TaraAnggaraAvatar border
TS
TaraAnggara
Dampak Positif Corona yang Mungkin Tidak Kita Sadari! Nomor 3 Dikeluhkan Emak-Emak
Dampak virus Corona bagi lingkungan dan kehidupan manusia
sumber gambar

Virus Corona, telah mengakibatkan banyak dampak negatif bagi negara-negara di dunia dan juga bagi penduduknya. Namun tidak semua hal yang terjadi di dunia selalu menimbulkan dampak negatif semata, begitu juga dengan terjadinya pandemi Covid-19. Meski virus ini telah mengakibatkan jutaan nyawa melayang, dan mengakibatkan penderitaan bagi umat manusia. Namun di sisi lain, tanpa sebagian orang sadari ternyata Covid-19 juga menimbulkan dampak positif.


Lalu apa saja dampak positif dari Covid-19?

1. Berkurangnya Polusi Udara

Untuk menekan laju penularan virus Corona, negara-negara di dunia--termasuk Indonesia--menerapkan kebijakan WFH dan menghimbau warganya untuk tetap berdiam diri rumah. Hal ini tentu berdampak pada berkurangnya polusi udara.


2. Memiliki Waktu Lebih Banyak Bersama Keluarga


Selain menerapkan kebijakan WFH, adanya virus Corona juga membuat sekolah-sekolah dari tingkat SD hingga perguruan tinggi diliburkan. Dengan begini para orang tua yang sebelumnya sibuk bekerja, memiliki waktu lebih banyak bersama anak dan juga anggota keluarga lainnya.


3. Orang Tua Merasakan Susahnya Menjadi Guru


Di Indonesia, semenjak sekolah diliburkan banyak orang tua--termasuk saya--mengeluhkan betapa susahnya mengajak anak agar mau mengerjakan tugas dari guru. Tidak sedikit orang tua yang harus mengeluarkan seribu cara agar anak mau belajar.

Secara tidak langsung hal ini membuat orang tua menyadari betapa tidak mudahnya tugas para guru. Untuk itu sudah selayaknya kita--orang tua--menghargai jasa para tenaga pendidik. Tidak usah tersinggung atau kesal saat anak kita ditegur oleh guru karena melakukan kesalahan, sepanjang teguran dilakukan dengan cara dan untuk tujuan yang benar.


4. Sebagai Bahan Perenungan


Musibah virus Corona yang sedang melanda dunia membuat banyak manusia menyadari kesalahan-kesalahan yang selama ini diperbuat. Tidak sedikit orang, yang kemudian hijrah menjadi manusia lebih baik. Dengan adanya virus Corona, kita juga menyadari betapa tidak berdayanya kita sebagai manusia, saat ujian dari Yang Kuasa melanda.

5. Sadar Akan Gaya Hidup Sehat

Poin penting yang tidak boleh dilupakan dari adanya virus Corona adalah melatih kebiasaan hidup sehat dan bersih, seperti; rajin cuci tangan, mengkonsumsi makanan bergizi, serta istirahat cukup. Sebelum virus Corona melanda, tiga hal ini mungkin sering kita abaikan.



Gansist, selama ini mungkin kita sibuk memikirkan dampak negatif dari virus Corona sehingga tidak memperhatikan bahwa ada pula dampak positif yang kita rasakan. Kita tentu tahu bahwa Sang Pencipta menurunkan ujian bagi hamba-Nya dengan maksud dan tujuan baik, termasuk ujian virus Corona yang sekarang sedang melanda dunia. Yakinlah ada hikmah terselip yang bisa kita petik dari musibah ini.

Namun meski memiliki dampak positif, virus Corona adalah musibah yang tentunya tidak pernah kita inginkan. Untuk itu mari sama-sama berdoa agar Sang Kuasa segera memusnahkan virus ini dari dunia. Semoga Covid-19, menjadikan kita manusia yang lebih taat dan peduli terhadap lingkungan serta sesama.


Sekian trit kali ini, semua tulisan yang saya ungkapkan di sini adalah murni opini pribadi. Untuk itu jika terdapat perbedaan pendapat, saya mohon maaf sebesar-besarnya.




Cilacap, 1 Mei 2020
Diubah oleh TaraAnggara 30-04-2020 22:59
infinitesoul
pakolihakbar
aldysadi
aldysadi dan 37 lainnya memberi reputasi
38
1.2K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan