coloridosAvatar border
TS
coloridos
Sifat dan Karakter Bapak BJ Habibie yang Sepatutnya Ane Tiru




Selamat Malam agan dan sista yang sama-sama menaruh duka mendalam terhadap kepergian putra terbaik bangsa, Almarhum Bapak Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie pada tanggal 11 September 2019 lalu emoticon-Berduka (S). Semoga memperoleh tempat terbaik di sisi-Nya dan semoga keluarga dan seluruh rakyat Indonesia yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan, Amiin.





Ane sadar tidak ada yang abadi di dunia ini, semua akan kembali kepada Sang Ilahi. Adakalanya kita juga akan meninggalkan dunia yang fana ini. Tapi ada satu sosok di Indonesia ini seorang yang gigih, cerdas dan berakhlak yang baik serta memberikan kontribusi bagi Nusa dan Bangsa pada akhirnya meninggalkan kita semua. Sosok yang menginspirasi ane khususnya siapa lagi kalau bukan Bapak Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie. Hidup memberi manfaat, Saat tiada pun ia meninggalkan manfaat bagi orang banyak. Sikap dan karakter pemimpin cerdas sudah menjadi sejarah indah bagi rakyat Indonesia khususnya bagi ane sendiri. Namun kini ia telah tiada meninggalkan kesedihan bagi kita semua. Bagi ane yang tersisa saat ini hanyalah bagaimana belajar dari apa yang telah ia tinggalkan. Ada sifat dan karakter yang seharusnya bisa kita contoh dari bapak BJ Habibie, beberapa yang ane ketahui tentang sifat dan karakter Bapak Alm. BJ Habibie adalah:





1. Tekad yang Kuat





Bapak BJ Habibie sejak kecil sudah tertarik dengan pesawat terbang. Berawal dari ketertarikan menjadi sebuah kecintaan yang mesti diperjuangkan. Sempat mengenyam perkuliahan di Institut Teknologi Bandung dan mengambil jurusan teknik mesin, beliau kemudian meneruskan kuliah sampai S3 di Jerman dengan biaya dari orangtua. Tekad Pak Habibie yang kuat dan nyata dalam memperjuangkan sebuah kecintaan ternyata berbuah hasil yang membanggakan. Jika kita dapat mengejar apa yang kita cintai dengan dibekali tekad yang kuat, pasti kita juga mampu menggapainya sebagaimana yang Bapak BJ Habibie lakukan. Dari sini ane bisa mencontoh karakterBapak BJ Habibie yang memiliki tekad yang kuat dalam menggapai cita-cita yang diinginkannya




2. Mencintai Tanah Air





Bapak Alm. BJ Habibie dulunya sangat disukai oleh negara Jerman karena kejeniusannya hingga pada akhirnya beliau diangkat menjadi wakil pimpinan di tempat ia bekerja saat di Jerman, Messerschmitt-Bölkow- Blohm (MBB). Posisi strategis yang ia dapatkan tersebut lantas tidak membuatnya lupa darimana dulunya ia berasal. Saat diminta untuk pulang ke Indonesia beliau tidak sulit mengambil keputusan dan merelakan jabatan strategisnya tersebut demi membangun Tanah Air khsusnya pada bidang Teknologi.

Bapak BJ Habibie  pulang usai melepas jabatannya di MBB dan menjadi Menteri Riset dan Teknologi menggantikan Bapak Soemitro Djojohadikoesoemo lalu pernah menjadi penasehat presiden. Kemudian selama 1,5 tahun menjabat sebagai presiden RI ke-3menggantikan Bapak Presiden Soeharto. Bayangkan saja Bapak Habibie sudah punya posisi jabatan yang tinggi di luar negeri, tapi hal itu ia tinggalkan demi membangun Negara Indonesia yang menjadi tempat dimana ia dulunya berasal. Sungguh sesuatu yang layak dicontoh emoticon-Frown.





3. Disiplin






Perlu diketahui bahwa Bapak BJ Habibie menghabiskan waktu 7,5 jam dalam sehari untuk membaca dan menulis. Suatu hal yang menurut ane sangat produktif jika mampu meniru bahkan bisa lebih dari waktu yang telah BJ Habibie capai. Butuh kedisiplinan yang tinggi untuk bisa meniru yang bapak BJ Habibie lakukan. Ane tidak ingin hanya semangat membaca di awal-awal saja namun beberapahari setelahnya ane mulai lalai dan tidak lagi membaca emoticon-Mad.

Dalam kutipan Bapak BJ Habibie ,

Quote:


Dari kutipan pernyataan Bapak Habibie di atas, ane paham bahwa orang cerdas yang malas dan tidak disiplin tidak ada gunanya bagi lingkungan atau orang-orang di sekitarnya. orang yang sukses adalah orang yang disiplin, tepat waktu, dan bersungguh-sungguh.



4. Jujur dan Teguh Pendirian




Bapak BJ Habibie  adalah orang yang jujur, pernah suatu waktu beliau disogok dengan jam tangan mewah, sogokan berupa uang, dan bahkan wanita. Namun Beliau tetap teguh pada pendiriannya. Maka dari itu ane tidak pernah mendapati berita dimana Bapak Habibie pernah terjerat kasus tindak pidana korupsi.Pemimpin yang jujur sangat senangi oleh masyarakatnya. Sesuatu yang patut dicontoh dan sangat dibutuhkan orang jujur seperti Bapak Habibie ini.





5. Visioner dan Fokus



Visioner adalah memiliki pandangan yang menjadi tujuan ke depan atau masa depan. Hal inilah yang diperlihatkan oleh Bapak Alm. BJ Habibie dan bisa dijadikan contoh. Selain itu, BJ Habibie  juga fokus pada satu kemampuannya dalam segi teknologi. Pandangan visioner dan fokus pada bidang teknologi, Bapak BJ Habibie lebih memilih untuk mengembangkan dan membangun teknologi di Indonesia.

Dapat ane simpulkanbahwa kita sebagai generasi penerus bangsa sepatutnya mewarisi semangat BJ Habibie agar Indonesia menjadi lebih baik ke depannya. 





6. Berani dan Profesional



Di benak masyarakat, BJ Habibie selama ini hanya identik dengan teknologi penerbangan. Padahal tokoh dunia yang memiliki IQ 200ini sangat berjasa di banyak bidang, salah satunya memerangi korupsi. Di tangan Bapak B Habibie, lahir lembaga pemberantasan korupsi yang menjadi cikal bakal terbentuknya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lahirnya Undang-undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme), Bapak Habibie yang menjadi pelopornya. Ada lagi Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sekitar 17 bulan Bapak Habibie duduk di kursi presiden, tetapi sumbangsihnya pada pemberantasan korupsi sangat besar. Pasca reformasi,  Bapak Habibie tidak ingin KKN yang tumbuh subur di era Orde Baru, terus berkembang di era berikutnya. Salah satu pelaku tindak pidana korupsi Tommy Soeharto tetap ia bawa ke ranah hukum, padahal fakta bahwa Bapak Soeharto adalah seorang yang dekat dengan beliau namun ia tidak pandang bulu alias pilih kasih, sebab Bapak Habibie memiliki keberanian serta profesionalitas yang ia junjung tinggi.


Presiden BJ Habibie kala itu membentuk Komisi Pengawas Kekayaan Pejabat Negara (KPKPN) berdasarkan Undang-undang Nomor 28 tahun 1999. Lembaga inilah "embrio" dari lahirnya KPK di era Presiden Megawati pada tahun 2002. Ane tambah respect sama Pak Habibie emoticon-Frown





7. Ilmuwan yang Religius




Bapak BJ Habibie dikenal sebagai ilmuwan yang berpengaruh, baik di dalam maupun luar negeri. Akan tetapi, Bapak Habibie merupakan pribadi yang religius. Bapak Habibie adalah seorang muslim yang taat menjalankan perintah agama. Dia juga orang yang menghargai agama dan kebudayaan orang lain. Tidak hanya melakukan ibadah yang wajib saja, yang sunah juga ia lakukan, berbanding terbalik dengan ane yang masih 'kurang' ibadahnya. Namun hal ini patut menjadi contoh buat ane agar lebih giat lagi dalam melengkapi ibadah ane yang masih bolong-bolongemoticon-Malu (S). Selain itu Bapak BJ Habibie rajin melaksanakan puasa Senin-Kamis, ane sendiri jangankan puasa Senin-Kamis, puasa Ramadhan juga kadang malas-malasan emoticon-Malu (S).

Bapak BJ Habibie mengaku sejak kecil sudah memahami dan membaca Alquran.

Quote:







8. Setia Pada Pasangan




Pernah ane nonton film Habibie dan Ainun, meskipun itu hanyalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata Bapak BJ Habibie terhadap istrinya, Hasri Ainun Besari. Namun, pada kenyataannya memang begitu setianya Bapak BJ Habibie kepada pujaan hatinya itu. Jangankan untuk mendua, niat meninggalkan sang istri ane yakin tidak akan terjadi. Sesuatu yang menjadi pelajaran buat ane sebagai laki-lakiatau kelak menjadi suami agar tetap setia dengan pasangan hidup yang ane pilih nanti emoticon-Malu (S). Begitu cintanya dengan Ainun, putra kandung mereka, Ilham mengatakan;

Quote:


Ada banyak hal yang ternyata bisa ane tirudari kehidupan Bapak BJ Habibie, 8 sikap dan karakter di atas melekat pada diri Bapak BJ Habibie, tidak hanya cerdas namun ia memiliki akhlak yang terpuji sehingga layak jika ane jadikan contoh panutan yang baik buat kehidupan ane yang masih 'kurang' baik saat ini.









Sumber: Opini Pribadi

Sumber Berita Pendukung: Liputan6 & CNN Indonesia

Sumber Gambar: GoogleImages





 







Diubah oleh coloridos 30-09-2019 04:44
kyatsundoku
cakid gigi
mahirbro
mahirbro dan 25 lainnya memberi reputasi
26
183K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan