kaum.milenial
TS
kaum.milenial
Lockdown Bisa Selamatkan Rupiah dari Keterpurukan


Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) terus bergerak melemah selama masa pandemi virus Corona Covid-19. Pada penutupan perdagangan Senin kemarin, rupiah ditutup 16.575 per dolar AS dari 15.975 per dolar AS pada sesi pembukaan.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai, bukan tak mungkin rupiah dalam waktu dekat bisa menyentuh angka 17.000 per dolar AS. Menangkal potensi buruk tersebut, ia menyarankan pemerintah melakukan lockdown di sejumlah wilayah yang merah akibat virus Corona.

"Mengisolasi wilayah yang benar-benar terjangkit wabah virus Corona. Ada kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah, stimulus untuk kesehatan digelontorkan," imbuh dia melalui pesan tertulis, Selasa (24/3/2020).

Ibrahim menganggap, keterpurukan rupiah ini salah satunya disebabkan oleh sikap pemerintah yang telat dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid-19.
Oleh karenanya, lockdown dirasanya merupakan langkah terbaik untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia secara jangka panjang.

"Perlu (lockdown). Secara jangka pendek memang menghancurkan ekonomi, tapi secara jangka panjang bagus untuk ekonomi," seru dia.

Dia pun tak mengelak jika pasar keuangan termasuk rupiah akan kaget melihat sikap pemerintah yang menutup diri secara tiba-tiba. Namun, situasi itu disebutnya hanya sementara saja.
"Kalau panik pasti ada saat lockdown, tapi seterusnya akan biasa saja," ujar Ibrahim.


sumur
anasabilasebelahblog4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.6K
31
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan