dibanned.meluluAvatar border
TS
dibanned.melulu
Ratusan Orang Saksikan McD Ditutup Saat PSBB Tuai Kritikan


Judul asli :
Ratusan Orang Saksikan McD Ditutup Saat PSBB Tuai Kritikan: Semoga Tak Ada 'Cluster Sarinah'

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan orang berkumpul saat penutupan gerai McDonalds di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (10/5/2020) malam.

Peristiwa ini menjadi sorotan sekaligus kritikan Koalisi Pejalan Kaki yang disampaikan lewat akun media sosial Instagram Koalisi Pejalan Kaki (@koalisipjalankaki).


Dalam postingan mereka, Koalisi Pejalan Kaki mengunggah foto ratusan orang yang telah menyaksikan penutupan gerai McD yang telah berdiri sejak Februari 1991 ini.

Mereka mengkritik Pemprov DKI Jakarta yang dianggapnya tak tegas dalam menjalankan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Mari berdoa semogga tidak muncul cluster baru. Ada perkumpulan massa segini banyak tapi ko tidak dibubarkan? PSBB garang di dokumen, tapi loyo diplaksanaan?," tulis koalisi pejalan kaki dalam unggahannya itu, Minggu (10/5/2020).

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi, memang ada ratusan orang yang datang dalam acara penutupan McD Sarinah itu.

Bahkan, mereka tampak sudah memadati halaman parkir sarinah sejak sore tadi.

Meski tampak tak memperdulikan physical distancing, tapi ratusan orang itu terlihat mengenakan masker.

Namun sayangnya, beberapa dari mereka sempat melepas masker yang dikenakan saat akan mematikan lilin yang mereka nyalakan saat prosesi penutupan McD Sarinah.


Petugas Satpol PP sendiri sebenarnya tidak tinggal diam melihat adanya kerumunan massa ini. Namun, mereka baru datang setelah acara penutupan McD Sarinah rampung.

Dari pinggir Jalan MH. Thamrin mereka pun meminta massa membubarkan diri.

"Ayoo segera bubarkan diri, ini berbahaya," ucap salah seoarang petugas Satpol PP menggunakan pengeras suara, Minggu (10/5/2020).

Mendengar seruan dari petugas Satpol PP, massa pun langsung membubarkan diri dengan tertib.

Penampakan ratusan orang berkumpul

Setelah jam sebelum berhenti beroperasi, gerai McDonalds yang berada di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat disebut pengunjung.



Namun, mereka baru datang setelah acara penutupan McD Sarinah rampung.

Tak hanya ingin membeli makanan siap saja yang ada di gerai tersebut, mereka mengaku sengaja datang untuk mengabadikan momen terakhir bukanya gerai McD yang telah berdiri sejak Februari 1991 itu.

Seperti yang diungkapkan oleh Damar Setyono (46), pria asal Bekasi, Jawa Barat mengaku sengaja datang bersama anak dan istrinya untuk melihat momen penutupan gerai yang telah beroperasi hampir 30 tahun ini tepat pukul 22.05 WIB nanti.

"Ya sengaja datang ke sini aja mau lihat ini ditutup sama anak-istri. Waktu muda dulu sering ke sini, pacaran sama istri," ucapnya sambil tertawa, Minggu (10/5/2020).

Hal senada turut disampaikan oleh Sandra (24) yang menyebut juga sengaja datang ke McD Sarinah bersama teman-temannya semasa sekolah dulu.

Ia pun menjadikan penutupan McD Sarinah menjadi ajang reuni dirinya bersama teman-temannya dulu.

"Ini datang sama teman SMA, dulu sekolah dekat sini dan sering nongrong di sini sama teman-teman," ujarnya.




"Ini datang sama teman SMA, dulu sekolah dekat sini dan sering nongrong di sini sama teman-teman," ujarnya.

Meski terjadi antrean cukup panjang, namun petugas keamanaan tampak coba mengatur para pengunjung ajar tetap menjaga jarak aman atau physical distancing.

Para pengunjung pun diminta untuk mengenakan masker dan diperiksa sugu tubuhnya sebelumnya masuk ke area dalam McD.

Sekedar selfie dan kenang masa lalu


Masyarakat datang untuk memesan makanan hingga berfoto dengan patung Ronald McDonalds serta bangunan McDonalds.

“Kan mau tutup tanggal 10 ke sini, jadi datang ke sini sekalian makan take away. Sayang nggak bisa makan di tempat,” kata pengunjung dari Muara Karang, Sekar (41) kepada Kompas.com.

Baginya, McDonalds memiliki kenangan tersendiri di masa hidupnya.


Pada masa kuliah, ia kerap mengunjungi Mcdonalds Sarinah untuk menghabiskan waktu malam hari.

“Dulu jaman kuliah hang out di sini. Dulu hiburan malam kurang kalau 24 jam. Weekend ke sini sama teman-teman kuliah,” kata Sekar.

Pengunjung lainnya asal Ciledug, Maurin (53), datang ke McDonalds Sarinah membeli makanan untuk berbuka puasa.

Setelah mendengar kabar tutupnya McDonald's Sarinah, ia menyempatkan mampir untuk sekadar mengenang suasana.

“Saya iseng ke sekalian ngabuburit. Dapat kabar mau tutup Mcdonald's. Sekalian mengingat kenangan di sini. Di sini kenangannya cukup bersensasi,” kata Maurin kepada Kompas.com.

Ia juga menyempatkan untuk berfoto dengan patung Ronald McDonalds dan di luar bangunan.

Baginya, Sarinah adalah gedung yang hidup segan mati tak mau.

“Jaman kuliah ke sini. Sempat tinggal di Benhil, ya kalau main sambil ke Sarinah. Belanja sambil cuci mata,” ujar Maurin.

Sarinah (Persero) atau pusat perbelanjaan Sarinah, Thamrin Jakarta bakal melakukan renovasi sekaligus mengubah strategi bisnisnya.

Oleh karena itu, manajemen sedang melakukan proses pengosongan di gedung Sarinah Thamrin.

Salah satu yang terkena dampaknya adalah gerai McDonald's pertama di Indonesia, yang harus tutup mulai 10 Mei 2020 ini.

Selain itu, 33 gerai lain juga diminta menutup operasional.

Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam proses perizinan renovasi dan para pemilik kios sedang mengemas barang dagangannya.

Gusti mengatakan, transformasi Sarinah dilakukan mengingat kondisi bangunan yang sudah tua dan perlu sentuhan baru untuk mempercantik tampilan gedung.

Adapun tampilan gedung nantinya akan bernuansa ragam budaya Indonesia untuk mendukung ekosistem UKM dan industri kreatif di Indonesia.

Rencananya, renovasi gedung Sarinah akan dimulai pada bulan Juni 2020. Namun karena belum redanya pandemi Covid-19, pekerjaan renovasi dimulai dengan pekerjaan desain, arsitektur, pemetaan, audit teknis dan lain-lain yang tidak menimbulkan kerumuman (crowd).

mcd sarinah


komen ts:

1. BIJI PLER lah kalian semua. Orang kota tapi kelakuan UDIK. Otak kalian udah tersumbat minyak Junkfood jadi BEGO emoticon-Tai.
Gini lho gan sis, negara kita lagi krisis covid, tapi mbok ya mikir dikit, dan plis diajak kerjasama kok susah banget. Otak kalian isinya kontan-konten-kontan-konten biji pler lah tai.



2. buat pemerintah DKI/pusat/polri/tni/satpol pp apa terserah lah bodo amat, kalian mbok yang serius kalo menjalankan tugas, PSBB salah satu upaya menghambat penyebaran covid kok kalian masih setengah2 jalaninnya. Mau selesai kapan? Daerah kalian harusnya jadi contoh baik buat daerah2 lainnya.

3. Kalo ada kaskuser yg ikut kumpul2







Diubah oleh dibanned.melulu 10-05-2020 21:23
p44r
zafinsyurga
antonishop
antonishop dan 78 lainnya memberi reputasi
79
7.4K
216
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan