KatakhoiAvatar border
TS
Katakhoi
Sebuah Teori Pengenalan Jati Diri: Teori Untuk Siapa Aku Hidup?


Selamat malam kaskuser dan pembaca setia akun Katakhoi. Semoga selalu bahagia dan mampu mencintai diri sendiri dengan apa adanya.

Setelah teori yang pertama yaitu teori siapa aku, kali ini kita akan mengenal bagian yang kedua atau tahapan yang kedua yang masih berkenaan dengan proses pengenalan jati diri dan mencintai diri sendiri, yaitu teori untuk siapa kita hidup. Sebuah teori yang akan mendalami tentang pengenalan terhadap jati diri sendiri dan tentunya pada akhirnya untuk membuat diri sendiri menjadi bahagia.

Teori ini sebenarnya sudah banyak diketahui orang-orang, hanya saja mungkin mereka tidak menyadari betapa pentingnya teori ini untuk kelangsungan hidupnya. Sebuah pertanyaan yang harus benar-benar ditanyakan kepada diri sendiri. Mengapa mencintai diri sendiri tidak semudah itu? Karena seperti kits ketahui, jangankan untuk mencintai diri sendiri, untuk mengenal diri sendiri lebih susah daripada mengena orang lain. Itulah mengapa pentingnya teori ini dalam proses pengenalan diri.




Dalam teori untuk siapa kita hidup ini memiliki 3 opsi jawaban yang terdengar sepele tetapi berdamai besar bag kehidupan kita sendiri. Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Hidup untuk diri sendiri



Setiap orang punya jawabannya masing-masing dalam teori ini, dan kamu juga pasti punya jawabanmu sendiri. Dan jika jawabanmu seperti ini, maka itu bukan berarti kamu adalah sosok manusia yang egois. Hidup untuk diri sendiri di sini maksudnya adalah kamu hidup untuk lebih mengedepankan dirimu sendiri tanpa membuat orang lain terganggu dan tersisihkan karena pilihanmu.

Selain itu juga, hidup untuk diri sendiri bukan berarti melupakan dan tidak membantu orang lain. Hidup untuk diri sendiri tetap memperhatikan orang lain juga, hanya saja itu menjadi nomor dua. Yang namanya hidup adalah sebuah pilihan, di mana kita harus memilih siapa yang lebih dikedepankan. Dan jika jawabanmu seperti ini, maka tidak ada salahnya. Itu berarti kamu sudah mulai mengenal dirimu sendiri.

2. Hidup untuk orang lain



Orang-orang di luar sana bilang, "Buatlah orang lain bahagia dan bantulah orang lain juga. Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat." Ya, memang tidak ada salahnya. Setiap orang punya pilihannya masing-masing. Jika kamu lebih mengedepankan orang lain dalam hidupmu, itu artinya hidupmu untuk orang lain. Terkadang ada beberapa orang yang bahagia saat membahagiakan bahkan mendahulukan orang lain dalam hidupnya.

Hidup untuk orang lain tidak selalu berakhir dengan penderitaan. Tergantung bagaimana seseorang menyikapinya. Jika hidupmu untuk orang lain membuatmu bahagia, maka lakukanlah. Tetapi jika malah sebaliknya, maka jangan pernah dipaksakan. Semakin kamu memaksa, semakin kamu menyakiti dirimu sendiri. Dan hidup untuk orang lain ini artinya kamu tidak mendengarkan kata hati dan pikiranmu, melainkan kamu hanya berpikir bagaimana caranya membuat orang lain bahagia dan tertawa meski harus diri sendiri yang terluka.


Quote:


3. Hidup tidak untuk siapa-siapa



Opsi yang ketiga ini adalah opsi di mana seseorang terkadang masih bisa merasa bahagia saat tanpa sadar ia hidup bukan untuk diri sendiri juga bukan untuk orang lain. Mengambang dan lebih sering menyakiti diri sendiri dengan membiarkan diri sendiri terjerumus pada jurang kesedihan. Selain itu juga, orang-orang seperti ini memiliki sikap yang begitu bodo amat pada lingkungan sekitarnya.

Sebenarnya, banyak orang yang berada di posisi ini. Hidupnya bukan untuk siapa-siapa jadi ia tidak merasa telah menyakiti dirinya sendiri padahal yang selalu ia tanyakan, "Di mana kebahagiaan saya?" dan selalu ia pikirkan, "Untuk apa membantu orang lain jika tidak ada gunanya untuk saya?" hanya saja orang-orang tidak banyak menyadarinya.

Tanyalah dirimu sendiri bahwa sebenarnya kamu hidup untuk siapa? Karena pertanyaan ini akan begitu menentukan kebahagiaanmu sendiri. Semoga kita adalah orang-orang yang mampu mengenali diri sendiri dan mencintai diri sendiri.

Narasi: murni imajinasi sendiri
Sumber gambar:
Di sini
Di sini
kumaniaks
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 25 lainnya memberi reputasi
26
8.3K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan