arai01
TS
arai01
Mengulas Berbagai Metafora dalam Anime


Ciss, balik lagi dengan ane setelah lama gak bikin thread. emoticon-Big Grin

Mumpung ada niat nulis, topik kali ini tentang metafora yang digunakan dalam anime. Metafora merupakan salah satu jenis dari majas yang sering digunakan dalam dunia sastra, baik itu yang dituangkan dalam tulisan maupun media lainnya. Metafora adalah pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, melainkan sebagai gambaran yang berdasarkan persamaan atau perbandingan. Mungkin banyak dari kita yang sering menjumpai metafora dalam literatur klasik dan modern. Para kreator menggunakan metafora demi menekankan makna suatu ide yang konkret maupun abstrak. Dalam anime sendiri banyak judul yang memanfaatkan metafora untuk membandingkan suatu hal sebagai gaya penyajiannya. Kita akan mengulas beberapa judul yang ane ingat saja ya. Cusemoticon-Traveller




HAIKYUU!



Salah satu judul yang paling mencolok dan mudah dikenali yaitu Haikyuu. Haikyuu menggunakan metafora berupa hewan-hewan yang menjadi representasi dari kepribadian tim. Karasuno (Karasu= gagak), Nekoma (neko= kucing), Fukurodani (fukuro= owl). Tidak hanya hewan, metaforanya pun variatif sesuai dengan karakteristik tim mereka. Aoba josai (kastil biru), Dateko (Tembok besi). Hal-hal seperti ini berguna untuk membangun stereotipe yang distinct sehingga setiap tim akan terasa khas dan mengembangkan kemampuan sesuai dengan kelebihan tim. Ide mengenai lompatan tinggi pun dianalogikan dengan kepakan sayap, dan block yang keras disamakan dengan tembok besi. Haikyuu dengan rapi menggunakan meta seperti ini.



CHIHAYAFURU



Chihayafuru meskipun tidak selalu menyinggung kemampuan individual para pemain karuta, namun di season 1 dan 2 beberapa metafora bermunculan. Penggambaran permainan karuta Arata yang tenang namun menghanyutkan layaknya aliran sungai, membuat lawan perlahan tenggelam. Maupun gaya bermain queen Wakamiya dengan silent karutanya, seakan kartu-kartu itu diajak berkomunikasi layaknya makhluk hidup. Sebenarnya sih banyak banget perumpamaan dalam puisi-puisi yang terangkum di Hyakunin Isshuu, cuma layaknya kualitas terjemahan, bikin gagal paham. Jadi puisi-puisi itu memang harus dikaji dalam bahasa aslinya.




DEMON SLAYER




Shonen anime semacam Demon Slayer pun menggunakan banyak metafora untuk jenis teknik serangannya. Sejauh ini hanya beberapa teknik yang diperkenalkan semacam aliran air, beast, thunder, insect, dan flame. Baik itu gerakan, efek, maupun animasinya menggunakan metafora ini secara konsisten, bukan hanya sebagai pemanis saja. Mungkin beberapa dieksekusi secara ekstrim semacam 11th form-nya Tomioka yang masih misterius. Namun secara keseluruhan, penggunaan aliran berdasarkan fenomena alam ini cukup menarik.




SHOKUGEKI NO SOMA




Ada anime yang menggunakan metafora secara berlebihan sehingga efeknya bikin cringe. Sebut saja Shokugeki no Soma. Memang sih, untuk menggambarkan rasa suatu masakan dari sudut pandang seorang gourmet sejati harus menggunakan bahasa yang kompleks. Namun kalau dosisnya sudah menjemukan rasanya juga bikin bosan. Yakali rasanya kayak magical dream land, yakali rasanya kayak masa muda. Yang lebih cringe lagi yaitu penggambaran kompetisi masak sebagai pertarungan stand kayak di JoJo, ini sudah level mabok meskipun kalo tujuanya buat parodi. Korelasinya juga enggak kuat dengan dunia gourmet, maupun dengan memberikan rasa sedap yang berlebih pada masakannya.




5 CM/S & KIMI NO NA WA




Film-filmnya Shinkai sebenarnya banyak metafora. Sebut saja 5cm/s yang menggunakan metafora jatuhnya kelopak bunga sakura sebagai gambaran dari hubungan antar karakternya. Jenius? Jelas. Puitis? Jangan ditanya. Kimi no na wa juga menggunakan ungkapan musubi untuk mengaitkan kejadian demi kejadian. Bahwa aliran waktu dan kehidupan mirip dengan benang tenun: berkumpul dan membentuk suatu wujud, bisa terbelit, terikat, terurai, dan dihubungkan kembali. Metafora ini juga menjawab pertanyaan tentang takdir yang dialami para karakternya.




KAIJUU NO KODOMO




Kaijuu no Kodomo memfokuskan kisah tentang konsep penciptaan dan kelahiran alam semesta, yang disandingkan dengan ekosistem laut. Meskipun intinya sederhana, namun penyajian idenya terlalu berbelit-belit sehingga penonton tidak dapat menangkap esensinya, hanya ide secara permukaan saja yang dapat dipahami. Entah ini ane saja yang overthinking atau apa, namun sebenarnya ide yang menghubungkan laut dengan angkasa ini brilian untuk yang kritis tentang isu-isu eksistensi kehidupan. Kreator mana lagi pula yang kepikiran untuk menghubungkan lautan dengan angkasa?




VIOLET EVERGARDEN




Ide paling utama dalam Violet Evergarden ialah tentang self destruction, bagaimana keengganan untuk move on dapat 'membakar' diri sendiri. Metafora tentang 'terbakar' ini yang menonjol banget saat disinggung oleh Hodgins kepada Violet. Bukan terbakar secara harfiah tentunya, namun efeknya mirip. Terbakar perlahan, menggerogoti diri dan masa depan hingga akhirnya tak tersisa selain abu penyesalan.




SORA YORI MO TOOI BASHO




A Place Further than the Universe. Sebuah ide yang sederhana namun begitu powerful. Bagi anime adventure, tentu saja salah satu aspek terpenting yang sayangnya seringkali terlupakan kreator adalah dampak inspiratif bagi penonton untuk segera bertualang. Tak peduli kemana, tidak harus ke antartika, yang penting adalah kemauan untuk mendobrak rutinitas. Sekali ada momentum tersebut, maka kita akan sampai di suatu tempat yang lebih jauh dari alam semesta, yaitu impian. 




SHIGATSU WA KIMI NO USO




KimiUso menerapkan metafora dengan ditabur visualisasi yang begitu mendukung. Hampir setiap penampilan para musisi memiliki metaforanya sendiri. Keunggulan utamanya yaitu eksekusi penggambaran yang begitu hidup dan dialog emasnya sehingga penonton bisa memahami cara berpikir para karakternya, bonus dapat merasakan suara musik yang memiliki nuansa tersendiri. Penggambaran trauma Kousei yang disajikan seperti memainkan piano di dalam air, penggambaran musim gugur sebagai bentuk kemarahan dan kesepian pada penampilan Emi, serta banyak lagi metafora mengagumkan lainnya. Bagi anime yang berfokus pada dialog internal, maka gaya penceritaan seperti ini bisa menjadi satu keunggulan tersendiri. Dan KimiUso berhasil meningkatkan keefektifannya.




SANGATSU NO LION





3gatsu no Lion rupanya senang banget menggunakan metafora yang jarang terpikirkan oleh orang, bahkan untuk hal terkecil sekalipun. Mengibaratkan makanan yang masih hangat seperti hewan kecil yang masih hidup, serangan piece shogi seperti hantaman fisik, maupun mengibaratkan seseorang sebagai burung, atau badai. Dari banyaknya metafora yang ada, yang paling favorit sih metafora tentang beban shogi player veteran yang berjuang demi kawan-kawannya, digambarkan sebagai tasuki yang melilit tubuhnya, menjadikannya berat sebagai beban batin. That's just genius on another level. Anime ini dengan niatnya membuat representasi visual yang mengalir menyesuaikan perumpamaan baik itu benda maupun situasi. 



Seiring dengan perkembangan gaya penceritaan anime pada khususnya, penggunaan majas dan metafora juga akan semakin beragam, menjadi semakin mainstream tanpa kita sadari. Dengan adanya metafora, cerita akan lebih khas dan berkesan. Bentuk penyajiannya juga beragam, bisa dengan representasi visual, dialog-dialog yang imajinatif, maupun kombinasi keduanya. Mana lagi kah yang perlu dibahas? Silahkan tambahkan di bawah ya.emoticon-Ngacir
Sekian.
EL.PSY. KONGROO.

Diubah oleh arai01 08-03-2020 16:11
kumaniaksNadarNadzdimjaka
dimjaka dan 24 lainnya memberi reputasi
25
9K
61
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan