TaraAnggara
TS
TaraAnggara
Sering Kebablasan Saat Berbelanja? Coba 4 Tips Berikut Ini! Wanita Wajib Baca!
Tips Agar Terhindar dari Perilaku Konsumtif
sumber gambar

Hai, hai, hai ... happy weekend Gansist, jumpa lagi dengan saya di trit yang Insya Allah bermanfaat buat kita semua. Ngomong-ngomong soal weekend, apa sih yang biasa kalian lakukan untuk mengisi waktu libur?

Cuma duduk santai di rumah, pergi ke tempat wisata bersama keluarga, atau pergi berbelanja?

Nah, buat kalian yang mau pergi berbelanja ada baiknya baca deh trit ini sampai selesai karena saya akan membagikan tips agar tidak kebablasan saat berbelanja. Entah itu belanja di pasar, Mall, atau pusat-pusat perbelanjaan lainnya.

Wanita wajib baca nih, karena perilaku seperti ini biasanya sering dialami oleh kaum hawa. Ya iyalah, secara belanja kan identik dengan wanita--meski tidak sedikit cowok yang hobi belanja juga sih. Tapi tetep, wanita lebih mendominasi. hayo ngaku, iya apa iya?


Sebelumnya saya ingin menjelaskan, kebablasan yang saya maksud di sini adalah membeli barang-barang yang sama sekali tidak direncanakan dari rumah tapi begitu sampai tempat yang dituju malah khilaf kebeli, dan biasanya barang-barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Biasalah mata nggak boleh liat barang bagus dikit langsung tergoda, padahal barang-barang tersebut sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.


Baiklah nggak usah lama-lama, langsung saja kita simak apa saja Tips Agar Tidak Kebablasan Saat Berbelanja?

1. Catat Barang-Barang yang Akan Dibeli Beserta Perkiraan Harganya Pada Selembar Kertas


Saat sudah ada niat untuk berbelanja, dari rumah kalian tentu sudah punya rencana dong barang apa saja yang akan dibeli. Ya kali, niat belanja tapi nggak tahu apa yang mau dibeli. Itu sih bukan niat belanja, tapi jalan-jalan.

Tips pertama agar tidak kebablasan membeli barang yang tidak dibutuhkan adalah catatlah barang-barang tersebut pada selembar kertas beserta perkiraan harganya. Entah itu kebutuhan dapur, peralatan sekolah maupun baju jika memang kalian hendak membelinya.


Untuk barang-barang yang sudah biasa dibeli kalian tentu sudah tahu berapa harganya. Kalau yang belum tahu? Gampang, tanya aja sama mbah Google. Hari gini gitu, semua informasi bisa kita dapatkan dengan mudah hanya bermodalkan handphone dan quota.

Untuk perkiraan harganya lebih baik tulis sedikit lebih mahal dari yang kalian ketahui, hal ini untuk mengantisipasi siapa tahu ada kenaikan harga. Kan nggak lucu kalau pas mau bayar tiba-tiba uang kurang, hehehe.


Catatlah barang-barang dengan urutan barang yang paling penting dan dibutuhkan berada di bagian atas, agar saat dana yang dimiliki tidak mencukupi kalian bisa melewatkan barang yang tidak terlalu atau belum dibutuhkan dan membelinya di lain waktu.


Setelah semua barang yang hendak dibeli beserta daftar harganya tertulis, hitunglah berapa uang yang dibutuhkan untuk membeli semua keperluan yang hendak kalian beli. Tujuannya agar kalian tahu berapa uang yang harus kalian bawa untuk berbelanja.

Note: Jika kalian takut lupa barang apa saja yang hendak dibeli, bawalah kertas berisi list belanjaan yang sudah kalian tulis saat berbelanja.



2. Bawa Uang Secukupnya, tapi Tetap Sediakan Uang Cadangan

Tips kedua bawalah uang secukupnya sesuai dengan jumlah yang kalian hitung sebelumnya, mengikuti tips pertama. Buat kalian yang pakai transportasi umum jangan lupa hitung pula biaya yang dibutuhkan untuk membayar kendaraan yang kalian tumpangi, jangan sampai pulang jalan kaki gegara kehabisan uangemoticon-Ngakak

Note: Bawalah uang cadangan untuk berjaga-jaga jika kalian membutuhkan, tapi nggak usah banyak-banyak.


3. Pisahkan Uang Belanja dan Uang Cadangan

Tips selanjutnya adalah jangan taruh uang untuk belanja dengan uang cadangan di satu tempat. Lagi-lagi biar mata nggak khilaf, dikiranya uang masih banyak main borong aja.

Untuk uang cadangan bisa ditaruh di dalam dompet, namun pada bagian yang terpisah. Kalau saya sendiri sih biasa meletakkannya di tas. Biar nggak kelihat gitu, jadi tuh uang nggak melambai-lambai minta dibelanjain😁.

4. Komitmen

Langkah terakhir adalah komitmen, karena tips apapun itu tentu membutuhkan komitmen untuk menjalankannya. Entah itu tips diet, tips agar tubuh tetap sehat dan lainnya.

Begitu juga di tips ini. Jangan sampai setelah kalian berhasil menjalankan ketiga tips di atas, eh pas perjalanan pulang liat mesin ATM kalian mampir gesek. Habis itu balik lagi ke tempat belanja buat beli barang yang kalian mau, kan jadi sia-sia.


Itu dia 4 tips agar tidak kebablasan saat berbelanja dari saya. Semua tips di atas ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, dan Alhamduillah berhasil.

Sebagai mahluk hidup kita memang mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi dengan berbelanja, kebutuhan dan kemampuan antar orang satu dan lainnya sendiri tentu berbeda-beda. Semakin tinggi tingkat kemampuan seseorang, biasanya akan semakin tinggi pula kebutuhannya.


Saran dari saya belanjalah secukupnya sesuai kebutuhan dan kemampuan.
Hindari perilaku konsumtif saat hendak membeli apapun itu.


Sekian trit kali ini, sampai jumpa di trit-trit selanjutnya.


Quote:




Tara Anggara, 15 Maret 2020

Sumber : opini pribadi
Diubah oleh TaraAnggara 15-03-2020 01:06
081364246972Cahayahalimahtien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
2.1K
75
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan