adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Hidup Ini Bukanlah Sebuah Ajang Balapan
Hidup Ini Bukanlah Sebuah Ajang Balapan


"Ah lu kalah noh ama si A, dia aja udah nikah. Masa lu kagak laku - laku? hahaha"

"Si Widy udah sukses sekarang, kerjaan bagus, punya mobil mewah. Lu kapan? Masak dari dulu kagak ada perubahan?"


Sudah sering kita dengar perkataan orang lain yang sangat suka membandingkan kehidupan satu temannya dengan temannya yang lain. Entah apa maksudnya, bisa jadi ingin menghina, membuat mental seseorang downatau mungkin menyemangati? Di balik apa alasan mereka suka menanyakan hal itu, yang jelas orang - orang semacam ini adalah individu yang berpikir bahwa hidup adalah sebuah ajang balapan, dimana yang tercepat adalah pemenangnya.

Agan dan Sista setuju nggak sih dengan prinsip siapa yang paling dulu meraih suatu pencapaian hidup (seperti lulus kuliah, kerja mapan, menikah dan punya harta) adalah yang jadi pemenang?

Ane sebagai TS merasa kurang setuju sih. Coba deh bayangin, kalau yang tercepat adalah yang menang! Berarti anak - anak yang menikah dini misalkan 17 tahun karena "kecelakaan" bisa dianggap menang dong? Terus yang bisa mendapatkan pencapaian hidup (urusan harta) dalam waktu tersingkat adalah winner, nah gimana sama orang - orang yang dari lahir sudah mendapatkan semuanya karena orang tuanya kaya? Mereka menang dari lahir gitu? Kemudian urusan gelar pendidikan, kalau yang paling awal mendapatkannya dianggap menang daripada yang lain, maka orang yang sudah berusia lanjut dan baru bisa kuliah dianggap kalah gitu?



Bagaimana dengan Ibu Susi Pudjiastuti, Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan yang semula hanya lulusan SMP kemudian baru bisa mendapatkan gelar pendidikan tinggi di tahun 2016, saat usianya sudah tidak muda lagi? Apakah juga itu berarti Beliau kalah dalam kehidupan ini? It's Big No!

Hidup setiap orang sangatlah berbeda - beda, terutama urusan waktunya. Bukan perkara siapa yang lebih dahulu mencapai sesuatu, melainkan siapa yang bisa menjadi lebih baik dari dirinya sendiri dari waktu ke waktu. Hidup tidak didesain untuk berlomba dan berpacu sekencang - kencangnya dengan orang lain, tetapi dengan diri kita sendiri. Pertanyaan yang sesungguhnya bisa menjawab apakah agan dan sista telah menjadi pemenang dalam kehidupan ini adalah "Apakah aku yang sekarang sudah lebih baik dan banyak berkembang daripada aku yang dulu?"

Kalau Agan sudah merasa banyak perubahan baik dari diri Agan, itu artinya Agan sudah selangkah lebih dekat pada kemenangan hidup yang sesungguhnya. Bukan kemenangan semu seperti yang orang - orang di luar sana katakan. Urusan pencapaian hidup yang mungkin beberapa dari kita belum mampu raih, tenang! Semua ada waktunya, waktu mereka dan waktu kita tidaklah sama. Tetaplah berusaha berkembang dan meraih harapan semampu kita tanpa peduli seburuk apa orang lain menilai kita.

{thread_title}



Ane pamit, semoga thread singkat ini bisa menyemangati kalian semua yang sedang merasakan tekanan akibat dorongan orang sekitar yang menekan kalian agar sukses secepat cepatnya. Oh ya, silahkan kunjungi halaman profilyang berisi kumpulan thread - thread ane jika kalian ingin mendapatkan banyak bacaan yang membangun dan pas dibaca saat senggang. Jangan lupa komentar di bawah untuk berbagi perspektif kalian tentang hal ini.



Sumber referensi:
1.Susi Pudjiastuti
2.It's about life
Diubah oleh adnanami 24-12-2020 23:42
Gimi96
NadarNadz
iwakendog
iwakendog dan 31 lainnya memberi reputasi
32
9.5K
228
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan