.. dengan menggunakan pengeras suara untuk membangunkan warga yang hendak ber santap sahur.

Seperti halnya yang terlihat suasana bulan Ramadhan kali ini, menjelanh tengah malam (pukul 24.00 - 03.30) di daerah Banyuwangi Selatan yang tepatnya berada di daerah Kedungrejo dan ada di daerah Purwoharjo masih sering terlihat tradisi yang seperti hiruk pikuk sebuah kota yang berpesta.



Terlihat puluhan kendaraan truk dan pick up yang bermuatan Sound Sistem yang mirip dengan sebuah panggung musik berlalu lalang di jalan - jalan dengan hiasan lampu disko berwarna - warni, semakin malam tampak semakin semarak, musik dan teriakan panggilan sahur saling bersahutan.



Walaupun banyak di Kota lain yang melarang adanya kegiatan membangunkan sahur dengan cara seperti ini, terlebih dikatakan sangat - sangat mengganggu karena dari suara yang dihasilkan dari Sound Sistem tersebut sebagai ajang kompetisi suara.

Tapi hal itu justru masih ada sampai sekarang, seolah - olah semangat mereka - mereka membangunkan sahur itu menghilangkan pikiran mereka dari kondisi sekarang yang sedang di landa pandemik covid 19.



Kita tahu sekarang di bumi kita terutama di Indonesia sedang dilanda kejadian yang luar biasa yaitu pandemik covid 19 dan adanya Physical Distancing. Makanya tak heran kalau di daerah lain hal semacam ini di larang oleh beberapa pihak. Dan semoga kedepannya pandemik ini segera berakhir dan kegiatan semacam ini bisa lagi rutin kembali digelar di setiap bulan Ramadhan. Aamiin




Referensi : link
Gambar link

Salam Rahayu
@danymarta.


BuluKemaluan
Richy211
nona212
nona212 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
957
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan