hannyhariniAvatar border
TS
hannyharini
Travian, Game Jadul yang Masih Mempesona




Sumber: Travian.com/id

Agan-agan yang lahir di tahun 1990an mungkin pernah mendengar tentang Travian. Yes, browser game tua jadul yang sudah ada sejak awal tahun 2000an. Di game ini, agansis bisa memilih salah satu dari suku Romawi, Galia atau Teuton untuk dimainkan. Ternyata, game ini masih menarik perhatian ribuan pemain setiap kali server baru dibuka. Ane nggak main, cuma suami ane ikutan main di server terbaru, server TS4 yang dibuka 10 Maret lalu, di mana saat ini ada lebih dari 800 orang yang bermain. Menurut suami ane, dia pertama main Travian di tahun 2004 saat masih SMA, Tidak disangka di grup WA yang suami ane ikuti, banyak juga yang main dari 15-16 tahun yang lalu, dan kini sudah diakui sebagai pemain level dewa!


Statistik Pemain Travian Server TS4
Sumber: Travian TS4 Statistik Tab

Game ini bisa menjadi alternatif agansis untuk mengisi waktu di saat Corona melanda ini. Apa sih yang menjadikan game ini bertahan di tengah gempuran game-game baru? Let’s cekidot!

1. Game play yang simple

Permainan ini memberi kesempatan anda memilih salah satu suku Romawi, Galia atau Teuton. Setiap suku memiliki kelebihannya masih-masing yang menjadikan sensasi bermain game ini berbeda setiap kali agan membuat akun baru.

Romawi diberikan kelebihan dalam membangun 2 fasilitas di saat bersamaan. Kelebihan Romawi ini tidak terlalu terasa di awal permainan, namun saat agan sudah membuat desa kedua dan seterusnya, keuntungan ini menjadikan kecepatan agan membangun jauh lebih baik dari suku yang lain. Apalagi kalau agan bersedia “investasi” dengan membeli gold, yang memastikan suplai sumber daya pembangunan tersedia lancar. Di server ts4 ini, suami ane main pakai Romawi


Senator Suku Romawi
Sumber: Google

Suku Galia mempunyai pertahanan yang lebih kuat. Pasukan pertahanan Galia kuat dan murah. Selain itu Galia juga punya kapasitas celah (cranny) yang lebih besar dari suku lain. Jadi kalaupun desa agan diserang, agan bisa menyembunyikan lebih banyak barang-barang agar tidak tercuri. Yang paling menarik dari Galia adalah ahli perangkap. Dengan perangkap, sekuat apapun pasukan musuh yang datang, mereka tidak akan bisa menghindari perangkap yang dipasang. Di awal-awal server, ahli perangkap ini akan sangat membantu pertahanan desa agan, apalagi harga membuat perangkap juga sangat murah.


Chieftain Suku Galia
Sumber: Google

Suku terakhir, Teuton, adalah suku yang hidup dari penyerangan. Keuntungan terbesar dari memainkan suku Teuton adalah unit perang pertamanya yang sangat murah, dan fungsinya hanya untuk menyerang karena nilai pertahanannya yang sangat rendah. Main sebagai Teuton berarti agan harus siap menginvestasikan waktu agan untuk online, karena “penghasilan” utama Teuton bukan dari SDA yang dibangun, tapi dari hasil merampok desa dan oasis di sekitar agan.


Clubswinger Suku Teuton
Sumber: Google

Permainan ini tidak memiliki jurus-jurus yang rumit atau APM kecepatan tangan yang tinggi. Memainkan Travian hanya berarti agan harus menyiapkan waktu sekitar 5-10 menit setiap 2-3 jam untuk memeriksa progress pembangunan desa atau untuk memilih target serangan baru saat pasukan agan kembali dari merampok desa lain. Gampang kan?

2. Nggak butuh spesifikasi gawai yang tinggi

Travian adalah web-based game, atau yang kita kenal sebagai browser game. Agan tidak perlu install apapun untuk memainkan ini, cukup pakai browser yang sudah ada dalam gawai agan. Kalau agan memainkan dengan ponsel pintar, disarankan menggunakan Google Chrome karena ada Beta version baru yang lebih ingan dan cepat kalau menggunakan Chrome.

Henpon agan jadul? Tidak masalah! Intinya adalah, asalkan agan bisa browsing, maka agan sudah bisa memainkan game ini.

3. Sistem yang terus dikembangkan menjadi lebih baik


Bagi pemain game-game ini di masa awalnya dulu, mungkin masih ingat di kala itu, hero dibuat dari pasukan yang ada. Istilahnya hero itu adalah promosi dari pasukan, dan biasanya banyak yang menunda pembuatan hero sampai bisa mempunyai kavaleri, untuk memaksimalkan serangan dan pertahanan hero. Namun system ini berubah menjadi hero yang sejak awal sudah ada, dan bahkan hero bisa menambah produksi SDA dalam game.

Selain itu, sekarang ada system lelang yang membuat pemain semakin gencar menghabiskan uangnya untuk membeli gold. Keberadaan item dalam game membuat pemain ingin mempersenjatai heronya dengan item-item terbaik. Lalu ada juga perubahan grafik gambar yang dulu berbentuk kartun lucu, kini menjadi grafik prajurit yang heroic dengan penyajian yang menarik. Perkembangan system dan grafis in-game ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pemain game yang adiktif ini.


Art Travian dulu dan Sekarang
Sumber gambar: Google

4. Komunitas permainan yang besar dan massif


Bermain game Travian tanpa masuk ke aliansi rasanya seperti makan sayur tanpa garam. Dengan ribuan pemain aktif dalam game, pada umumnya di akhir permainan, akan ada World War di mana pemain setiap kuadran (kuadran dibagi 4: NE (North East), NW (North West), SE (South East) dan SW (South West) akan berjuang untuk kemenangan kuadrannya. Begitu agan masuk ke dalam aliansi, para pimpinan aliansi biasanya akan mengundang agan semua untuk gabung dalam grup aliansi masing-masing. Di sini agan akan bisa bertemu dengan para pemain senior yang siap membantu untuk pengembangan desa agan. Jangan salah, di satu kuadran akan ada banyak aliansi juga yang akan berjuang untuk supremasi dalam kuadrannya pada awal permainan. Jadi pastikan agan sudah siap dengan pasukan agan sejak awal permainan juga!

5. Kesempatan “bully” yang nggak menyakiti orang lain

Bully itu nggak boleh kalau dalam RL (Real Life) ya gan, tapi membully dalam game itu sudah menjadi menu wajib bagi para gamers kawakan. Di sini kesempatan agan untuk bully akun-akun yang sudah tidak aktif, atau akun aktif yang lebih lemah juga boleh emoticon-Ngakak

Tapi hati-hati gansis… kalau ternyata korban agan semua adalah anggota aliansi yang kuat, bisa jadi gansis malah yang hancur dhajar oleh teman-teman satu aliansinya, atau agan dijebak untuk menyerang, padahal di desa tujuan sudah ada ribuan pasukan bantuan yang “nongkrong” menghajar pasukan agan.

Sumber artikel: opini pribadi
Sumber gambar: google.com dan travian server 4
zafinsyurga
nona212
loliconv2
loliconv2 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
8.1K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan