omega3multion
TS
omega3multion
Sepadankah Kepentingan Politik ditukar dengan Risiko Epidemik Corona di Indonesia????
Covid-19 adalah virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Provinsi Hubei, Republik RakyaTiongkok (RTT). Muncul pertama kali pada Desember 2019, hingga saat ini (13 Februari 2020) sudah menginfeksi hingga 60.349 orang dengan korban meninggal sebanyak 1370 orang di seluruh dunia. Majoritas infeksi dan kematian terjadi di provinsi Hubei tempat asalnya dan hanya 2 kematian di luar Cina.

Angka kematian virus ini sudah melewati SAR, virus ini juga sangat aktif menginfeksi. Sampai saat ini pun dunia belum benar-benar mengetahui karateristik virus yang sebenarnya seberapa kuat virus tersebut di udara dan melalui apa saja penularannya pun belum pasti. Bahkan orang yang belum menunjukkan gejala pun sudah bisa menulari orang di sekitarnya. Banyak issue berhembus di media social namun kebenarannya sendiri seakan akan ditutupi oleh pemerintah cina.

Negara-negara di asia tenggara hampir semua telah terinfeksi dengan jumlah terbesar di Singapura. Total terdapat 50 warga Singapore yang telah terinfeksi, pemerintah negeri singa ini pun telah meningkatkan level kewaspadaannya ke Jingga. Dimana peningkatan ini dipicu oleh adanya 2 kasus yang tidak dapat di-identifikasi sumber tertularnya, yang mana artinya infeksi virus ini telah menyebar di lingkungan singapura. Jumlah yang terinfeksi pun terus meningkat setiap harinya.

Namun pemerintah Singapura sangat sigap memerangi virus ini. Semua informasi dibuka ke public terkait orang-orang yang terinfeksi, kemana saja mereka pergi dan pemerintah mengontak orang-orang yang mungkin terpapar virus tersebut dari warga yang terinfeksi. Prosedur ini dilakukan untuk mencegah terjadi nya pandemic dimana orang-orang yang merasa pernah di tempat yang sama diwaktu yang sama dengan korban yang sudah positive dapat melakukan tindakan-tindakan antisipatif seperti memakai masker, segera mengisolasi diri dari keluarga apabila merasa sakit dan menginformasikan ke klinik yang merawat bahwa ia mungkin saja terinfeksi Covid – 19.

Bagaimana dengan Indonesia negara ibu pertiwi kita yang tercinta?
Hingga hari ini, angka warga yang terinfeksi di Indonesia masih nihil. Namun hari ini muncul berita terdapat warga cina yang baru saja pulang dari Bali dinyatakan positive corona. Lalu apa yang dilakukan pemerintah? Sesigap Singapura kah?

Hingga saat ini tidak ada tindakan yang dilakukan pemerintah, hanya pesawat yang membawanya saja yang dibersihkan dengan desinfektan. Sementara masyarakat sama sekali tidak di berikan informasi terkait tempat mana saja di Bali yang pernah dilalui oleh wisatawan yang positive tersebut selama wisatanya di Bali.

Sebenarnya strategi apa yang sedang dijalankan Pemerintah sekarang? Apakah pertimbangan menjaga kestabilan ekonomi dan politik yang membuat pemerintah seakan diam, lumpuh dan membeku? Kenapa hingga saat ini Bapak Jokowi tercinta tidak mengeluarkan statement kewaspadaan apapun? Apakah sepadan mengorbankan nyawa rakyat Indonesia tercinta ini demi kepentingan politik semata?
Bisa dimaklumi kepanikan ditakuti terjadi di Indonesia dan menimbulkan kekhawatiran berlebih sehingga masyarakat berbelanja di luar keperluan seperti yang terjadi di Singapura. Namun semua kepanikan tersebut dapat diredam dengan pemerintah yang memberikan keyakinan kepada Rakyat nya untuk bersatu padu melawan virus mematikan seperti yang dilakukan Pemerintah Singapura melalui statement Perdana Menteri-nya beberapa hari lalu.

Sementara pemerintah kita diam seribu Bahasa sedangkan Rakyat saat ini hanya bersandar pada kata Semoga Semoga dan Amin Amin. Padahal WHO sudah memberikan peringatan bahwa keadaan yang diakibatkan oleh penyebaran virus ini akan jauh lebih fatal jika terjadi di negara dengan system kesehatan lebih buruk dari Cina. Tapi peringatan ini belum cukup menyentil Pemerintah Indonesia.

Tapi apalah daya saya hanya orang biasa yang tidak bisa berpengaruh apa-apa, hanya bisa membuat tulisan ini dan mengingatkan orang-orang sekitar untuk tetap waspada dengan memakai masker jika berada di ruang public serta cuci tangan sebelum makan dan jangan menyentuh muka dengan tangan yang kotor. Setidaknya itu yang diyakini WHO dan banyak orang bisa mengurangi risiko infeksi Covid -19.
Inbox.Kosongsebelahblog4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
4
2.1K
26
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan