yunda.meAvatar border
TS
yunda.me 
Kemenhub Meminta Produsen Ban Menurunkan Kualitas Ban Truk Indonesia, Ada Apa?


Assalamualaikum gan sis,

Tahes?


emoticon-Hai



Angkutan barang darat, bagi ane adalah salah satu tulang punggung dari jalur distribusi yang paling banyak dan cepat. Mulai dari sektor distibusi kecil hingga yang besar. Menjadikan angkutan barang darat menjadi suatu hal yang sangat penting, mengingat durasi waktu yang cepat.

Demi menekan harga yang terjangkau, terkadang para pelaku usaha distributor ataupun para produsen terkadang melebihkan muatan diatas ambang normal. Hasilnya? Para petugas dinas perhubungan ataupun polisi kerap kali menemukan kendaraan yang bermuatan lebih.



sumber pic



Nah, setelah ditelurusi nih gan sis, kira kira apa penyebab dari kehadiran Over Dimension Over Loading (ODOL)ini? Yup, tak lain dan tak salah lagi karena kelahiran sebuah Ban yang memiliki spesifikasi terkuat! Dan klaim dari produser ban itu sendiri adalah ban buatan Indonesia menjadi salah satu yang terkuat, bahkan menjadi yang paling kuat! Itu yang dikatakan oleh para asosiasi produsen ban serta sasis saat menggelar pertemuan dengan kemenhub.

emoticon-Matabelo



Jadi nih gan sis, Produksi ban yang dibuat dengan fondasi kuat itu nyatanya berdampak baik bagi kendaraan, yaitu bisa melindungi truk atau kendaraan lain yang kerap kelebihan muatan. Gak nyangka sih, dan kalo dipikir pikir, emang bener ya, ane terkadang kalo ada truk atau pun kendaraan yang mengangkut muatan buanyak banget, pasti bannya itu gak bakal bumpy kek lengkungan donat gitu, malah ane lihat banyak yang segar bugar, kecuali kalo sudah haus tuh ban tipis , sangat sangat menakutkan.

Pernah lihat?
emoticon-EEK!




sumber pic



Well, sekarang kita beralih ke sesi negatif dari kuatnya ban produksi kita, yaitu soal kerugian yang diderita oleh jalan tol ternyata nih gan sis, fakta lain dari kuatnya ban produksi kita menimbulkan badan usaha jalan tol merugi hingga 1 Triliyun karena proses pemeliharaan yang dilakukan menjadi lebih cepat daripada estimasi waktu yang telah diperhitungkan sebelumnya, seperti pemeliharaan yang biasa 3-5 tahunan, menjadi acara tahunan kek perayaan hari jadi sama pacar ente ye gan.

emoticon-Leh Uga


Nih ini kutipannya,

Spoiler for bb:


Dan akibatnya, badan usaha tol melakukan menyesuaikan tarif tol bagi semua kendaraan, so satu untuk semua gan sis. Mungkin ini ya salah salah satu penyebab seringnya naik tarif tol di beberapa ruas. Dan yang perlu diketahui, hal itu guna menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh pihak investor.
emoticon-EEK!


sumber pic



Tak hanya itu, akibat dari ODOLini, kendaraan angkutan barang pun dikenakan sanski, seperti yang paling seram adalah tidak bolehnya melintas di ruas sepanjang Tol Tanjung Priok sampai ke Bandung. Dan dari rencana kemenhub, zero ODOL ini akan diterapkan sepenuhnya pada 2023 atas dasar usulan kemenperin, tapi kemenhub tidak setuju dan akan tetap pada tahun 2022. So sekarang ini hanya pengawasan dan penindakan buat yang masih membandel, sudah kek noda baju aja.

Nih kutipannya,

Spoiler for bb:


Dan kita kembali lagi nih gan sis ke masalah ban terkuat sejagad, dari yang ane baca nih, kemenhub bersama kemenperin pun berencana me-request ulang ke para asosiasi produsen ban untuk mengurangi kekuatan dari ban yang diproduksinya guna melawan perimitaan dari para produsen kendaraan indsutri truk.

Kutipannya nih gan
Spoiler for bb:


emoticon-Takut



***

Ane rasa dalam penindakan sih sah sah aja toh memang menyalai aturan, namun jika mengurangi kualitas dari ban tersebut? ane rasa itu akan menjadi bom waktu ya, mengingat kadang masyarakat kita lupa soal keamanan, dan juga akan membahayakan pengguna lain jika terjadi suat hal yang membahayakan seperti dugaan pak Budi diatas.

Jadi menurut gan sis gimana nih?
Setujukah?

Sekian dulu trit dari ane, jangan lupa komennya.
--danke.--





Spoiler for Sumur:






Diubah oleh yunda.me 13-03-2020 07:53
alphajoe.
nona212
tien212700
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
41
33.1K
240
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan