iskrimAvatar border
TS
iskrim
Lockdown Tidak Sendiri, Ini Makna Nama Lain yang Mencakup Virus Corona
Kita memang berharap Indonesia segera terlepas dari serangan virus Corona sampai ke akar-akarnya. Bukan tanpa sebab, karena negara kita ini banyak memiliki pekerjaan yang bersifat tenaga lepas dan wirausaha tentu jika lockdown ini jadi di terapkan di Indoensia akan sangat mengganggu perputaran bisnis mereka dan imbasnya tentu ke kehidupan kita juga.



minews

Pun, pihak swasta demikian, ibaratnya kalau tidak kerja, dapur bisa-bisa nggak ngebul. Tidak bekerja usaha bisa mandek, usaha bisa macet, tagihan sana-sini bisa menunggak dan mengganggu kinerja usaha dan hubungan harmonis keluarga kita.


Istilah Lockdown, kini menjadi kata yang sering kita dengar ketika virus Corona hadir di kehidupan kita saat ini. Tapi tahukah kamu istilah Lockdown itu apa? Dan ternyata bukan hanya ada istilah Lockdown, gan, ada istilah lain yang bisa kamu ketahui, simak berikut ini, ya...


Lockdown

Dari namanya kita tentu sudah tahu kalau nama ini diambil dari bahasa Inggris yang artinya "Terkunci". Tentu saja isitilah ini menjadi alergi bagi masyarakat Indonesia jika penetapan Lockdown ini benar-benar di tetapkan oleh pemerintah. Jika Lockdown di tetapkan maka kehidupan sosial dan ruang gerak hidup kita akan sangat di batasi.

Tentu akan sangat membosankan tinggal di rumah berlama-lama tanpa melakukan aktifitas seperti biasanya, ya, meski ini demi kebaikan bersama untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona menyebar atau menular ke orang lain sebaiknya memang kita mentaati keputusan pemerintah. Namun yang di khawatirkan dampak dari penetapan Lockdown ini harga-harga sembako, arus keuangan, dan ibadah kita jadi terganggu.



Work From Home (WFH)

Ya, ini cara ke dua yang sedang di tetapkan oleh pemerintah kita. Meski ada perusahaan terutama perusahaan swasta yang belum mendukung kebijakan ini tapi sebagian besar instansi pemerintah dan pendidikan sudah mulai melakukannya. Bekerja secara remote di rumah yang terus terhubung melalui media internet memang membatasi manusia pergi keluar rumahnya dan ini meminimalisir virus Corona menyebar lebih jauh.



cnnindonesia


Imported Case dan Local Transmisson

Adalah istilah dimana seseorang dinyatakan positif terkena virus Corona, dimana awalnya si korban melapor diri atau terbukti hasil dari pemeriksaan medis telah positif terkena virus Corona dimana si korban tertular dari lokasi lain seperti baru habis pergi dari luar negeri atau dari luar kota yang jauh dari dia bertempat tinggal.


Epidemi dan Pandemi

Sebagaimana artinya Epidemi di istilahkan sebagai penyebaran penyakit yang jumlahnya massive, luar biasa, dan berkesan tidak normal. Kasus epidemi bisa di temui dengan ciri-ciri penyakit tersebut menyebar pada suatu wilayah namun dalam jumlah yang banyak tapi dalam skala/ lingkup yang kecil.

Pandemi adalah kebalikan dari Epidemi yakni penyebarannya sudah hampir di seluruh permukaan dunia bahkan secara global. Dampak negatif dari penyakit yang bersifat Pandemi ini lebih tinggi efek negatifnya dan merata di beberapa negeri seperti misalnya virus Corona ini.


katadata


ODP, PDP, dan Suspect Corona

ODP,Orang Dalam Pemantauan, adalah istilah yang ditujukan bagi seseorang yang sedang dalam pengawasan. Seseorang ini dianggap ODP setelah pulang dari negara lain yang menjadi negara yang terkena virus Corona. Siapapun bisa berstatus ODP jika pernah berkontak langsung dengan pasien positif Corona tapi belum menunjukkan gejala bercirikan sakit Corona.

PDP, adalah kependekan dari Pasien Dalam Pengawasan, dimana seseorang ini sudah terindetifikasi memiliki tanda-tanda positif terkena virus Corona dan sudah menjadi pasien tenaga medis dengan hasil menunjukkan gejala sakit demam tinggi di atas 38 derajat Celcius, batuk pilek, dan sesak nafas Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), pnumonia atau infeksi paru-paru ringan sampai berat.

Suspect Corona, Adalah mereka yang sudah di duga kuat terjangkit virus Corona ini dengan secara jelas gejala terserang vrius Corona dan pernah melakukan kontak secara personal dengan pasien positif Corona yang lain.

opini dan diolah dari sumur: sumur 1 sumur 2
Diubah oleh iskrim 19-03-2020 10:17
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 4 lainnya memberi reputasi
5
893
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan