aduhaisayang
TS
aduhaisayang
Pasutri Nekat Sumpah Pocong di Masjid karena Dituduh Bisa Santet
Nama baik adalah segalanya. Ketika nama tercoreng maka secara alami manusia biasanya akan berusaha untuk melakukan pembelaan dan berupaya untuk membersihkan namanya. Begitulah yang dilakukan oleh pasangan suami istri di Banyuwangi berikut ini.

Dilansir dari news.detik.com (11 Maret 2020) Sahir dan Suhema merupakan sepasang suami istri dari Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Mereka nekat melakukan ritual sumpah pocong karena dituduh oleh warga memiliki ilmu sihir dan bisa menyantet orang lain. Keduanya dituduh sebagai pelaku atas sakitnya tiga orang warga desa tersebut. Ketiga orang sakit itu merupakan satu keluarga.

Tuduhan kepada Sahir dan Suhema muncul setelah salah satu dari ketiga yang sakit itu mendapat petunjuk dari mimpi. Isu itu pun berkembang pesat dan membuat resah warga lainnya.

Menurut penuturan Kapolsek Wongsorejo AKP Kusmin, sudah dilakukan mediasi. Yang pertama gagal tanpa kesepakatan. Mediasi yang kedua berhasil, kedua belah pihak sepakat saling memaafkan. Dan ketiga yang sakit pun sempat dirawat di Rumah Sakit. Hasil diagnosa dokter menunjukan ternyata ketiganya sakit liver.

Namun tidak berhenti sampai disana, pasutri yang dituduh punya ilmu santet pun meminta dilakukan sumpah pocong di masjid dan disaksikan oleh banyak warga, perangkat desa dan pihak kepolisian. Permintaan itu untuk membersihkan nama mereka yang sudah terlanjur buruk di mata masyarakat sekitar. Untuk meyakinkan bahwa mereka benar-benar tidak punya ilmu santet.

=-=-=-=-=-
TS tak tahu ya secara hukum agama seperti apa memandang sumpah pocong ini, terlebih sumpah pocong yang dilakukan di dalam masjid.

TS hanya sedikit menyayangkan sikap warga yang gampang termakan isu miring. Itu pun sumbernya dari orang yang bermimpi. Eh ujung-ujungnya ketahuan-terbukti kalau ketiga orang yang sakit itu ternyata sakit yang bisa diagnosa oleh ilmu kedokteran, sakit liver. 

TS punya teman orang asal Banyuwangi, katanya di kecamatan Wongsorejo dan sekitarnya memang punya adat semacam itu. Sebagai pilihan paling tepat untuk membersihkan nama, untuk menunjukan dirinya benar, sumpah pocong jadi andalan.

Katanya dengan sumpah pocong, seseorang siap mempertaruhkan nyawanya sendiri demi membuktikan dirinya tidak bersalah. Jika tidak selaras antara ucapan dan kebenaran, maka hal buruk dipastikan menimpa orang yang melakukan sumpah pocong. 

Sumber Berita: news.detik.com (11 Maret 2020) 

4b4bilsebelahblog4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
1
1.6K
27
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan