dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
[COC Regional : Makanan Tradisional] Gudeg Manggar Bikin Lidah Jadi 'Ambyar'
Gudeg manggar, makanan tradisional yang bikin lidah jadi ambyar


(ilustrasi: idntime.com)

Apa yang terlintas di benak Gansis bila ditanya tentang gudeg?
Makanan khas Jogja. Buah nangka. Manis.

Ya, benar sekali semua jawabannya. Gudeg makanan khas dari Jogja berbahan buah nangka muda atau gori yang dimasak sedemikian rupa dengan rasa manis dan gurih.

Apa Gansis, ada varian baru lho dari gudeg ini. Yang biasanya berbahan dari buah nangka muda atau gori, kini ada yang berbahan manggar. Karena gudeg ini berbahan manggar, maka dari itu di sebut gudeg manggar.

Manggar adalah bunga kelapa, tetapi yang bisa dimasak menjadi gudeg manggar hanya yang masih muda. Penasaran? Ini penampakan manggar untuk bahan baku gudeg manggar.


(ilustrasi: food.detik.com)

Jika ingin mencicipi gudeg manggar ini, Gansis bisa datang di Jogja. Ada banyak rumah makan yang menyajikan menu gudeg manggar. Salah satunya resto yang berada di Jalan Parangtritis km 11, 5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

Lokasinya yang cukup strategis karena berada tepat di pinggir jalan raya. Hanya melewati dua lampu merah/traffic light bila dari Pantai Parangtritis. Jadi setelah Gansis berpuas-puas diri menikmati ke-eksotisan Pantai Parangtritis, Gansis bisa langsung cuuuz ke resto ini.


(ilustrasi: dokumen pribadi)

Masalah harga Gansis tak usah kawatir, hanya berkisar 20-30 ribu rupiah Gansis bisa menikmati seporsi gudeg manggar, telur pindang, tahu/tempe bacem, areh, sambel krecek. Atau juga bisa ditambahkan dengan ayam bacem, ati ampela dll tergantung selera dan isi kantong kalian. Ane jamin, gudeg manggar bikin lidah Gansis jadi 'ambyar'.

Jika Gansis pingin masak sendiri berikut resepsi. Untuk bahan baku manggar bisa dibeli di pasar atau metik sendiri bagi yang punya pohon kelapa. Jangan pohon kelapa milik tetangga ya, kalau belum minta ijin.

Quote:


Paling mudah sih beli dari pada masak, menurut Ane, sih. Sekian tread dari Ane, semoga bermanfaat.
*Sumber tulisan: opini pribadi dengan referensi ini dan itu
sebutik.online
anvalz
tien212700
tien212700 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
1.5K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan