reskilaa10Avatar border
TS
reskilaa10
Sempat Diisukan Meninggal, Ini Sederet Bukti Kalau Kim Jong Un Masih Hidup
Belakangan ini, masyarakat dunia tengah dihebohkan dengan kabar meninggalnya Presiden Korea Utara, Kim Jong Un. Isu tentang Kim Jong Un meninggal, mencuat ke publik berawal dari ketidakhadiran Kim Jong Un dalam acara ulang tahun kakeknya, Kim Il-Sung pada Rabu (15/4/2020) lalu. 
 
Terkait dengan isu yang terus berkembang, Pemerintah Korea Selatan meminta kepada dunia internasional untuk berhati-hati dalam menyaring informasi terkait dengan kondisi kesehatan Kim Jong Un..

Dilansir dari stasiun berita Al Jazeera, Senin (27/4/2020), pejabat Korsel mengatakan bahw tidak ada pergerakan apapun di wilayah perbatasan Korut , setelah rumor meninggalnya Kim Jong Un mencuat.

Kim Yeon-Chul selaku Menteri Unifikasi Korea mengatakan, Pemerintah Korsel memiliki kemampuan dan yakin dengan data bahwa tak ada hal luar biasa yang terjadi di Korut.

Minggu lalu, media Korsel melaporkan bahwa Kim Jong Un baru saja menjalani operasi jantung. Ada pula kabar berhembus yang mengatakan bahwa pemimpin yang kini berusia 36 tahun itu tengah mengisolasi diri agar tak terinfeksi virus corona.

Lantas, apa buktinya bahwa Kim Jong Un masih hidup?

1. Kim Jong Un kirim pesan

Kim Jong Un. (KCNA/via REUTERS)


Ramainya kabar yang menyebutkan bahwa Kim Jong Un meninggal ditepis dengan surat yang ditulis oleh Kim Jong Un. Media Pemerintah Korut, The Rodong Sinmun pada hari ini memberitakan bahwa Kim Jong Un menulis surat untuk pekerja di area resort Wonsan. 

"Pemimpin tertinggi Kim Jong-Un sudah mengirimkan surat berisi apresiasinya kepada para pekerja yang rela mendedikasikan dirinya untuk membangun area turis Wonsan-Kalma," isi dalam surat Kim Jong Un.


2. Kereta yang dinaiki Kim Jong Un ada di area resort wonsan

Hasil pantaun dari satelit di sekitar area Wonsan. (Planet Labs-38 North/Handout via REUTERS)

Berbagai media menyebutkan bahwa di dekat area Wonsan, terdapat rangkaian kereta yang biasa dipakai oleh Kim Jong Un. Kabar tersebut diketahui dari hasil pemantauan, yang kemudian diunggah ke situs Korea Utara yang didukung oleh AS bernama 38 North. 

Meskipun begitu, situs tersebut masih ragu, apakah benar Kim Jong Un ada di sekitar Wonsan.

"Kehadiran kereta tidak membuktikan di mana keberadaan Kim Jong-Un atau mengindikasikan mengenai kondisi kesehatannya. Tetapi, laporan itu berhasil menunjukkan bahwa malam terakhir Kim di berada area para orang kaya," demikian tulis 38 North.  

Kabar yang menyebutkan bahwa Kim Jong Un yang terpapar virus corona, juga pernah ditulis oleh beberapa media.

3. Kabar Kim Jong Un yang tengah sakit, diperkuat dengan adanya tim medis

Presiden Korut, Kim Jong Un. (KCNA/via REUTERS)

Dilansir dari Reuters, banyak informasi  yang menyebutkan bahwa Kim Jong Un tengah sakit. Dari pernyataan tiga orang terdekat Kim Jong Un, mereka mengatakan bahwa Tiongkok telah mengirimkan tim medis ke Korut.

Pemerintah Korut yang masih diam dengan kondisi kesehatan Kim Jong Un, rupanya membuat Presiden AS, Donald Trump khawatir. Namun Trump enggan langsung percaya dengan rumor-rumor yang beredar soal Kim Jong Un.

"Saya pikir laporan itu tidak benar," tutur Trump yang dilansir dari Al Jazeera.

Sumber: https://www.indozone.id/amp/jzs0MR/s...un-masih-hidup
sebelahblog
eriksebastian88
TheGaruda
TheGaruda dan 33 lainnya memberi reputasi
34
2.7K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan