VitaArkanaAvatar border
TS
VitaArkana
[COC Regional : tempat wisata] Goa Pawon-Stone Garden, wisata Batuan Purba di Bandung
Goa Pawon dan Stone Garden, bukti batuan purba ada di Bandung Barat


Assalamualaikum Agan dan Sista, kembali VitaArkana datang merusuh di Regional Bandung tercinta. Seperti biasanya, ane datang dengan info seputar wisata di Bandung dan sekitarnya. Baik wisata budaya, seni, kuliner dan wisata alam. Surga aneka wisata itulah Bandung, si kota kembang yang semakin cantik.




Kembali kita sejenak melipir ke pinggiran Bandung. Menuju daerah bagian barat ada sebuah tempat wisata purba yang sangat bagus. Masuk kawasan Padalarang, tepatnya di desa gunung mas Sigit, kecamatan Cipatat kabupaten Bandung Barat. Ada sebuah goa purba yang berdiri diantara bukit batuan kapur yang membentang dari Cipatat sampai Padalarang.


Goa Pawon dan Stone Garden adalah dua tempat yang terjadi akibat adanya batuan purba. Kedua tempat ini letaknya bersebelahan, maka sangat tidak afdol jika hanya berkunjung ke salah satu tempat ini.


Pada goa Pawon kita dapat menemui sebuah cekungan atau goa purba yang didalamnya ada replika kerangka manusia purba yang diyakini sebagai nenek moyang orang Sunda. Disebut goa Pawon karena terdapat banyak lubang seperti jendela pada goa ini. Batuan yang ada pada tempat ini sama dengan pada stone garden yaitu batuan kapur purba.


Goa Pawon



Sumber : lalerijo.com


Sumber : travelingyuk.com



Jika kita berkunjung ke tempat ini, alangkah lebih baik jika dilakukan pada pagi hari atau jika mau sore sekalian. Kita dapat melihat sunrise ataupun sunset di tempat ini.

Saat berkunjung ke goa Pawon dan stone garden, Gansist usahakan memakai sepatu kets atau sepatu trekking ataupun semacam sandal gunung. Karena daerah ini dipenuhi bebatuan yang lumayan tajam untuk menghindari terpeleset. Bahkan jika Gansist hendak mendaki ke area stone garden, Gansist sangat disarankan memakai alas kaki tersebut untuk keamanan dan keselamatan.


Stone Garden



Sumber : Travelingyuk.com


Sumber : dokumen pribadi


Selain keindahan alam berupa batuan purba, di tempat ini Gansist bisa memakainya untuk swa foto atau foto Selfi. Tempatnya yang sangat eksotis membuatnya cantik sebagai spot foto.


Pada tempat ini, sering juga dipakai sebagai media penelitian untuk para ilmuwan. Meneliti bebatuan purba yang ada.


Untuk fasilitas yang ditawarkan di tempat ini, layanan umum seperti toilet sudah tersedia. Mushola untuk beribadah juga sudah ada. Tempat makan dan parkir pun sudah diperbarui. Bahkan di sekitaran goa Pawon ada sebuah camp yang suka dipakai buat kumpul-kumpul, Indiana Camp namanya.


Hanya saja, perlu dicermati jika berkunjung kemari, saking masih alaminya, kita bisa menemui banyak kawanan monyet liat di bagian atas goa Pawon ataupun stone garden. Perlu berhati-hati jika Gansist membawa makanan atau sesuatu yang menarik perhatian kawanan monyet tersebut.


Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan jika berkunjung ke tempat ini :


1. Siapkan stamina yang kuat karena unruk mencapai tempat ini membutuhkan extra tenaga
2. Bawa perbekalan air minum yang banyak, mengingat daerah ini panas
3. Jangan membawa barang bawaan terlalu banyak, karena akan membebani kita untuk naik ke atas
4. Hindari memakai barang yang menarik kawanan monyet
5. Siapkan diri menikmati keindahan alam karunia Tuhan yang sangat cantik.

Bagaimana Gansist, tertarik berkunjung ke tempat ini? Hanya sekitar 1,5 jam saja dari pusat kota Bandung. Setelah melewati Situ Ciburuy Padalarang sekitar 5 km dari situ, Gansist sudah lumayan dekat dengan lokasi. Untuk budget pun sangat minim, karena tiket masuk ke tempat ini masih sangat murah. Recommended untuk para backpacker.


Demikian thread dari ane, semoga bermanfaat dan menginspirasi Gansist semua.


Hatur Nuhun.


Penulis : VitaArkana
Sumber : Opini pribadi, sumber
Diubah oleh VitaArkana 12-03-2020 15:01
Riffat08
abellacitra
apollion
apollion dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.1K
11
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan