ayaswordsAvatar border
TS
ayaswords
Sempat Hidup Terpuruk dan Putus Asa, Ini Perjalanan Webtoonist Yaongyi Menuju Sukses


Kalau ada satu wanita cantik, pintar, tangguh dan sangat berbakat yang paling saya kagumi saat ini, dia adalah Yaongyi (Author dari ‘The Secret of Angel’ di Line Webtoon).


Pic Source

Bagi GanSis yang suka baca Komik Digital Dengan Format Ponsel (Webcomic), sudah pasti tidak asing lagi dengan nama Yaongyi, Author yang paling terkenal di Line Webtoon. Bukan hanya di negara asalnya (Korea Selatan) dan di Indonesia, nama gadis cantik ini bahkan sudah tersohor di seluruh dunia.


Pic Source

Pasalnya, bukan hanya gambar-gambar fantastis saja yang bisa tercipta dari tangannya, namun ide cerita yang mengalir juga tak henti-hentinya membuat pembaca semakin penasaran.

Tetapi, dibalik sempurnanya paras, kesuksesan dan ketenaran dirinya saat ini, apakah GanSis tahu kalau Yaongyi sempat mengalami depresi dan masa-masa terpuruk hingga hampir putus asa?


Pic Source

Sepuluh tahun yang lalu, saat umurnya menginjak 20 tahun, Yaongyi hanyalah seorang gadis biasa. Ia menghabiskan hampir 20 jam dalam hidupnya untuk tidur dan diam dirumah. Tidak bekerja, tidak sekolah, tidak melakukan apapun. Depresi melandanya karena ia sempat gagal masuk ke Universitas yang dicita-citakannya—padahal semua orang di dalam hidupnya saat itu sudah yakin kalau ia akan sukses masuk kesana. Ia pun bekerja keras mengerahkan semua usahanya. Namun apa daya, takdir berkata lain.

Yaongyi memang mempunyai bakat yang luar biasa dalam bidang gambar dan animasi, oleh karena itu hanya jurusan tersebut yang diinginkannya di Universitas. Ia tidak punya plan B.

Hari-hari yang suram dan penuh keputus asaan dilewatinya dengan susah payah. Sampai akhirnya, kakak perempuan Yaongyi yang mengetahui keadaan adiknya berusaha sekuat tenaga membuat gadis itu bangkit kembali. Kakak perempuan Yaongyi sudah biasa mendidiknya dengan keras semenjak kecil, oleh karena itu hanya kata-katanya lah yang akhirnya di dengar.

Melihat bakat yang dimiliki adiknya, kakak perempuan Yaongyi menyuruhnya untuk mencoba membuat webtoon.


Pic Source

Line webtoon adalah platform dimana semua penggunanya bebas mengunggah karya mereka di dalam sebuah naungan bernama ‘Webtoon Kanvas’. Jika karyanya mengundang banyak pembaca dan menjadi Rising Star, ada kemungkinan besar bahwa karya tersebut bisa dilirik Editor dan diterbitkan di ‘Webtoon Official’. Jika sudah Official, maka Author dari Webtoon tersebut akan dikontrak dan mendapatkan penghasilan setiap bulan yang cukup besar dari karya yang dibuatnya.

Fakta ini menimbulkan harapan baru di hati Yaongyi. Ia pun bangkit dan mencoba melakukan saran dari kakaknya untuk membuat webtoon.


Pic Source

Baru saja semangat terpercik, kenyataan langsung memadamkan. Webtoon pertama yang diunggah Yaongyi berjudul ‘Everybody has Secrets’ meraih banyak perhatian dari pembaca, namun ternyata nasibnya tidak beruntung dan hanya berakhir di ‘Webtoon Kanvas’ saja.

Untungnya, semangat Yaongyi tidak ikut padam lagi. Ia memutar otak, mencari penghasilan kecil-kecilan dengan menjadi model produk baju yang dijual online. Karena parasnya yang menawan dan tubuhnya yang semampai, karirnya di modelling seketika melejit dan ia pun mendapatkan biaya untuk kuliah.


Pic Source

Semenjak melanjutkan kuliah, Yaongyi mengubur cita-citanya membuat komik dalam-dalam seiring tenggelam dalam kesibukannya.

Tak disangka-sangka, pada pertengahan usia 20 tahunnya, cita-cita itu muncul kembali. Dengan bermodal kemampuan yang sudah meningkat berkat ilmu dari perkuliahannya, ia nekat mencoba kembali peruntungan karir Webtoonnya. Kondisi keuangan Yaongyi saat itupun sudah mampu memfasilitasinya dengan alat-alat gambar digital yang canggih. Yaongyi masih kekeuh dengan cerita yang sudah dibuatnya 10 tahun lalu, yaitu tentang seseorang yang rupawan dan sempurna di mata orang-orang, padahal kondisi hidup sesungguhnya berbanding terbalik dari kelihatannya. Namun, kali ini ia memutuskan mengganti gender tokoh utamanya yang semula lelaki menjadi perempuan, serta menyempurnakan alur ceritanya menjadi jauh lebih menarik.

Sehingga, dengan segala daya upaya dan kesungguhannya, akhirnya Webtoon barunya yang diberi judul ‘True Beauty (di beberapa negara judulnya ‘The Secret of Angel’ menang di kontes dan berhasil membawanya menuju Webtoon Official.




Pic Source


Karya Yaongyi meledak sampai ke kancah International. Namanya melambung tinggi dan fansnya bertaburan di seluruh dunia. Sekarang ini, di usia 30, Yaongyi akhirnya berhasil mencapai cita-cita dan puncak karirnya. Instagramnya pun kini memiliki hampir 1 juta pengikut.



Dari perjalanan Yaongyi, hal yang dapat saya tarik sebagai hikmah dan motivasi adalah:

Quote:



Pic Source



Sekian thread comeback Ane kali ini GanSis. Mohon maaf kalau ada salah-salah kata, maklum nulisnya dengan segala keterbatasan Ane. Semoga bisa narik yang baik-baiknya. Sampai jumpa di thread selanjutnya, ya! emoticon-Big Kiss
Diubah oleh ayaswords 13-03-2020 00:54
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 4 lainnya memberi reputasi
5
6.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan