riwidyAvatar border
TS
riwidy
7 Drama Korea ini Keren karena Menceritakan Profesi yang Berbeda, Nomer 1 Terfavorit!





Apakah GanSist seorang penikmat drakor? Tentu akan takjub dengan cerita apik dibalik profesi-profesi biasa tapi beda dalam thread ini.




Welcome to riwidy's thread



Drama korea di awal kemunculannya mempunyai genre romcom, alias romance comedy yang menjadi genre terlaris, main theme, dan terfavorit sepanjang masa. Tetapi dekade terakhir ini selera masyarakat pecinta drakor mulai bergeser, seiring dengan bertambahnya jumlah penonton yang bisa mengakses dari seluruh dunia.

Ada beberapa profesi dalam drama korea yang sangat banyak kita jumpai, apa saja? Sebutlah profesi jaksa, pengacara, CEO, direktur, sekretaris, artis, detektif, polisi, dan sebagainya.

Nah dalam thread ini, TS ingin mengulik 7 drakor yang mengambil cerita profesi berbeda dan jarang ada dalam drama yang sudah tayang selama ini.

Profesi apa saja? Simak list berikut ini ya. Urutan berdasar tahun produksi drama dari tahun 2017-2020. Cekidot.



1. Prison Playbook/Wise Prison Life (2017)


Drama ini pada awalnya TS tonton karena alasan remeh, kehadiran Jung Hae In, salah satu bintang drakor favorit ane. Tetapi makin kesini nonton, justru ada hal berbeda yang membuat nurani ini kagum. Profesi dibalik jeruji penjara ternyata seperti itu. Ada sipir, kepala penjara, direktur penjara, dokter, tukang antar barang, kepala pabrik yang dikelola napi senior dan banyak lainnya. Banyak intrik, yang disajikan terkait dengan kejujuran profesi dan sifat alamiah manusia.

Drama bergenre sol ini secara singkat menceritakan tentang Kim Jae-Hyuk (Park Hae-so) yang hidupnya berubah 180 derajat dari seorang atlet tenar menjadi seorang napi dalam satu malam, karena membela kehormatan adiknya. Kebetulan temannya Lee Joon Ho (Jung Kyung Ho) menjadi sipir di penjara. Dialah yang berusaha membesarkan hati sahabatnya ini untuk kembali bersemangat dan bebas satu tahun kemudian.

Bagaimana persahabatannya dengan teman sesama napi dengan berbagai sifat unik dan juga hubungan dengan para pegawai penjara sungguh membuat TS terharu, tertawa dan juga mengeryitkan kening. Ada yang cantik juga gan, si Krystal Jung yang berperan sebagai Ji Ho, pacar sang atlet. Wow. Kerenlah! Wajib tonton.



2. Still 17/ 30 but 17(2018)


Drama bergenre romcom yang cukup membuat gebrakan di dunia drama korea ini dibintangi Woo Suh Ri (Shin Hye Sun) berkolaborasi apik dengan aktor ganteng berbakat Gong Woo Jin (Yang Se Jong) yang suka dipanggil keponakannya sebagai Mr Gong.

Mr Gong berprofesi sebagai seorang penata set panggung. Unik kan? Saking berdedikasinya dengan pekerjaan, dia selalu bawa alat pengukur kemana saja dan mengukur apa saja benda yang menarik hatinya untuk diterapkan sebagai ide pekerjaannya. Keren. Tapi aneh juga sih, karena sikap tertutupnya akibat trauma di masa remaja, dia mengukur benda apa saja tanpa meminta ijin, sehingga dianggap orang gila.

Secara singkat drama ini menceritakan hubungan kasih dari masa lalu antara Mr Gong dan Suh Ri yang sempat terpisah karena kecelakaan lalu lintas dan menyebabkan gadis lugu ini amnesia selama 13 tahun. Layak untuk ditonton GanSist, baperin euy!



3. Clean With Passion For Now (2018)



Drama korea yang satu ini membahas profesi unik yaitu petugas kebersihan profesional yang bisa disewa perorangan maupun instansi dengan tarif mahal. Perusahaan besar yang menaunginya, dimiliki oleh Jang Sun-Gyeol (Yoon Gyun-Sang) yang memiliki mysophobia (takut kuman). Nah menarik kan, Gansist.

Kemudian ada karakter cewek yang cantik lugu bernama Gil O-Sol (Kim You-Jung) dia mempunyai kepribadian yang sangat optimis, baik tapi sangat jorok dan tidak peduli dengan penampilan layaknya wanita lainnya.

Bagaimana kemudian dua pribadi yang berbeda ini menjadi saling mencintai, wow layak untuk dijadikan tontonan hiburan, Guys!



4. Your House Helper (2018)


Apakah sista pernah membayangkan mempunyai ART alias pembantu yang ganteng dan sempurna hasil kerjanya? Kuy nonton drama satu ini!

Singkat cerita drama ini menceritakan Kim Ji Woon (Ha Suk Jin) yang adalah putra dari seorang ayah yang berprofesi sebagai anggota parlemen dan ibunya seorang dokter. Entah kenapa dia kemudian berhenti berbicara dengan orang tuanya, keluar kerja, depresi berat sampai mau bunuh diri. Kemudian dia diselamatkan seorang wanita yang kemudian dicintainya, yang membuatnya bekerja sebagai ART panggilan. Eh! Ane juga minat deh nelpon dia suruh bersih-bersih rumah. Hehe.

Saat melakukan pekerjaannya, Ji woon mendengarkan kekhawatiran pelanggannya dan memberikan saran untuk membantu mereka memecahkan masalah. Wah menarik ini, tips-tips kebersihan dia share gratis lho!

Sampai kemudian dia ditinggalkan wanita itu dan bersahabat dengan 4 wanita,1 pria, juga 2 rekan pria yang jadi sahabat sejati. Terharu! Salah satu sahabat wanita itu pun jadi kekasihnya. Da Young namanya diperankan Bona yang member girlband. Cakep Gan!

Drakor unik ini ternyata dibuat berdasarkan webcomic series “Dangshinui House Helper” by Seung Jung-Yeon. Pantesan keren n unik ide ya. Kuy nonton!



5. Special Labor : Mr Jo (2019)


Drama yang berjudul kurang menarik ini akhirnya ane tonton sampai habis karena kehadiran Kim Dong Wook yang ane sukai sejak main di The Guest. Hehe.

Ceritanya ternyata juga unik karena profesi Jo Jin Gab (Kim Dong Wook), sebagai PNS pegawai negeri yang membawahi bidang ketenagakerjaan yang rawan penyelewengan. Tepatnya pengawas ketenagakerjaan untuk Kementerian Ketenagakerjaan dan Buruh.

Seru guys, bagaimana seorang Jo Jin Gab yang berantakan hidupnya karena pisah dengan anak istri dan dipecat dari berbagai pekerjaan ini membantu teman, klien, muridnya yang teraniaya dengan kehidupannya karena pekerjaan dan bos mereka. Bikin baper juga kocak deh. Seru abis bagaimana dia bisa mengalahkan preman tidak saja dengan kemampuan yudonya yang keren tapi juga otak yang licik. Hihi.

Ga percaya? Tonton aja!



6. Black Dog (2020)


Drama yang baru kelar penayangannya minggu lalu ini menceritakan kisah suka duka para guru di sekolah menengah atas Daechi, sebuah daerah mahal yang dikenal untuk standar pendidikan obsesifnya.

Drama ini menyoroti, terutama para guru bantu, honorer, atau guru kontrak yang terancam tidak akan pernah diangkat sebagai guru tetap. Kasiannya!

Peran utama dari guru tidak tetap ini bernama Go Ha Neul yang diperankan oleh Seo Hyun Jin. Usul dan pemikirannya sangat brilian meski masih yunior.

Peran kuat lainnya adalah Park Sung Soon diperankan oleh Ra Mi Ran merupakan seorang guru tetap dan juga berada di sekolah swasta yang sama. Dia menjabat sebagai kepala departemen bimbingan karir.

Recomended banget ya ditonton para guru SMU yang mau mempelajari sistem belajar di Korea Selatan yang terkenal bagus. Bagaimana mereka bisa sukses? Ternyata juga bisa karena guru-gurunya selalu open minded terhadap perubahan dan cerdas. Noted!



7.Touch (2020)


Drama yang masih on going di Korea ini membahas profesi MUA alias Make Up Artist yang lagi ngetrend sekarang ini. Menarik!

Cha Jung-Hyeok (Joo Sang-Wook) adalah seorang make-up artist yang populer, yang mengejar kesempurnaan, tetapi kemudian ia malah ditimpa kemalangan.

Han Soo-Yeon (Kim Bo-Ra) telah menjadi trainee untuk menjadi idola selama 10 tahun. Dia gagal jadi idol kemudian banting stir menjadi MUA ini! Daebak!

Soo-Yeon bertemu Cha Jung-Hyeok yang kembali sebagai make-up artist. Dia mulai bekerja sebagai asistennya dan mereka saling jatuh cinta. Uhui!

Bagaimana sibuknya pekerjaan tim MUA Pak Cha dari persiapan make up dasar, kreasi dandan kekinian yang trend bikin kinclong artis, sampai pada kerjaan akhir bersih-bersih peralatan, membuka mata TS , ternyata pekerjaan ini tidaklah gampang. Diselingi juga lucunya tingkah laku 2 rekan Cha Jung-Hyeok yang ganjen dan pemarah juga asmara diantara peran utama dan mantan pacar cukup menjadi hiburan. Tonton aja, GanSist. Tidak mengecewakan dan lumayan banyak apresiasi dari penonton Indonesia.




Oke, demikian thread ane tentang kekoreaan dalam meramaikan event kali ini, dengan topik drama korea yang membahas profesi yang beda, unik dan patut dijadikan tontonan yang menghibur sekaligus tuntunan bagi GanSist yang berkenan. Semoga berkah ya!






Ngawi, 12 Februari 2020



Sumber Narasi : Opini Pribadi
Sumber Gambar : pinterest--> pin : Nafidzatun Nuril Laili Nisfah, nhactrehanquoc kpop, kpopmap.com, dailyasia.com, medical.myflowoflife.com, hancinema, kseries.me, belbby_lin, pixabay, drakor.id +


rinafryanie
nibrasulhaq
ummusaliha
ummusaliha dan 49 lainnya memberi reputasi
50
5.2K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan