lina.whAvatar border
TS
lina.wh
Manfaat Mengajak Anak Melakukan Aktivitas Fisik

Sumber gambar : dokumentasi pribadi



Moms,mengajak anak melakukan aktivitas fisik itu lebih baik daripada membiarkan anak asyik bermain gadget, lho! Mengajak anak melakukan aktivitas fisik kelihatannya melelahkan, lain halnya jika anak asyik main gadget yang pasti lebih anteng dan tidak banyak bergerak.

Tetapi, gaya hidup kurang gerak tersebut bisa mengakibatkan kemungkinan obesitas, mudah lelah maupun kurangnya kemampuan motorik.


Selain menyenangkan, mengajak anak melakukan aktivitas fisik juga memiliki banyak manfaat untuk diri anak, lho Moms. Wah,kira-kira apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini, Moms :


1. Melatih anak untuk lebih percaya diri

Saat melakukan aktivitas fisik, anak pasti akan mencoba banyak hal baru, kemudian menghadapi ketakutannya, dan membangun rasa percaya dirinya.

Seperti menangkap bola, awalnya mungkin anak masih kaku dan takut kena bola. Tetapi jika sering dilakukan berulang, anak akan semakin lihai menangkap bola dan rasa takutnya akan hilang dengan sendirinya. Dengan begitu, rasa percaya diri anak akan semakin kuat.


2. Meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak

Dengan sering bermain atau melakukan aktivitas fisik bersama, tentu bisa meningkatkan kedekatan antara orang tua dengan anak. Aktivitas fisik juga bisa membantu orang tua memahami apa yang disukai oleh anak. Jadi, tidak ada lagi anak merasa bosan atau merasa terabaikan jika orang tua sedang libur bekerja.


3. Mengembangkan keterampilan motorik anak

Saat bermain atau melakukan aktivitas fisik, maka anak akan melatih koordinasi tubuh maupun keseimbangan tubuh. Selain itu, melakukan aktivitas fisik juga dapat meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas maupun pernapasan. Sehingga keterampilan motorik anak akan terbentuk dengan baik.


4. Mengembangkan kemampuan bekerja sama

Bermain sepak bola, juga salah satu permainan aktivitas fisik. Saat bermain dengan orang tua atau teman sebayanya, maka anak akan berlatih mengenai kerja sama dalam kelompok dan juga sportivitas. Selain itu, anak juga akan belajar menerima kekalahan.


5. Membuat anak lebih ceria

Pasti ya Moms,jika anak diajak bermain itu akan tertawa dan bahagia. Selain itu, anak akan belajar bersosialisasi, mengembangkan diri dan mempelajari keterampilan baru. Hal tersebut membuat anak lebih bisa tertawa lepas.



Banyak kan Moms,manfaatnya. Jika kebetulan Moms adalah wanita karir, alangkah baiknya Moms melakukan aktivitas fisik bersama anak ketika weekend. Selain itu, ajarkan kepada pengasuh anak untuk melakukan aktivitas fisik juga dengan anak. Jauhkan gadget dari anak. Boleh sih, anak memegang gadget. Tapi hanya untuk sekedar telepon atau video call dengan orang tua atau orang-orang terdekat.




Referensi :
1. Opini pribadi
2. Di sini
Diubah oleh lina.wh 07-03-2020 07:46
Gimi96
makola
tien212700
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
2.4K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan