ravensdale
TS
ravensdale
Misteri Dentuman, Petir di Gunung Salak? Sonic Boom? Atau Asteroid Melewati Bumi?
Mengenai suara dentuman yang terdengar di Jakarta dan Depok pada beberapa hari sebelum ini masih belum terpecahkan gan.

Saya sendiri kemarin malam memang merasakan dentuman itu. Suara dentuman itu seperti layaknya suara tembakkan dari jarak yang cukup jauh.

Atau agan bisa cek video berikut yang berhasil terekam kamera yang lumayan jelas.

Quote:



Beberapa penelitian menduga berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Namun anggapan ini dibantah Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG). PVMBG menyebut dentuman misterius ini bukan dari erupsi Gunung Anak Krakatau.




***


Petir di Gunung Salak? 



"Petugas pos pengamatan gunung api di sana seperti biasa memasukkan laporan umum keadaan cuaca sekitar pos. Dilaporkan cuaca cerah, tidak hujan namun mendengar suara dentuman petir, berarti dari sebelahan wilayah pos, karena kalau di dekat pos mungkin cuaca tidak cerah. Jadi tidak ada laporan spesifik itu dari Gunung Salak," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api dari (PVMBG) Kementerian ESDM Hendra Gunawan saat dihubungi oleh tim detiknews, Minggu (12/4/2020). 

Sonic Boom?






Beberapa nitizen beranggapan suara dentuman itu berasal dar Sonic Boom, apakah benar?

Sonic Boom terjadi ketika pesawat jet terbang dengan kecepatan melebihi kecepatan suara. TNI AU memastikan tak ada pesawat tempur yang beroperasi pada dini hari tadi.

"Tidak ada pesawat tempur TNI AU yang beroperasi di Jakarta saat ini. Semuanya berada di pangkalan mereka masing-masing," kata Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris saat dimintai konfirmasi, Sabtu (11/4/2020).




Asteroid Melewati Bumi? 






Kini, ada lagi yang mengaitkan dentuman dengan asteroid yang melintasi bumi. Kabar tersebut beredar di WhatsApp.

"Terjawab sudah, yg dengar atau merasakan dentuman suara bagai bom nuklir di atas langit Jkt sltn,depok, bogor, lt agung BSD tangerang dsk.. ternyata ini sdh diingatkan oleh NASA. Jadi tdk ada hubungannya dg letusan AnakKrakatau," tulis pesan itu.

Namun Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mementahkan kabar tersebut. Menurut Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, tidaklah logis jika dentuman suara yang terjadi akibat asteroid.

"Asteroid yang lewat jaraknya sangat jauh, lebih jauh dari jarak bumi-bulan. Kemarin tidak ada asteroid jatuh di Indonesia. Jadi tidak ada kaitan suara dentuman dengan asteroid," ujar Thomas "Berita yang mengaitkan suara dentuman dengan asteroid pasti hoax."

Thomas menegaskan bahwa pesan beredar terkait asteroid dan dentuman merupakan kabar tidak benar. 

***

Kira-kira menurut agan, dentuman misterius yang terjadi di Jakarta - Depok itu apa ya gan? emoticon-Sorry



Diubah oleh ravensdale 12-04-2020 08:37
sebelahbloginfinitesoulnona212
nona212 dan 24 lainnya memberi reputasi
21
8.6K
105
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan