747.400
TS
747.400
Indonesia Waspada! Laut China Selatan Memanas


JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Indonesia terus mengikuti perkembangan aktivitas di Laut China Selatan. Ia juga menyatakan Indonesia prihatin dengan apa yang sedang terjadi di wilayah itu belakangan ini.

"Indonesia prihatin mengenai aktivitas baru-baru ini di Laut China Selatan yang mungkin berpotensi meningkatkan ketegangan di saat upaya kolektif global dibutuhkan dalam memerangi Covid-19," kata Retno saat mengadakan video conference dengan media Internasional, Rabu (6/5/2020).

Retno juga menegaskan bahwa Indonesia menggarisbawahi pentingnya menjaga kedamaian dan stabilitas di Laut China Selatan, termasuk memastikan kebebasan pelayaran dan penerbangan dan semua pihak yang terlibat perselisihan untuk menghormati hukum internasional. "Khususnya Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS) 1982," jelas Retno.

Lebih lanjut, Retno menjelaskan bahwa saat ini negosiasi kerangka Kode Etik (Code of Conduct/CoC) terkait isu Laut China Selatan antara ASEAN dan China sedang ditunda karena merebaknya wabah virus corona (COVID-19). Untuk itu, Indonesia telah meminta semua pihak agar menahan diri dari segala tindakan yang berpotensi menghilangkan rasa saling percaya dan meningkatkan bisa ketegangan di kawasan.

"Indonesia yakin situasi kondusif di Laut China Selatan dapat mendukung proses negosiasi CoC. Oleh karenanya, kami masih berkomitmen memastikan hasil CoC yang efektif, substantif, dan dapat terlaksana meski di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini." kata Retno.

Pernyataan Retno tersebut disampaikan di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan Amerika Serikat (AS) di Laut China Selatan. Pada akhir bulan lalu kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu terlibat perselisihan di wilayah tersebut setelah kapal Angkatan Laut AS, USS Barry, berlayar di sekitar pulau Paracel, wilayah yang telah di klaim.

Kapal itu dikabarkan sedang menjalankan "operasi navigasi" saat berlayar di daerah tersebut dan China telah memberi peringatan untuk menjauhi wilayah. Namun, seruan itu diabaikan AS dan membuat China marah. China menyebut kapal perang AS melanggar kedaulatan negara itu. Akibat langkah itu, Militer China juga mengintensifkan patroli udara dan laut di kawasan.

"Kapal perang USS Barry menerobos masuk ke perairan di sekitar Kepulauan Paracel tanpa izin," kata Juru Bicara militer China (PLA) dari Komando Southern Theatre Li Huamin, dikutip dari South China Morning Post, Rabu lalu.

https://www.harianhaluan.com/amp/det...elatan-memanas

CHINA akan menang dan menjadi Negara Adidaya baru!

dari sisi militer, china punya 400 kapal induk, sedangkan amerika cuma punya 20 biji

dari sisi anggaran militer, china yg tertinggi di dunia mengalahkan negara manapun di dunia ini termasuk amerika dan rusia..

dari sisi pengalaman perang, china adalah pemenang perang dunia kedua mengalahkan armada jepang..

dari sisi pendidikan, china punya universitas terbaik di dunia..

dari sisi hiburan, film mandarin paling berpengaruh di dunia..

China pemilik hulu ledak nuklir terbesar di dunia

Bersiaplah semua, China akan menggantikan amerika!!!!

Ni Hao Ni Hao 官話(又称北语、北方话、官話方言。此外有時也稱北方方言)為汉语的一支,主體為北方漢語。若視漢語為一種語言,則官话是漢語的一级方言,下分北方官话、中原官话和南方官话。若視漢語為“漢語族”,視官話為獨立語言的話,則官話下有數支官話的方言。無論如何劃分,官話的地位都跟吴语、粤语、闽语、湘语、客语、贛语等相同,要麼同為獨立語言,要麼同為漢語下的一級方言
onikuzanzdfatqurr
fatqurr dan 36 lainnya memberi reputasi
33
3.5K
90
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan