abbecedeAvatar border
TS
abbecede
Mantul Nih, Ide Nyari Duit Meski Harus #Dirumahaja
Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk melakukan seluruh aktivitas dari rumah agar mencegah penyebaran virus corona pada minggu, 15 Maret 2020 kemarin. "Saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah. Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong menolong dan bersatu padu, gotong royong," ujar Jokowi.

Tentu saja, anjuran ini disambut baik oleh masyarakat, termasuk ane. Makanya ane setuju banget pas netizen yang budiman meramaikan hastag #dirumahaja. Dan syukur alhamdulillahnya, kantor ane pun ikut memberikan kebijakan work from home. Meski kebanyakan diganggu sama anak, kerja di rumah ada enaknya juga. Hehehe.


Nah, buat Agan dan Sista yang nggak biasa kerja di rumah, atau bingung mau ngapain lagi karena kerjaan jadi cepet selesai, nih ane ada ide nyari duit yang gampang-gampang susah, meski harus #DIRUMAHAJA. Cekidot dah!

Kerajinan Tangan & Kesenian

Jaman kita sekolah, pasti kita pernah nih dapet pelajaran KTK alias kerajinan tangan dan kesenian. Ada juga yang bilang, kertakes. Kalo waktu ane sekolah, cuma gambar-gambar itupun biasa aja. Jadi ane manfaatin skill istri ane yang bisa jait menjait. Ini namanya hubungan suami istri yang mutual simbiosis. Hehehe. Istri ane biasa nyari duit meski di rumah aja. Dia bikin baju boneka dan dijual di instagram & ecommerce ambyar.


Dari modal beli bahan sekitaran 500 ribu, dia bisa menghasilkan keuntungan lebih dari dua juta dalam seminggu. Lumayan kan? Intinya gini sih Gansis, apapun yang bisa dibikin dan dijual, sikat aja deh. Contohnya akun IG @jadulkekinian yang ane follow. Dia bikin diorama bertemakan game-game retro, seperti Super Mario Bros atau Donkey Kong.


Masak Memasak

Nah, kalo ini udah pasti laku deh Gansis. Urusan perut mah apalagi pas lagi isolasi massal gini, pasti bakal laku berat. Tapi gimana Gan kalo ane nggak bisa masak Gan? Jangan putus asa Gan. Ane juga ga bisa masak. Kita bisa memanfaatkan orang tua, saudara, atau tetangga kita yang bisa masak. Kita yang masarin dan jualin. Cucok kan?


Ini dilakukan oleh kembaran ane yang bekerja sebagai ibu rumah tangga. Karena masakan emak ane enak-enak, jadi dia jualin masakan emak ane ke temen-temennya. Mulai dari singkong thailand, kue-kue buat arisan, sampe ceker mercon dijualin sama dia. Keuntungannya? Bisa nambah-nambah belanja bulanan. Bahkan ipar ane yang bantu jualin masakan mertua, sampe bisa beli kulkas dari jualan asinan dan keripik kentang.

Oh iya, kekurangan di bisnis ini, nggak bisa se-Indonesia. Palingan cuma sekitaran daerah yang masih kejangkau ojek online. Pinter-pinternya kita nawarin ke temen-temen aja dan jangan malu. Dah itu aja.

Kerjaan Online

Kalo ini cuma dibutuhkan internet yang bagus di rumah kita. Banyak kerjaan yang bisa dilakukan meski di rumah aja. Contohnya kayak jadi admin media sosial sebuah produk atau ya nulis di sebuah media online. Seperti Kaskus Kreator misalnya. Untuk penghasilannya gimana Gan? Yaaa kalo Gansis mau jadi kreator yaa main banyaknya artikel aja. Kalo jadi admin medsos, tergantung si kliennya.


Selain itu, jadi artis-artis live gitu juga menggiurkan, kalau jumlah penonton kita banyak. Bayarannya jutaan karena dibayar dengan dollar. Kalo ini sih, modalnya pede, link pertemanan yang banyak sama kuota internet yang melimpah. Bisa?

Ya pokoknya Gansis, jaman sekarang mah apapun bisa kita lakukan dan menghasilkan uang walaupun cuma #Dirumahaja. Asalkan kita open minded sama hal-hal baru dan nggak malu-maluin. Gimana nih Gansis, dari ketiga ide di atas, yang mana yang bisa Agan dan Sista lakuin saat #Dirumahaja? Yuk share di sini mungkin ada ide-ide kerjaan yang lain. Monggo!






Diubah oleh abbecede 17-03-2020 04:12
sebelahblog
infinitesoul
tien212700
tien212700 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.9K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan