hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
13 Pekerjaan Zaman Dulu yang Sudah Punah, Nomor 7 Ekstrem Banget!


Sebuah pekerjaan merupakan hal yang dibutuhkan oleh manusia. Karena dari pekerjaan tersebut akan mendapatkan upah sebagai imbalan dari jerih payah. Di zaman dulu, suatu pekerjaan banyak membutuhkan tenaga manusia. Namun, seiring perkembangan zaman dan tekhnologi membuat semua pekerjaan yang semestinya dikerjakan manusia harus tergantikan dengan produk tekhnologi. Beberapa bahkan harus punah, karena pekerjaan tersebut sudah tidak lagi menjadi efektif dan efisien untuk dikerjakan manusia di zaman yang sudah mulai serba cepat ini.

Berikut jenis-jenis pekerjaan zaman dulu yang sudah punah :

1. Pemburu Tikus



Di zaman dulu, populasi tikus di Eropa tak bisa terkendali. Hewan pengerat tersebut bisa saja menjadi ancaman penyakit bagi Eropa saat itu. Demi mencegah penyebarannya, maka muncullah profesi pemburu tikus yang tugas utamanya tentu saja menangkap tikus-tikus yang berkeliaran.

2. Juru Baca Berita Pabrik



Para buruh pabrik ketika bekerja kerap kali merasakan jenuh dan bosan karena rasa penat akibat pekerjaan. Untuk menghilangkan kejenuhan tersebut, para buruh sengaja menyewa juru baca berita. Saat buruh-buruh bekerja maka sang pembaca berita akan memulai pekerjaannya. Dengan suaranya yang lantang diiringi intonasi bacaan yang baik membuat para buruh merasa terhibur.

3. Alarm Manusia



Sebelum jam alarm ditemukan, ada pekerjaan yang khusus membangunkan orang dari tidur. Pekerjaan ini eksis di Britania Raya. Biasanya para pekerja ini dipekerjakan oleh pihak hotel untuk membangunkan tamunya. Beragam cara mereka lakukan agar tamu hotel tersebut bangun, di antaranya mengetuk pintu dan jendela hotel dengan tongkat serta meniupkan peluru kacang.

4. Penyala Lampu Jalanan



Sebelum lampu jalanan menggunakan listrik seperti yang dilihat saat ini, lampu-lampu tersebut dinyalakan secara manual. Para pekerja ini akan mengoperasikan lampu tersebut, tidak hanya itu mereka juga bertugas membersihkan dan mengganti lampu yang mati.

5. Pemotong dan Pengirim Es



Di zaman dulu, untuk menikmati segar dinginnya es, seseorang harus memesan terlebih dahulu. Para pekerja pemotong es tersebut yang akan mengirimkan es ke rumah pemesan. Ada juga yang menjajakkannya di pasar-pasar.

6. Pemindah Kayu



Profesi sebagai pemindah kayu menjadi pekerjaan yang sangat menguntungkan. Kegiatan pemindahan kayu hadir sebelum ada truk-truk besar yang mengangkut kayu.

7. Pencuri Mayat



Pekerjaan satu ini memang tergolong ekstrem dan menimbulkan tindakan kriminal. Namun, hal itu juga bertujuan untuk memajukan ilmu kedokteran. Maka, biasanya universitas-universitas menggunakan jasa pencuri mayat untuk mendapatkan jenazah yang dibutuhkan.

8. Pengangkut Air



Ketersediaan air sangatlah penting dalam menopang kehidupan sehari-hari. Namun, di zaman dulu sumber air belum ada di setiap rumah. Untuk memiliki air, para warga harus menggunakan jasa pengangkut air. Mereka inilah yang nanti akan memastikan ketersediaan air masyarakat.

9. Penjaga dan Pengemudi Lift



Saat ini, mungkin penggunaan lift sangatlah mudah. Tinggal menekan tombol yang diinginkan maka otomatis lift akan beroperasi. Namun, lain ceritanya di zaman dulu. Pengoperasian lift harus dilakukan oleh petugas lift. Hal ini dikarenakan penggunaan lift cukup rumit. Kecepatan dan berhenti lift mesti diatur.

10. Penyiar Kota



Media komunikasi seperti radio dan televisi dulunya belum meyebar seperti sekarang. Untuk mendapatkan informasi orang-orang mesti mencarinya sendiri. Melihat keadaan demikian, maka dibuatlah profesi penyiar kota yang tugasnya sebagai pembawa berita dari pemerintah. Para petugas ini, biasanya akan membawa lonceng yang berguna untuk mengumpalkan masyarakat.

11. Pengatur Pin Bowling



Olahraga bowling saat ini sudah sangat modern sekali. Bola-bola yang jatuh dengan otomatis akan tersusun kembali karena dibantu tekhnologi. Tapi, sebelum tekhnologi tumbuh dan berkembang, pin bowling itu akan disusun secara manual. Biasanya para penyusun pin bowling tersebut dari kalangan remaja.

12. Pendeteksi Pesawat Musuh



Di era modern, pesawat akan terdeteksi dengan alat bernama radar. Hal itu memungkinkan manusia untuk mengetahui keberadaan sebuah pesawat. Namun, di zaman yang belum secanggih saat ini, alat pendeteksi pesawat sangatlah sederhana.

13. Switchboard Operator



Profesi satu ini memiliki tugas menghubungkan sambungan telepon. Para pegawainya ini yang nantinya akan menyambungkan jika kita menelepon. Di tahun 1970-an profesi Switchboard Operator sudah jarang digunakan. Hingga punah pada tahun 1990.

Itulah pekerjaan zaman dulu yang sudah punah dan keberadaannya telah tergantikan dengan hasil penemuan tekhnologi yang lebih mutakhir dan modern juga tentunya lebih canggih.

Sumber :

1 2
Diubah oleh hvzalf 10-05-2020 06:49
capadesu
999999999
nona212
nona212 dan 202 lainnya memberi reputasi
203
20.9K
275
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan