darmawati040
TS
darmawati040 
Konsumsi Ikan Buntal! Satu Keluarga Tewas Keracunan! Salah Mengolah Atau Bagaimana?
Spoiler for Instagram:



Assalamualaikum





Hay, hay, selamat sore, Agan-Sista tercinta. Jumpa lagi dengan ane, penulis yang masih jauh dari kata sempurna. Dan tidak akan pernah bisa menjadi sempurna. Hkhk šŸ˜… jadi curhat gini, ya.Maafkan emoticon-Sorry

Satu hari yang lalu ane menulis berita yang cukup menghibur untuk seluruh pembaca. Agan-Sista sudah pada mampir, belum? Jika belum, bolehlah, mampir di mari. Dijamin bisa membuat perasaan GanSist sedikit lebih baik dari sebelumnya.

Bila masih kurang menghibur, GanSist bisa kunjungi thread yang ini. Untuk thread yang kedua, ane rasa tidak hanya mampu menghibur, tetapi juga bikin GanSist guling-guling, deh!

Okey, untuk berita hari ini, ane akan menyampaikan kabar duka dari satu keluarga, GanSist. Duh, ane jadi sedih banget, nih. Bagaimana bisa satu keluarga mengalami hal kurang beruntung dalam satu waktu?

Kematian memang rahasia Tuhan. Kapan, di mana, dan karena apa, kita tidak akan bisa meramalnya lebih dulu. Yang jelas, kematian itu pasti datang menjemput. Tak kenal usia, tak kenal ras pun agama. Bahkan, boleh jadi tanpa sebab.

Ada yang sedang duduk santai lalu meninggal. Ada yang sedang tertawa, denyut nadinya tiba-tiba berhenti. Ada yang sedang bernyanyi, tubuhnya tiba-tiba tumbang. Ada kematian yang memang karena sakit, kecelakaan lalu lintas, dan sebagainya. Demikianlah datangnya sebuah kematian.

Seperti yang dialami oleh satu keluarga asal Banyuwangi Jawa Timur ini. Mereka diketahui mengonsumsi ikan buntal hasil dari memancing. Ikan tersebut dimasak santan juga digoreng. Namun, siapa sangka, setelah mengonsumsi ikan buntal, hasil memancingnya Muhlis Hartono, yang kemudian dimasak oleh istri dan mertuanya, ketiganya mengeluh sakit perut.

Berikut lengkapnya, GanSist.

Quote:



Ternyata tidak semua jenis ikan dapat dimakan, ya, GanSist. Sangat disayangkan, tiga nyawa melayang begitu saja haya karena mengonsumsi satu jenis ikan. Semoga kejadian ini dapat menjadi pelajaran untuk banyak orang, agar tidak memakan semua jenis ikan yang ditemuinya.

Di daerah ane, ikan buntal ini dikenal dengan nama De-bu, sangat jarang, dan bahkan hampir tidak ada yang berani memakan ikan tersebut. Karena memang, banyak yang bilang ikan ini beracun dan tidak bisa dikonsumsi.

Entah bagaimana keluarga Muhlis Hartono ini sampai nekat mengonsumsinya. Apakah karena tidak tahu atau memang ingin memakannya walau sudah tahu bahayanya?

Spoiler for Ikan Buntal:


Seperti itulah bentuk dan rupa ikan buntal. Jika dilihat-lihat, sangat ngeri untuk dimakan. Perutnya yang kembung membuat ane merasa ngeri sendiri. Ikan buntal ini sering ane lihat ketika melaut bersama kawan-kawan. Tapi, itu dulu. Dulu sekali, semasih duduk di bangku sekolah menengah pertama.

Ane pernah baca sebuah artikel yang membahas perihal ikan buntal. Ternyata, ikan buntal ini ada lebih dari 100 spesies. Ikan buntal sendiri termasuk dalam famili Tetraodontidae.Tidak memiliki sisik, namun ada beberapa yang memiliki duri.

Fakta lainnya, ikan buntal ini bisa hidup hingga mencapai panjang empat kaki atau sekitar 47 inci. Memiliki kemampuan menggembungkan diri tiga kali ukuran tubuh jika dalam keadaan terancam. Dan salah satu hewan paling beracun di dunia.

Akan tetapi, meski ikan ini beracun. Ternyata masih bisa dimakan, loh, GanSist. Ya, sebagaimana yang dijelaskan dalam berita di atas. Ikan buntal bisa dimakan, tapi cara memasak dan mengolahnya harus orang yang handal atau paham mengenai letak racun dalam ikan tersebut.

Jika sebelumnya tidak biasa dan belum pernah memasak ikan buntal, lebih baik tidak usah mencobanya, deh, GanSist. Resikonya bisa kehilagan nyawa seperti yang terjadi pada satu keluarga asal Banyuwangi di atas.

Untuk itu, jika ingin memakan ikan buntal, harus punya koki handal yang sudah paham bagaimana cara membersihkan dan mengeluarkan racun yang ada dalam ikan tersebut. Jangan asal potong, bersihkan, dan masak begitu saja, ya, GanSist. Bahaya! Bisa menyebabkan kematian.

Baiklah, sekian thread dari ane. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan serta wawasan untuk kita semua. Agar tidak asal mengonsumsi segala jenis ikan.

Untuk keluarga yang berduka, ane turut berbelasungkawa. Semoga amal ibadah para korban diterima di sisi-Nya. Aamiin.


Terima kasih sudah mampir dan membaca


Wassalam ...



Penulis: @darmawati040
Referensi: di sini


Bima, 13 Maret 2020
infinitesoulswiitdebbytien212700
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
16.5K
197
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan