anggita2208Avatar border
TS
anggita2208
Memanaskan Mobil di Pagi Hari atau Sebelum Penggunaan

Sumber Foto : motorbeam.com

emoticon-Ngacir2

Untuk kamu yang punya mobil di rumah atau pecinta mobil pasti sudah tahu dong bagaimana cara merawat mobil dengan baik?
 
Nah, kebiasaan kebanyakan orang sebelum berangkat kerja atau beraktivitas diluar dan menggunakan alat transportasi pribadi, selalu memanaskan motor maupun mobilnya di pagi hari atau sebelum kendaraan itu digunakan.
 emoticon-Cool

Ada orang yang memanaskan kendaraannya dengan cepat sekitar 3 -5 menit dan ada juga yang memanaskannya dalam waktu yang cukup lama. Ada juga yang meninggalkan mobilnya untuk makan, mandi atau persiapan pergi saat mobil dipanaskan. Beberapa pilihan itu, dilakukan oleh pemilik pasti dengan berbagai pertimbangan.
 
Lalu, penting gak sih mesin mobil dipanaskan di pagi hari sebelum dipakai?
 emoticon-Bingung

Sebuah mobil pastinya memiliki mesin. Mesin ini biasa disebut dengan ‘suhu kerja’. Nah, suhu kerja ini berfungsi sebagai suhu mesin yang akan bekerja dengan normal. Nah, oleh karena itu mesin mobil sangat penting dipanaskan di pagi hari atau sebelum pemakaian agar mesin mobil tidak dingin ketika dipakai. Selain itu, memanaskan kendaraan di pagi hari atau sebelum pemakaian juga akan membuat kendaraan sehat lebih lama atau awet.

Dilansir dari CNNIndonesia.com.
 emoticon-Request

Selain suhu kerja, mesin mobil juga memiliki Thermostart loh…
 
Apakah kamu sudah tahu apa itu thermostart? Nah, buat kamu yang belum tahu, thermostartini adalah salah satu komponen yang ada di bagian mesin mobil. Fungsi dari thermostart ini adalah untuk menutup sirkulasi air rediator ketika suhu mesin belum sampai ke suhu kerja. Lalu, apa tujuan dari fungsi thermostart ini? tujuannya adalah supaya suhu mesin lebih cepat sampai ke titik tersebut.
 emoticon-Om Telolet Om!

Memanaskan motor atau kendaraan pun tidak dilakukan dengan sembarangan. Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk memanaskan mesin motor atau mobil? Yaps.. sebenarnya ada cara yang bisa kita lakukan untuk memanaskan mobil khususnya, yang tepat. Cara yang tepat adalah sesudah mesin mobil dinyalakan walaupun dalam beberapa detik, mobil itu sudah bisa dijalankan. Cara ini adalah cara yang paling efisien dalam memanaskan mobil sebelum penggunaan.
 emoticon-Blue Guy Bata (L)

Bukan berarti, ketika mobil sudah siap untuk digunakan, pengendara bisa membawa mobil dengan kecepatan yang tinggi. Salah satu transportasi beroda empat ini juga sebaiknya pertama-tama digunakan dengan pelan-pelan agar bisa sampai ke suhu kerja mesin mobil yang seharusnya.
 emoticon-cystg

Nah, bagamana caranya mengetahui suhu mesin sudah mencapai titik suhu kerja yang tepat? Untuk melihatnya, kita bisa melihat suhu kerja mesin mobil dari indikator jarum temperatur yang ada di mesin itu. Ketika jarum suhu sudah mencapai titik normal atau suhu mesin yang diinginkan, baru deh mobil bisa digunakan dengan kecepatan normal.
 

Mungkin masih banyak yang bingung mengenai berapa lama kendaraan dipanaskan? Ketika memanaskan mobil di pagi hari, lebih baik dipanaskan selama 30 detik sampai 1 menit. Kalau ada yang memanaskan mesin mobil itu lebih lama dari 1 menit, mungkin ada tujuan tertentu. Tetapi pastinya sebagian orang akan ada yang berpikiran bahwa memanaskan mobil terlalu lama juga akan menghabiskan bensin dengan sia-sia.
 emoticon-2 Jempol

Cara memanaskan mobil hanya dengan beberapa detik sudah bisa digerakkan pastinya memiliki keuntungan. Kamu bisa memanaskan mesin kendaraan sambil menyicil perjalanan walaupun jalannya pelan. Selain itu, bensin dalam tangki pun tidak terbuang sia-sia. Mungkin karena memang malas harus jalan pelan-pelan, tidak masalah juga. Semua tergantung dengan pemiliki kendaraan.



Rawatlah kendaraanmu, supaya awet...

dan supaya lama-lama jadi barang antik hihi...

emoticon-Bettyemoticon-Ngacir

alphajoe.
nona212
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.8K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan