iminimin7719
TS
iminimin7719
Sebut Virus Corona dengan Istilah 'Chinese Virus', Donald Trump Dianggap Rasis

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali menjadi sorotan publik. Presiden yang memang terkenal kontroversial ini, mengeluarkan kata-kata sensitif saat berpidato di Gedung Putih pada hari Kamis (19 Maret 2020).

Dalam pidato tentang Corona itu Presiden Trump sempat menyebut virus corona dengan istilah 'Chinese Virus' atau Virus Cina secara berulang kali.

Penyebutan istilah tersebut jauh berbeda dari anjuran WHO yang telah memberikan nama COVID-19 untuk penyebutan virus corona itu sendiri.

Sontak saja Donald Trump langsung mendapat serbuan pertanyaan dari para wartawan yang hadir di Gedung Putih. Pasalnya, pernyataan Donald Trump tentang Virus Cina itu dianggap rasis dan seperti memberi stigma buruk terhadap etnis tertentu.



Namun Trump menampik dan bersikukuh bahwa dirinya tidak bermaksud menyangkut pautkan Virus Corona dengan ras tertentu. Ia mengaku hanya ingin menyebut dengan lebih spesifik dan akurat, karena virus corona tersebut memang berasal dari negeri Cina.

Selanjutnya Trump mengatakan bahwa tidak ada orang yang harus disalahkan atas peristiwa tersebarnya virus corona ini.
Trump juga tidak menganggap Cina sebagai biang keladi dari wabah penyakit ini.

Banyak orang menganggap ungkapan Trump tentang virus corona itu agak berlebihan, seolah-olah ditunggangi oleh sentimen pribadi. Seharusnya Donald Trump lebih menjaga kata-katanya agar tidak menimbulkan ketegangan dan ketersinggungan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa sempat pula ada pemberitaan tentang diskriminasi terhadap warga keturunan Cina yang tinggal di Amerika Serikat. Ia mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari orang asli AS setelah wabah corona menyerang AS.

Perkataan Trump tentang virus Cina itu mungkin saja bisa menyakiti perasaan warga keturunan Cina di Amerika Serikat. Namun kembali lagi kepada pernyataan Donald Trump bahwa ia sama sekali tidak bermaksud rasis.

Sumber:
https://www.kompas.com/global/read/2...debat-wartawan
anasabila4iinchinfinitesoul
infinitesoul dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
9
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan