kolollolokAvatar border
TS
kolollolok
SKATEBOARD … Begini awal mulanya olahraga ekstrim ini
    


     Hai hai semua, salam kenal dengan TS, ini pertama kalinya ane bikin thread karena sebelumnya ane cuma sebagai pembaca saja alias silent reader gitu hehehe, O’iya untuk awal ini ane mau bikin thread yang berhubungan dengan hobby ane dlu waktu masih muda, sekarang juga tetep muda sih Ahaaayyy ... pada saat itu ane sempat berpikir mau berkarier di bidang ini … namun sangat disayangkan hal itu tidak dapat terwujud karena mungkin emang rezeki ane ga di bidang ini, mungkin ane lebih cocok di air kali ya Ehehehhe … Ga usah panjang lebar deh, lebih baik langsung aja masuk ke intinya, Let’s Go … !!!

       




     SKATEBOARD, Siapa yang tidak kenal dengan permainan olahraga ekstrim ini semakin hari semakin banyak peminatnya walaupun permainan olahraga ini mengandung resiko yang sangat – sangat berat namun penggemarnya tak pernah berkurang malah cenderung kian bertambah. Lahir dan berkembang di daerah Califonia akibat dari keisengan para pemain – pemain surfing (Surfer). Karena pada saat itu keadaan alam sedang tidak bersahabat, ombak jelek sehingga tidak memungkinkan untuk bermain surfing.

 

            Para surfer tersebut berpikir bagaimana caranya agar tetap bisa menyalurkan hobinya walaupun dalam keadaan alam kurang bagus untuk surfing, awal terciptanya, papan skateboard ini berbentuk hampir mirip seperti otoped. Olahraga atau permainan ini juga sempat mengalami pasang surut, karena para surfer hanya menjadikan skateboard sebagai alternatif di kala cuaca kurang bersahabat. Pada saat itu mereka menyebutnya ”Sidewalk Surfing”bukan skateboard.

            

            Ketika cuaca kembali kurang bersahabat para surfer ini mulai kembali melirik permainan skateboard, namun kali ini mereka mencoba dengan menghilangkan stang serta menambahkan truck (besi penyanggah atau penghubung antara papan dan roda). Semenjak ini mereka pun mulai serius menggarap dan mulailah lahir banyak trick dalam permainan ketangkasan ini.

 

            Di tahun 1963 Larry Stevenson menerbitkan majalah surf guide, di dalam majalah tersebut juga terdapat serba serbi mengenai skateboard, di tahun yang sama pula dia membuat kompetisi skateboard pertama di Pier Avenue Junior School, Hermosa, California. Untuk memancing gairah dan promosi permainan olahraga ekstrim ini.

 



            Tahun 1967 permainan skateboard ini sempat jatuh atau anjlok di karenakan banyak produk abal – abal, produk skateboard abal – abal tersebut kurang mengutamakan keselamatan, dimana mereka menggunakan roda dengan berbahan keramik yang licin sehingga tidak bisa mencengkeram jalan, banyak para pemain skateboard yang cedera, karena faktor keselamatan ini pula industri skateboard pun semakin terpuruk, banyak perusahaan – perusahaan gulung tikar, skateboard pun ditinggalkan dan mengalami mati suri.

 

           Nama Frank Nasworthy patut di acungi jempol, berkat beliaulah industry skateboard kembali menggeliat melalui perusahaannya yang bernama Cadillac Wheels sekitar tahun 1970, ia menciptakan roda skateboard dengan bahan dasar urethane, bahan ini lebih aman serta dapat mencengkeram jalan, diiringi dengan kampanye dari perusahaannya pula, industri skateboard kembali bangkit.

                    

           Semakin hari permainan olahraga ini semakin berkembang, tahun 1978 menjadi tonggak bersejarah karena trick dasar dari permainan ini tercipta oleh Alan Gelfand yang kerap disapa Ollie, Trick ”Ollie” pula lah yang menjadi trick dasar dari seluruh permainan skateboard, berkat dirinyalah permainan ini semakin berkembang trick – tricknya, disusul dengan Rodney Mullen dengan penciptaan trick skill tinggi seperti Kickflip, Heelflip, 360 Flip dan masih banyak lagi trick “ajaib” hasil ciptaannya.

 

                                          

            Tak hanya trick, papan skateboard pun mengalami perubahan, mulai dari penggunaan bahan dasar, kayu maple dipilih karena tingkat kelenturannya, tahun 1980 Tim Puerta pendiri dari santa cruz skateboards mulai menambahkan design lengkung (concave), di Indonesia dikenal dengan sebutan papan ikan. Dan semakin berkembang pula bentuk papan skateboard denga mempunyai titik lengkung di depan (nose) dan di belakang (tail). 

 

            Sekian bahasan ane mengenai bagaimana awalnya permainan olahraga ekstrim ini yang lahir dari keisengan hingga menjadi besar dan dapat dijadikan sebagai mata pencaharian, walaupun masih banyak yang perlu di bahas terkait sejarah skateboard, mungkin ada agan dan sista yang punya hobby bermain skateboard dan mempunyai wawasan lain tentang skateboard, monggo di diskusikan di kolom komen … Sampai jumpa, Stay Safe dan tetap semangat !!!

23 Maret 2020

14.49 WIB


Sumber : 

1 23

 Gambar :





Diubah oleh kolollolok 23-03-2020 12:02
kumaniaks
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 19 lainnya memberi reputasi
20
7.2K
196
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan