FootballStoryAvatar border
TS
FootballStory
Menguak Sisi Kemalasan Dimitar Berbatov

Berbo adalah spesies pesepakbola yang antimainstream. Secara frontal ia adalah seorang pemalas, namun disisi lain merupakan seorang pria sejati, dan jangan lupa ia adalah pesepakbola kelas dunia. Berbatov kecil tumbuh di lingkungan yang keras dan tertib akibat pengaruh komunisme yang masih dijalankan didaerahnya. Dilansir dari ESPN saat masih berusia 10 tahun ia sudah memiliki rutinitas bermain enam lawan enam dengan kawan dilingkungannya. Dan ia cukup memiliki reputasi di jalanan karena skill bermain bolanya, ia bangga karena memiliki reputasi seperti penjual narkoba dan dapat pergi ke sekolah dengan dada membusung.

Salah satu momen terbaiknya ketika mengenakan seragam United adalah saat mencetak hattrick ke gawang musuh utama, Liverpool pada September 2010, dengan spesialnya gol terakhir yang ia lesatkan dengan tendangan salto. Tak hanya itu, ia juga pernah membombardir gawang Blackburn sejumlah lima gol dalam satu laga.

Ada alasan mengapa Berbatov disebut pemalas sebagai pesepakbola. Gaya mainnya memang terkesan pemalas. Ia sendiri mengaku tak suka melihat pemain mengeluarkan energi “berlebihan” di lapangan. Memang benar adanya, teknik yang dimiliki Berbo mampu menutupi kemalasannya untuk berlari, ketika bergerak dengan bola gerakannya begitu luwes dan terlihat tanpa usaha. Ia juga dikenal gentle dengan caranya memperlakukan bola yang lemah lembut namun tidak lepas dari kekuatan, sampai gayanya di luar lapangan yang memang terlihat gentle layaknya mafia. Ia tidak neko² secara gaya hidup meskipun ia memiliki kemampuan finansial untuk melakukan banyak gaya. Ia memiliki badan amalnya sendiri juga banyak terlibat dalam kegiatan sosial.

Berbo tidak bisa dipaksa untuk bermain dengan cara lain agar lebih atraktif. Itu bukan gayanya, namun metode bermain seperti itu jugalah yang mendefinisikan permainannya. Kita tidak akan pernah melihat Berbo ngos²an di atas lapangan. Karena Berbo sendiri mengakui gaya bermainnya didasari oleh ungkapan dalam bahasa Bulgaria yang mengatakan bahwa kualitas tinggi tidak membutuhkan banyak usaha.

Dia semacam introvert yang tenang dan kalem, dibungkus dalam sikap sabarnya. Berbatov mensuplai suasana damai, tapi bukan lantas dia tidak ada gairah dalam bermain. Dia menipu untuk berpikir bahwa dia tidak peduli dengan situasi, bahwa dia tidak memiliki semangat dalam bermain. Ini adalah bagian dari kemampuan Berbo untuk menipu lawannya dan juga mata yang memandang. Dia menarik perhatian jagat raya sepakbola berkat arogansi dan ketenangannya di depan gawang, teknik dan gerakan kaki simpel namun dapat berakhir dengan gol, ditambah kesadarannya akan ruang kosong di sekitarnya. Ketajamannya di daerah pertahanan lawan selalu didukung oleh kemampuannya untuk menciptakan peluang serta tak lupa finishing yang ciamik, dia sering terlibat dalam build-up serangan, mampu mengeksploitasi bola dalam ruang sempit, serta memancing bek untuk menciptakan ruang, dan memberikan operan akurat disekitarnya.

Bagaimana dunia akan mengenang permainan Berbo? Dunia sepakbola mungkin kurang menghargai kejeniusan Berbatov yang dinilai kurang ortodoks. Karena ia tidak ada drible seatraktif Baggio, atau memiliki agresivitas layaknya Drogba, bahkan kakinya dalam mengolah bola tidak seharmonis Ronaldinho.

Namun harus kita akui akan sulit untuk menemukan model permainan seperti Berbatov di dunia sepakbola. Namun, berkat keunikannya, namanya tentu tak akan lekang oleh waktu.

Bagaimana Menurut Ente Dengan Gaya Bermain Berbatov? Komen Dibawah!
emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star


nona212
bundski
tien212700
tien212700 dan 181 lainnya memberi reputasi
182
11.7K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan