istijabahAvatar border
TS
MOD
istijabah
[COC Regional: Lokasi Wisata] Berwisata Sambil Menikmati Lezatnya Durian, Mau?
Wisata Madura
Wisata Pamekasan


Sumber gambar: puncak_ratu


Pamekasan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Madura. Terkenal dengan wisata Api Abadinya, tapi rupanya Pamekasan juga memiliki sederet destinasi wisata yang cocok untuk refreshing untuk menyegarkan otak supaya lebih kuat menghadapi kenyataan. (Hahaha mulai lebay, deh.

Sebagian besar tempat wisata yang ditawarkan di Pamekasan adalah tempat wisata bebukitan. Salah satunya adalah wisata Puncak Ratu. Sudah bisa ditebak bukan pemandangannya seperti apa kalau sudah berhubungan dengan bukit dan ketinggian. Yes, pemandangan hijau nan asri juga udara yang sangat sejuk, bikin hati juga merasa adem meski mantan telah memiliki gandengan baru, sedang kita masih terjebak dalam kenangan masa lalu. Uhuk, mulai lebay lagi.


Kawasan wisata Puncak Ratu ini juga dikelilingi dengan pohon-pohon Albasia atau sengon sehingga menambah kesejukan tempat ini. Sekilas seperti berada di tempat wisata hutan pinus nan eksotis, apalagi tempat ini berada di ketinggian kira-kira 200 meter, bahkan landscape Pamekasan pun terlihat dari puncak ratu ini. Ah, pas banget buat nenangin diri atau menghilangkan WRITER’S BLOCK yang tiba-tiba menyerang semangat kita untuk tetap menggoreskan tinta dalam dunia literasi. Ini penyakitku huaaaa ….


Sumber: puncak_ratu


Selain bisa menikmati kesejukan alam, tempat ini menyuguhkan beberapa spot foto yang Intagrammable. Diantaranya adalah spot berupa gardu pandang, gerbang berbentuk hati dengan background pepohonan, juga ada rumah pohon yang bisa mengingatkan kita pada masa kecil dulu. (Masa kecilku sih sebenarnya, suka sembunyi di dalam rumah pohon) Pas banget, deh buat yang suka berpose di depan kamera atau untuk merenungi betapa indah dan sempurnanya Allah menciptakan alam semesta ini.


Sumber: puncak_ratu


Ada juga dekorasi berbentuk kurungan dengan hiasan kelambu yang mengelilingi, bisa buat tempat nongkrong santai sambil bercengkrama dengan teman atau keluarga.Tempat ini mengingatkan pas waktu jadi pengantin baru, ngobrol santai dengan suami, bedanya cuma ini tempat umum kalau pengantin baru kan di dalam kamar di atas kasur. Warning! dilarang membayangkan bagi yang jomblo hahaha.


Sumber: puncak_ratu


Jangan ketinggalan pula momen sunset yang sangat memanjakan mata kita di tempat ini. Sembari menunggu momen itu kita bisa menikmati rasa manis dan pahit yang kita cecap dalam secangkir kopi susu dan kita bisa mendapatkannya di kedai-kedai yang sudah tersedia di tempat ini. Jadi, siapkan kameramu untuk membidik momen ini, ya.

Tempat wisata ini terbilang baru — diresmikan pada Desember 2018 — di Pamekasan, jadi kedepannya masih akan terus dikembangkan.

Objek wisata alam Puncak Ratu ini berada di Dusun Mongging, Desa Tebul Barat, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Sekitar 20 km dari pusat Kota Pamekasan. Kita bisa lewat arah Waru – Pakong dan Pegantenan, bisa juga melewati daerah Blumbungan lalu menuju ke arah Pegantenan, bila berangkat dari pusat kota Pamekasan. Info rute lengkapnya kita bisa melihat petunjuk google maps.

Wisata Puncak Ratu ini buka setiap hari dari jam 08.00 WIB – 17.00 WIB. Jadi, berkunjungnya jangan sampai lewat waktu yang ditentukan, ya.

Untuk tiket masuknya, kita cukup merogoh kocek sebesar Rp.5000 dan jasa parkir motor sebesar Rp. 3000, mobil Rp. 5000

Kabar baiknya untuk para pecinta durian, wisata puncak ratu ini dekat dengan wisata kampung durian yang ada di desa Tebul Barat. Sesuai dengan namanya wisata kampung durian ini memiliki banyak pohon durian yang siap dipetik dan dinikmati.


Sumber: puncak_ratu


Perlu diketahui bahwa kecamatan pegantenan ini merupakan tempat yang dikenal penghasil durian di Pamekasan, salah satunya desa Tebul Barat ini dan durian Kasor adalah andalan buah durian di tempat ini. Rasanya yang legit dengan dagingnya yang tebal mengalahkan durian Montong hingga membuatnya menjadi primadona di tempat ini dan juga di lidah para pecintanya.

Sepanjang menyusuri kampung durian ini pandangan kita akan dimanjakan dengan deretan pohon-pohon durian. Juga beberapa lapak warga yang menawarkan bermacam-macam varian durian, seperti durian Montong,durian kasor, dan durian blimbing, tentunya indra penciuman kita akan disuguhkan dengan aromanya yang khas. Kita bisa memilih dan menikmatinya dengan harga yang sesuai dengan jenis dan ukurannya, juga bisa memetik langsung dari pohonnya dengan kualitas yang lebih baik. 

Jadi, selain bisa menikmati keindahan alam di Puncak Ratu kita juga bisa menikmati suasana pedesaan dan mencicipi legitnya buah durian asli Pamekasan yang sudah sangat terkenal dengan cita rasa manisnya. Cocok banget buat wisata keluarga atau bersama sahabat dan teman.

Untuk tiket masuk ke kampung durian ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000 saja dengan biaya parkir yang sama.

Dan baru-baru ini tepatnya pada tanggal 31 Januari 2020 kemarin digelar festival durian di puncak Ratu ini dengan berbagai macam lomba untuk semakin memeriahkan acara festival ini. Seperti lomba belah durian dengan tangan, lomba olahan durian, lomba vlog dan juga lomba foto Selfi unik.

Pengelola Puncak Ratu Pamekasan, Hasan Basri mengatakan, festival ini akan dicanangkan sebagai event tahunan di tempat ini. Semoga terlaksa dan semakin meriah di tahun-tahun berikutnya, ya.


Oke, cukup sekian dulu ulasan tentang wisata di Pamekasan ini dan semoga di waktu selanjutnya  bisa mengulas tempat wisata yang lainnya.

Tetap utamakan keselamatan, ya.



Referensi: di sini, di sini
Diubah oleh istijabah 11-03-2020 00:34
putro4265
kurangdolan
makbus
makbus dan 16 lainnya memberi reputasi
17
2.5K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan