miftahuljannah.Avatar border
TS
miftahuljannah.
Ma'ruf Amin Sebut ODP Corona Haram Berjemaah di Masjid


Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan pasien berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) virus vorona haram menghadiri acara atau kegiatan yang sifatnya dihadiri banyak jemaah di masjid.

Ma'ruf menyatakan pasien berstatus ODP sangat berbahaya sebab berpotensi besar menularkan virus corona ke jamaah yang lainnya.

Lihat jugaemoticon-Big GrinMI Imbau Warga Jakarta Tak Salat Jumat demi Cegah Corona
"Kalau orang itu berpotensi seperti ODP itu sebaiknya memang tidak menghadiri acara-acara berjemaah, tarawih. Karena kalau dia itu pasti akan menularkan kepada orang lain. Bukan saja tak boleh menghadiri tempat berjemaah, tetapi dilarang bahkan diharamkan. Sebab membahayakan," kata Ma'ruf dalam keterangan resmi yang dirilis Setwapres.

Ma'ruf mengungkap ada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan orang sakit dilarang untuk berjemaah di masjid.

Ia mencontohkan muslim yang terkena diare. Muslim itu dilarang beribadah di masjid karena berpotensi mengotori masjid dan menjadi najis.

"Karena Kalau dia datang ke masjid terus buang-buang air di masjid dan masjidnya jadi najis, kan menyebarkan najis, maka diharamkan. Itu baru kotoran saja yang bisa sebabkan najis," kata dia.

Atas dasar itu Ma'ruf pun berpesan kepada pasien berstatus ODP sebaiknya tak menghadiri keramaian. Salah satunya tak menghindari kegiatan berjemaah saat Ramadan, April 2020 mendatang.

Menurutnya pasien ODP paling berbahaya ketimbang Pasien Dalam Perawatan (PDP) dan pasien positif virus corona. Sebab, ODP belum mengetahui apakah sudah terpapar virus atau belum.

Ketidaktahuan tersebut, kata Ma'ruf, membuat potensi penularan virus corona oleh ODP ke masyarakat lebih rentan ketimbang pasien lainnya.

Selain itu, Ma'ruf turut mengimbau masyarakat prioritas menjaga diri ketimbang memutuskan mudik ke kampung halamannya saat libur lebaran.

"Menurut saya saat ini menjaga diri itu lebih dianjurkan, silaturahim itu baik tapi menjaga diri jangan sampai berbuat sesuatu yang merugikan itu lebih baik," kata Ma'ruf.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...maah-di-masjid

Bagi MUI corona lebih berbahaya daripada komunis. Saya setuju jika seluruh rakyat Indonesia berhenti makan dan minum untuk menjaga menularnya virus cina. Kalau ULAMA sdh takut mati oleh corona , siapa lagi yg siap mati membela AGAMA ???
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.5K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan