n4z1Avatar border
TS
n4z1
Cegah Corona, Ini Kerumunan Massa yang Bakal Dibubarkan Polri


Cegah Corona, Ini Kerumunan Massa yang Bakal Dibubarkan Polri
[center]
Merdeka.com - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan kriteria perkumpulan massa yang dapat dibubarkan oleh aparat keamanan setelah imbauan secara persuasif dan humanis. Hal ini dilakukan demi memutus rantai penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia.

"Kriteria perkumpulan massa yang dapat dibubarkan oleh kepolisian setelah imbauan adalah ‎pertemuan sosial, budaya, keagamaan, dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan, serta kegiatan yang sejenis," kata Brigjen Argo saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Kegiatan kerumunan massa, seperti konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran, hingga resepsi keluarga, kata dia, juga bakal dibubarkan. Hal itu termasuk pula kegiatan olahraga, kesenian dan jasa hiburan, unjuk rasa, pawai, karnaval, serta kegiatan lainnya yang mengumpulkan massa.

Pembubaran kerumunan massa mengacu pada Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Covid-19.

Pemerintah telah mengimbau masyarakat bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, serta menjaga jarak fisik dan menjaga pola hidup bersih dan sehat. Imbauan ini menyusul penyebaran penularan Covid-19 yang meningkat di Indonesia. (mdk/eko)
sumber

***********
Jadi jelas ya. Nah, kasih tau deh ke keluarga, teman, saudara, atau siapa aja yang berniat mau ngadain acara kumpul-kumpul. Mulai sekarang ngobrol di WA, line, atau sosmed aja.

Yang mau demo-demo gak jelas, plis deh. Ditunda dulu. Tar aja kalau urusan wabah udah selesai baru deh demo lagi. Toh habis wabah ini selesai, UU berserikat dan berkumpul masih tetap ada koq. Gak lantas hilang begitu aja.

Yang mau hajatan, misalkan sunatan. Sunat ya sunat aja. Gak perlu ngundang-ngundang. Kirim undangan, kasih catatan, uang hajatannya ditransfer aja. Toh kalau ngundang banyak orang juga gak akan balik lagi tuh kulit.

Yang mau ngadain resepsi pernikahan, batalin. Kalau gak bisa diundur, ya tele conference aja. Kalau masih nekat ya siapin masker satu orang satu, siapin bilik sanitizer, siapin hand sanitizer, siapin thermal scan gun, kasih tanda jarak 1 meter, gak ada cipika cipiki atau salaman, gak ada acara makan-makan atau minum-minum. Kalau mau pakai model drive thru aja atau take away. Kali aja kalau begini masih dibolehin sama pihak kepolisian.

Yang mau ngadain acara keagamaan misalkan Isra Mi'raj. Plis banget. Batalin aja. Bukan karena pemerintah Komunis nih. Maap maap aja. Urusan mati emang Allah yang nentuin. Tapi kalau elu mati akibat corona, sedih bro. Apalagi kalau elu kena corona gak tau dari mana dan akibat kebodohan elu sendiri, keras kepala. Kalau aja elu bisa ngeliat jasad elu sendiri, masa elu gak nangis. Nyesel juga percuma. Elu masuk rumah sakit, tiiiiiiiiiit, grafik di layar alat denyut jantung lu cuma garis lurus. Jasad lu gak boleh dibawa pulang dulu. Lu dimandiin disana, dibungkus plastik, diisolasi, dibungkus plastik lagi, diisolasi lagi. Engap banget dah. Udah kayak mau kirim paket. Cuma yang ini gak pakai buble wrap atau styrofoam aja bedanya. Terus elu dimasukin ke peti. Dibawa ambulance peti gak boleh dibuka. Masuk liang kubur gak boleh banyak orang kumpul.

Masih mending kalau para dokter atau perawat meninggal karena corona itu punya amal baik dulu karena mereka berjuang mati-matian buat nyelametin hidup orang lain. Nah kalau elu mati gara-gara maksa kumpul dengan alasan aqidah, bukan cuma dokter atau perawat atau petugas kamar mayat yang repot. Semua ikut repot. Keluarga lu juga repot. Udah hidup ngerepotin pemerintah karena ngelawan anjuran pemerintah, lu mati masih ngerepotin aja. Masa kalau mati ngerepotin orang lain lu masuk surga? Ya kagak lah.

Buat anggota-anggota Ormas yang biasa bikin bazaar-bazaar yang nutup jalan seenaknya, nah rasain dah lu kering pendaringan elu. Lu minta dah sama pimpinan elu yang selama ini dapet setoran dari jatah parkir atau jaga tanah kosong. Lu maksa bikin bazaar, dioyak-oyak dah lapak lu nanti.

Udeh... Dirumah aja.
Main remi, karambol, atau mainin bini bagi yang punya bini.
Atau kalau bosen, ya yang Islam buka-buka dah Al-Qur'an. Yang Kristen atau Katholik buka-buka Al-Kitab atau Injil.
Yang tetap harus kerja diluar, tetap jaga protokol kesehatan. Jaga jarak satu sama lain.
Lu semua masih mending disini polisinya masih baik. Kalau di India, lu udah disabetin kayu dah kalau ngeyel. Sakitnya gak seberapa. Malunya itu yang gak ketulungan.

Ok ya. Nurut dah sama pemerintah dan pihak berwajib.

**** Jangan Ada Yang Kasih Cendol Ye! ****





*HAPUS SPOILER
Diubah oleh gembaladomba13 26-03-2020 10:18
4iinch
entop
tien212700
tien212700 dan 71 lainnya memberi reputasi
-46
11K
174
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan