gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Menteri Kesehatan Inggris Positif Tertular Virus Corona
Menteri Kesehatan Inggris Positif Tertular Virus Corona

Rabu, 11 Maret 2020 | 08:04 WIB


REUTERS TV via Reuters

Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries ketika masih menjadi anggota parlemen berbicara dalam sidang parlemen di London pada 3 April 2019.

Penulis: Ardi Priyatno Utomo | Editor: Ardi Priyatno Utomo

LONDON, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries dilaporkan saat ini tertular virus corona dan menjalani isolasi secara mandiri.

Dalam keterangan resminya, Dorries menuturkan bahwa dia segera mengambil segala langkah pencegahan begitu mendapatkan konfirmasi positif.

Dilansir Sky News, Selasa (10/3/2020), Dorries menerangkan, Dinas Kesehatan Inggris (PHE) langsung melakukan pelacakan, dan kantornya langsung ditutup.

"Saya ingin berterima kasih kepada PHE dan Dinas Kesehatan Nasional (NHS) yang luar biasa sudah menyediakan nasihat dan dukungan kepada saya," tuturnya.

Politisi dari Partai Konservatif itu mengkhawatirkan ibunya yang berumur 84 tahun dan saat ini tinggal bersamanya.

Dorries menyatakan, ibunya mulai mengalami batuk dan bakal dites untuk memastikan keberadaan virus tersebut pada Rabu (11/3/2020).

Sekretaris Kesehatan Matt Hancock menyatakan, dia mengaku sedih dengan konfirmasi positif yang diterima Dorries.

Meski begitu, dia mengapresiasi langkah sang menteri yang langsung mengisolasi diri secara mandiri sebagai bentuk pencegahan.

"Saat ini, kami mendoakan kesembuhannya. Saya paham mengapa publik khawatir dengan penyakit. Kami akan berusaha sebisa kami untuk menyelamatkan mereka," janjinya.

Juru bicara Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial (DHSC) berujar, Dorries mulai mengalami gejala corona pada Kamis (5/3/2020).

Saat itu, dia menghadiri sebuah acara di Downing Street untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia yang diprakarsai Perdana Menteri Boris Johnson.

Downing Street Number 10 tidak merespons apakah Johnson sudah menjalani tes virus corona, atau kapankah dia akan melaksanakannya.

Sementara otoritas mengatakan, mereka memulai upaya melacak siapa saja yang melakukan kontak dengan Dorries sejak dia menunjukkan gejala Covid-19.

Menteri Kesehatan berusia 62 tahun itu sekaligus menjadi anggota parlemen Inggris pertama yang terinfeksi Covid-19, penyakit yang diakibatkan virus corona.

Kabar yang diterima Nadine Dorries terjadi setelah London mengumumkan kematian keenam, dengan total kasus saat ini mencapai 382, dilansir BBC.

Korban meninggal terbaru adalah pria berusia sekitar 80 tahun, dan sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Watford, di mana penyebab kematiannya adalah "kondisi kesehatannya".

Dia meninggal pada Senin (10/3/2020) malam waktu setempat, di mana saat ini pihak berwenang mulai mencari tahu dengan siapa saja dia berdekatan.

Sumber
orgbekasi67
anasabila
tien212700
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
9K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan