747.400Avatar border
TS
747.400
BREAKING NEWS! Pesawat Pengebom AS Terbang di Laut China Selatan
JAKARTA - Militer Amerika Serikat mengerahkan pesawat pengebom melakukan penerbangan di perairan sengketa Laut China Selatan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Anti War, Komando Indo Pasifik AS melaporkan dua pesawat B-1B Lancers terbang di atas perairan Laut China Selatan dan melakukan operasi selama 32 jam.

Pihak AS mengatakan operasi penerbangan di perairan yang diperebutkan itu bermaksud untuk meyakinkan sekutu.

"Operasi ini menunjukkan model ketenagakerjaan angkatan udara dinamis US Navy sejalan dengan tujuan Strategis Pertahanan Nasional yang dapat diprediksi dengan kehadiran pembom yang terus-menerus, meyakinkan sekutu dan mitra," kata Pacific Air Forces dalam siaran pers sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari American Military News.

Misi itu diluncurkan di tengah upaya baru oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) untuk menduduki pulau-pulau utama di wilayah Laut Cina Selatan yang diperebutkan.

Beijing baru-baru ini menamai dan menyatakan distrik kota atas pulau-pulau yang tidak berpenghuni di Laut Cina Selatan, yang juga diperebutkan Vietnam dan Taiwan.

Belum lama ini, aksi militer AS dari Angkatan Laut berlayar di dekat pulau-pulau yang dikaim Tiongkok dan bermaksud untuk mencoba memancing reaksi Negeri Tirai Bambu itu.

Hal inilah yang membuat AS memilih penggunaan pesawat udara yang dianggap lebih nyaman. Pada saat yang sama, pesawat-pesawat AS yang terbang jauh ke wilayah Tiongkok untuk menantang dan menciptakan risiko yang lebih besar dari konfrontasi di wilayah Laut China Selatan.

Pejabat AS mengatakan tindakan tersebut sebagai 'misi pencegahan'.

"Pesawat kami telah melakukan, dan berpartisipasi dalam, berbagai latihan selama tahun lalu untuk memastikan kami siap untuk misi skala besar seperti ini," kata Kolonel Ed Sumangil selaku komandan BW ke-7, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Guam Daily Post.

"Kami senang bisa kembali ke Guam dan bangga terus menjadi bagian dari pasukan pembom yang siap untuk membela Amerika dan sekutunya melawan ancaman apa pun," tambahnya.

https://www.pikiran-rakyat.com/inter...-china-selatan

mengapa sih tidak ada negara asia yg tembak pesawat amerika ini sampai hancur gan?

Ada china, korea selatan, jepang, Indonesia, malaysia, singapura, filipina..

semuanya negara besar dan kuat kok..

setiap kapal amerika yg lewat LCS, tembak..

setiap pesawat yg lewat LCS, tembak pakai rudal..

Kalau kapal dan pesawat mereka ditembak, mereka pasti takut..

Dengan begitu, amerika tidak akan melintasi LCS lagi..

Ini pendapat saya gan

makola
fatqurr
kamublangsak21
kamublangsak21 dan 64 lainnya memberi reputasi
49
8.4K
158
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan