solehikhsanudinAvatar border
TS
solehikhsanudin
Beberapa Faktor Kenapa Orang Indonesia Demen K-POP


Semenjak kurang lebih dalam kurun waktu sedekade terakhir, demam K-POP mulai menggandrungi kaum muda di Tanah Air, bahkan hingga saat ini para pemuda dan pemudi masih cukup banyak yang senantiasa menunggu kehadiran produk musik maupun produk-produk lainnya yang serba kekoreaan.
Fenomena ini tentunya tidak terlepas dari faktor-faktor ketertarikan yang secara natural tumbuh dan berkembang di Indonesia dalam menyikapi perkembangan hingar-bingar yang terjadi di negeri ginseng.
Berikut beberapa faktor yang menurut ane cukup mempengaruhi kenapa orang Indonesia, khususnya kawula mudanya, baik laki-laki terlebih perempuan, begitu demen sama K-POP dan segala tetek-bengek yang berkaitan dengan industri musik Korea.

FAKTOR FISIK : TAMPANG ARTIS-ARTIS KOREA YANG GANTENG DAN CANTIK

Spoiler for kapanlagi.com:


Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor fisik bisa disebut sebagai faktor yang paling utama dalam men-drive kecintaan generasi muda di Tanah Air terhadap K-POP.
Artis-artis Korea yang laki-laki banyak disukai oleh kalangan remaja wanita di negara kita, pun sebaliknya artis-artis Korea yang perempuan juga banyak diidamkan oleh pemuda di seantero penjuru Nusantara.
Bahkan tak jarang, banyak dari anak-anak muda yang sampai halu mendambakan artis Korea pujaannya untuk menjadi pendamping hidupnya, atau dalam tataran moderat tidak sedikit pula dari mereka yang memenuhi kamarnya dengan gambar-gambar kekoreaan.

FAKTOR KOMPOSISI LAGU : LAGU-LAGU K-POP YANG ENAK DIDENGAR (EASY LISTENING)

Spoiler for glowlittlepaper.blogspot.com:


Gak cuman urusan rupa semata, namun ternyata lagu-lagu K-POP keluaran artis-artis Korea juga banyak yang bersifat easy listening atau enak didengerin di telinga.
Faktor ini pula lah yang menjadikan musisi K-POP banyak digemari di Tanah Air, dimana bentuk wajah yang cakep dipadu dengan alunan musik yang nyaman.
So, mau sekedar didengerin lewat audio maupun dinikmati secara visual, produk-produk K-POP cukup capable buat menambah semangat atau mewarnai berbagai macam genre kehidupan kita sehari-hari.

FAKTOR DANCE : KOREOGRAFI DANCE YANG MENAMBAH DAYA TARIK LAGU

Spoiler for dancedeets.com:


Masih teringat di dalam benak kita dalam beberapa dekade yang lalu, serangan film-film India cukup banyak digemari di hampir seluruh elemen masyarakat dengan sentuhan khas tarian Bollywood-nya yang mampu menjadi daya tarik tersendiri.
Plus warga bangsa lokal sendiri yang sejak lama sudah menyukai gerak tubuh dari tari klasik hingga dangdut modern, mungkin fenomena tersebut juga berperan dalam membentuk kecintaan publik Indonesia di masa sekarang terhadap musik K-POP.
Namun tentunya, dance yang digandrungi oleh generasi muda saat ini jauh lebih banyak dipengaruhi oleh sentuhan seni tari berteknologi serba modern.

FAKTOR ATRIBUT : BUSANA DAN MAKE UP ARTIS-ARTIS KOREA YANG MENAWAN

Spoiler for kumparan.com:


Di luar fakta sosial banyaknya fenomena plastic surgery (operasi plastik) di negeri Ginseng Korea, tak bisa dipungkiri pula bahwa sisi penampilan musik-musik K-POP masih banyak dinilai sebagai suatu hasil karya fenomenal.
Mungkin karena masing sama-sama bangsa Asia, meskipun di negeri asalnya sudah banyak tercampuri oleh budaya Barat, namun faktor kecintaan para kawula muda di dalam negeri kepada K-POP banyak menganggap atribut busana dan make up artis-artis Korea yang mampu mengkombinasikan antara naturalitas Asia dengan sebtuhan modernitas Barat.
Sebagai imbasnya, industri K-POP tidak hanya berkutat di sektor musik namun juga melebar hingga ke dunia fashion, seperti halnya di Indonesia yang banyak muda-mudinya gemar mengkoleksi dan/atau bergaya pakaian artis Korea dari ujung rambut sampai ujung kaki.

FAKTOR X : KISAH HIDUP ARTIS-ARTIS KOREA YANG KADANG BIKIN MEWEK

Spoiler for kapanlagi.com:


Pasca hacur luluh akibat perang saudara Dua Korea, kebangkitan Korea Selatan hingga saat ini tidak terlepas dari faktor kegigihan warga negaranya dalam mengkonversikan kemajuan negara-negara Barat (khususnya Amerika) menjadi keunggulan Korea.
Dasar orang-orang Indo yang juga suka kisah termehek-mehek, adanya cerita-cerita hidup menyentuh hati yang penuh jatuh-bangun dari para artis K-POP Korea, menurut ane juga menjadi salah satu faktor tersendiri mengapa banyak warga +62 yang demen sama dunia musik K-POP dan segara peripheralnya.
Tak hanya kisahnya sebelum menjadi artis K-POP yang penuh perjuangan, kompetisi nan penuh suka-duka di puncak kejayaan mereka juga masih terus diikuti oleh para penggemarnya di Tanah Air, sebut saja misalnya pemberitaan mengenai beberapa artis Korea yang “down” bahkan mati bunuh diri (hanya) karena di-bully atau tak kuasa mengelola emosi.

Cukup sekian gan/sist pemaparan ane tentang tema ini yang mestinya juga telah ada banyak analisis serupa dari pemerhati-pemerhati kekoreaan lainnya, mohon dimaapkeun jika ada salah kata karena ane pada dasarnya juga bukan K-POPers dan monggo jika ada tambahan dari netijen budiman sekalian…!

Sumber : opini pribadi setelah membaca sekilas review tulisan-tulisan tentang Korean K-POP dengan metode googling.
Ilustrasi : Google Images.
Diubah oleh solehikhsanudin 11-02-2020 07:00
kudanil.la
swiitdebby
swiitdebby dan kudanil.la memberi reputasi
2
1.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan