ayokitakemanaaAvatar border
TS
ayokitakemanaa
Balada Putri Sumatra Barat Salah Lafal 5 Sila Dalam Pancasila, Gugup Atau Ga Hafal?

nusantaratv.com

Ada kejadian yang cukup heboh saat seleksi Putri Indonesia yang membuat orang terheran-heran. Dimana dalam TOP 6 Putri Indonesia itu,  Miss Sumatera Barat salah menyebut sila ke empat dan sila ke lima. Dimana saat akan menyebut sila ke empat, Kalista Iskandar malah mengucapkan "kemanusiaan yang..." yang akhirnya disambut oleh riuh penonton. 





yutube.com

Ya buat yang hapal Pancasila tentu tau bahwa Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab adalah sila ke satu, sedangkan sila ke lima berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.





Kejadain salah ucap inipun berlanjut hingga media sosial, ada yang menilai bahwa Kalista tidak hafal dengan isi Pancasila, namun adapula yang menilai bahwa salah pengucapan itu karena Kalista gugup. Najwa Shihabpun ikut menanggapi peristiwa itu, karena menurutnya itu wajar kalo gugup, selain karena dibatasi waktu berbicara 30 detik, rasa gugup tentu meningkat berkali-kali lipat dihadapan penonton.

Kalo inget kasus ini ane jadi inget kegugupan ane pas pertama kali ngomong di depan umum. Gila itu rasanya kaki gemeter, keringet ngucur dari badan dan ngomong udah kayak orang gagu. Tapi lama kelamaan ane akhirnya terbiasa. Dan ane rasa kegugupan itu terjadi ketika kita ga menguasai materi. Seperti ketika kita disuruh maju ke depan sama guru, kalo kita kuasai materinya pasti kita tenang walau ada sedikit rasa gugup. Nah kalo kita ga kuasai otomatis gugupnya akan tambah parah dan kesalahan bisa semakin besar.


liputan6.com

Kalo kasus Kalista ini ane lihat bukan karena gugup. Ya kali udah sampe peringkat 6 besar masih gugup juga. Apalagi Pancasila yang kayak nyantol banget di kepala kita karena dari SD sampe SMA diucapin terus setiap senin. Ane sendiri ga tau Kalista dari kecil sekolah di Indonesia apa engga, kalo engga ya wajar kalo dia ga hafal. Tapi kalo dia dari SD udah di Indonesia dan setiap senin ngucapin Pancasila, nah itu baru yang kebangetan.

Tapi bener kata Najwa Shihab, yang namanya manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Kecuali senior yang selalu ingin dianggap benar oleh para juniornya.

Jadi menurut kalian gimana nih gan?

sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 33 lainnya memberi reputasi
22
12.9K
244
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan